CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Tips Menyimpan dan Mencairkan Daging Beku Agar Kualitasnya Tetap Baik!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bfea203ed61c36c2736c8e/tips-menyimpan-dan-mencairkan-daging-beku-agar-kualitasnya-tetap-baik

Tips Menyimpan dan Mencairkan Daging Beku Agar Kualitasnya Tetap Baik!


Tips Menyimpan dan Mencairkan Daging Beku Agar Kualitasnya Tetap Baik!

Hai, Gansist! Selamat pagi siang dan malam.

Wah, sebentar lagi mau hari raya idul kurban nih. Hari raya idul kurban atau hari raya idul adha, identik dengan mempunyai daging kurban. Sebab mendapat pembagian dari masjid dekat rumah. Atau barangkali ada Gansist yang telah kuat ikut berkurban? Keren, semoga TS disegerakan.

Nah, ngomong-ngomong tentang daging kurban, kadang ada yang mendapat hingga berkilo-kilo daging. Daging yang melimpah kadang malah bingung untuk menyimpannya. Dimasukan kulkas/freezer mungkin salah satu cara yang cukup praktis.

Tips Menyimpan dan Mencairkan Daging Beku Agar Kualitasnya Tetap Baik!

Akan tetapi dalam penyimpanan di freezer tentu saja ada aturan-aturan yang harus Gansist perhatikan agar kualitas daging tetap terjaga baik. Bagaimana cara menyimpan daging agar tetap terjaga nutrisinya tetap baik, mungkin trik berikut bisa Gansist lakukan.

Simpan daging dalam wadah per-bagian kecil.

Artinya, Gansist bisa memotong daging secara kecil-kecil terus dimasukan ke dalam wadah. Bisa memakai plastik bening. Isi di setiap plastik diusahakan jangan banyak-banyak, lebih baik pas untuk sekali masak. Sebab daging yang telah dicairkan dan dimasukkan kembali ke dalam freezer akan riskan terkontaminasi.

Tips Menyimpan dan Mencairkan Daging Beku Agar Kualitasnya Tetap Baik!

Alasan yang kedua, jika daging disimpan dalam ukuran yang besar-besar pembekuannya pun sedikit tidak akan sempurna. Pun akan merepotkan bila Gansist ingin memasak daging tersebut.

Nah itu tadi cara menyimpan daging untuk menjaga kualitas daging tetap terjaga. Setelah daging beku, tentunya bila Gansist ingin memasaknya harus dicairkan kan esnya?

Cara mencairkan daging beku untuk dimasak.

Untuk mencairkan daging beku tidak boleh sembarang Gansist. Ada aturan yang harus dilakukan agar daging tidak terkena bakteri ataupun kadar daging tetap baik. Mungkin Gansist ada yang langsung dikasihkan air panas? Cara tersebut cepat dan praktis tetapi tidak dianjurkan, karena kualitas daging bisa rusak.

Adapun cara yang baik untuk mencairkan daging beku yang bisa Gansist lakukan sbb:

1. Menaruh daging beku di bawah kran dengan air yang mengalir.

Taruh daging beku yang masih terbungkus plastik di bawah kran air. Cara ini cukup cepat untuk mencairkan daging beku. Juga lebih aman dari kontaminasi karena daging dalam keadaan terbungkus.

Tips Menyimpan dan Mencairkan Daging Beku Agar Kualitasnya Tetap Baik!

2. Direndam ke dalam air bersih.

Cara yang kedua ini juga cukup mudah, daging cukup direndam ke dalam air. Tapi daging beku biasanya akan mengambang sehingga dibutuhkan pengganjal agar tetap tenggelam di dasar air.

3. Diturunkan dari freezer lalu di taruh pada rak kulkas.

Cara ini sedikit memakan waktu, bisa terbilang kurang praktis. Jika Gansist ingin memasak daging tersebut, sehari sebelumnya harus diturunkan ke rak kulkas agar daging mencair secara alami.

Nah, itulah tadi beberapa tips dan trik penanganan daging agar tetap dalam kondisi dan kualitasnya tetap baik.

Tips Menyimpan dan Mencairkan Daging Beku Agar Kualitasnya Tetap Baik!

Kalau aku, biasanya akan aku buat abon dalam menyimpan daging kurban ini. Abon cukup bisa tahan lama bila ditaruh dalam keadaan yang tertutup rapat.

Selain dibikin abon, Gansist juga bisa menjadikannya bakso untuk daging-daging tersebut. Cara penyimpanannya pun sama seperti menyimpan daging. Dibikin bakso sebagai variasi dalam hal menu dalam masakan yang akan Gansist lakukan.

Akhirnya, cukup sekian dari aku semoga bermanfaat dan menginspirasi. Bila ada salah mohon dikoreksi. Terima kasih dan sampai ketemu pada thread aku selanjutnya.

Tulisan opini pribadi
Referensi: 1
Ilustrasi: 1 2 3 4 5

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dalledalminto
Halaman 1 dari 3
Ayo bikin satai
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Masak apa hari ini?
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Wah keren tips nya
Quote:


Makasih, kerennan punyamu, HT home tuh! 😭😭
Bentar lagi ini ht home🤩
Quote:


Aamiin, luaammaaaaa banget blm pernah HT home lagi emoticon-Mewekemoticon-Mewek
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Alhamdulillah HT juga
Nice info gan. Sangat betmanfaat
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nais tuipsss emak ane juga gitu kalo nyimpen daging dibagi2 emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Oke, gan. Terima kasih apresiasinya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Emaknya luar biasa, keren
Tips yang bermanfaat banget nih menjelang idul adha, biar kalau dapet daging bisa dimanfaatkan dengan baik
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau ane pakai cara yang nomor 3 nih, biasanya kalau mau masak dari semalemnya udah diturunin di rak kulkas
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Bermanfaat sekali
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Yuk makan siang gan
Kalau mau mencairkan daging dengan menaruh daging beku dibawah kran dengan air yang mengalir tetapi dalam keadaan bungkus sudah dibuka??bagaimna gan??
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kurang lebi cara ane juga sama seperti ts. cuma yang nomer 3 nih kadang kelupaan, karena keburu dimasak jd skip aje dah emoticon-Ngakak
memang mantap! sangat enak! Winboons!!!
Kalo di rendem air panas/hangat, aman ga??
PRnya kalo mau makan daging yg disinpen di freezer gituu yaa... wkwkwk thanks tipsnyaa
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di