CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Mengenal Sate Bulayak, Sate Khas dari Lombok!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bf29547c705757ff3cfb71/mengenal-sate-bulayak-sate-khas-dari-lombok

Mengenal Sate Bulayak, Sate Khas dari Lombok!


Mengenal Sate Bulayak, Sate Khas dari Lombok!

Hai Gansist! Selamat pagi siang dan malam. Siapa yang belum makan? Wah, kebetulan nih kalau ada yang belum makan. Pada thread kali ini aku akan memberikan menu yang cukup istimewa untuk dicoba. Menu apakah itu? Sate.

Yup, memang sate menjadi salah satu makanan khas dari Indonesia. Hampir di seluruh Indonesia ada menu sate dengan citarasa yang khas dari masing-masing daerah. Sate ayam, sate kuda , sate sapi, sate kelinci dan masih banyak lagi. Sate yang akrab ditelinga kita pastinya sate Madura.

Ternyata bukan hanya Madura saja sih jenis sate yang ada di Indonesia. Kalau di Jogjakarta ada sate klathak. Sate ambal di Banyumas. Di Bali dikenal dengan sate lilitnya. Nah, di daerah Gansist ada sate apa?

Membicarakan sate, mungkin Gansist ada yang belum pernah mencicipi sate khas Lombok. Yap, ternyata Lombok memiliki sate khas yang hanya bisa ditemukan di Lombok. Sate khas dari Lombok ini dinamakan sate bulayak.

Mengenal Sate Bulayak, Sate Khas dari Lombok!

Memang destinasi wisata di Lombok kini mulai dilirik, tidak hanya Bali. Lombok pun kini menjadi primadona wisatawan baik domestik maupun internasional. Untuk itulah Lombok mulai berbenah dengan semakin banyak wisatawan. Berbenah bukan hanya objek wisata tetapi juga kulinernya, termasuk sate bulayak ini.

Baiklah mari kita mengenal yang namanya sate bulayak ini. Apakah sate bulayak khas Lombok ini? Bulayak, seperti apakah bentuknya, hewan atau apa? Tanpa berlama-lama, inilah thread aku, "Mengenal Sate Bulayak, Sate Khas dari Lombok!"

Bulayak ternyata bukan nama hewan yang dagingnya dibikin sate, seperti pada umumnya nama sate. Misalnya sate kambing karena dari daging kambing, atau sate kelinci karena menggunakan daging kelinci, dll.

Ternyata bulayak adalah makanan yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan cara dibungkus dengan daun enau. Bulayak artinya memutar, karena saat membuka dan membungkus dengan cara memutar-putar daun enau tersebut. Memang daun enau banyak tumbuh di Bali dan Lombok yang biasanya dijadikan hiasan untuk sesaji dan upacara keagamaan.

Mengenal Sate Bulayak, Sate Khas dari Lombok!

Sate bulayak terbuat dari daging ayam atau daging sapi juga jeroan. Cara memasaknya pun seperti sate-sate pada umumnya, yakni ditusuk lalu dibakar di bara api. Yang membedakan ternyata pada bumbu-bumbu sate bulayak.

Bumbu sate bulayak, dari kacang tanah yang ditumbuh lalu direbus dicampur dengan bumbu lain semisal, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, lada, santan kelapa, kemiri, cabai, dan air jeruk nipis dll. Rasa pedas dan gurih lebih dominan bila Gansist mencicipi sate bulayak ini.

Mengenal Sate Bulayak, Sate Khas dari Lombok!

Dulu, sewaktu aku ke Lombok menikmati sate bulayak ini di tepi pantai Senggigi Gansist, sambil menikmati pemandangan pantai yang aduhai. Di pantai banyak berjajar tenda warung sate bulayak US minum air kelapa muda.

Nah, itu tadi menu yang aku rekomendasikan untuk Gansist bila pergi ke Lombok, jangan sampai kelupaan. Mencicipi makanan khas di suatu daerah saat berkunjung adalah momentum yang tak bisa dilupakan.

Sekian dari aku, sampai ketemu pada thread aku selanjutnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tulisan opini pribadi
Referensi & ilustrasi: 1

profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dalledalminto
Halaman 1 dari 3
Siapa suka sate?
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Satai bukan petai
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


Quote:


Saya saya, btw ini eventkah? Pada bahas thread tentang sateemoticon-Bingung
Quote:


Bukan, cuma seru-seruan di grup WA. Dulu-duluan HT, ntar dpt reward dr sang admind. emoticon-Cendol Gan
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sukaa sate penasaran sama rasanya sepertinya nikmat disantap sambil menikmati indahnya pemandangan dipantai
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Iya gan, pantai senggigi ombak nggak besar jadi asyik liat pemandangan, nggak kayak di jawa ombaknya gede anginnya kenceng
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak kayanya
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Bentuk lontongnya unik ya. Dulu pernah makan. Bumbunya juga pedas mantab
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Quote:


Emang enak kok, yuk ke Lombok, aku anter! emoticon-Goyang

Quote:


Setuju gan. Emang mantab betul alias mantul
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lumayan, tapi ane ketagihannya sama sate Rembige emoticon-Peluk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lontongnya unik banget tuh gan wkwk
Dari janur kelapa kah bungkusnya tuh
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Namanya sate pasti enak banget ya mas Dalle 😀
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane suka sateeee emoticon-Genit siap masuk list untuk dicoba, semoga kesampean maen ke lombok emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
BeLum pernah ke Lombok...jadi ya belum pernah mencicipinya..... sering nya sih sate ayam Madura.
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aduhai sedap kali makan sate di pinggir pantai emoticon-Matabelo emoticon-Traveller
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Quote:


Sate ayam madura memang paling familier gan 👍
Quote:


Iya, gan. Coba aja. Aku suka makan cilok
sate winboons paling enak!! emoticon-Toast
Baru tau nih ane ada sate khas dari lombok. Kayanya enak banget deh, ane mau cobain ah kapan kapan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Satenya mantep tuhh , jadi laperr perut gara gara lihat penampakan sate dipagi hari gini
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di