CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Teman, "Yaelah, Gitu Aja Marah. Cuma Canda Tau." Konsep Becanda Tuh Gimana Sih ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bdacc7b752c663e95b0d12/teman-quotyaelah-gitu-aja-marah-cuma-canda-tauquot-konsep-becanda-tuh-gimana-sih

Teman, "Yaelah, Gitu Aja Marah. Cuma Canda Tau." Konsep Becanda Tuh Gimana Sih ?

Selamat pagi Agan Aganwati. Sehat dan bahagia selalu.emoticon-Nyepi
Teman, "Yaelah, Gitu Aja Marah. Cuma Canda Tau." Konsep Becanda Tuh Gimana Sih ?
sumber

Agan Aganwati pernah becanda seperti berita di atas dan tetap baik-baik saja dengan teman Agan Aganwati? Lalu yang di atas itu kog sampai begitu jadinya ?


Teman, "Yaelah, Gitu Aja Marah. Cuma Canda Tau." Konsep Becanda Tuh Gimana Sih ?


Agan Aganwati pernah mengalami kejadian yang, ehmmm, kata yang cukup apa ya untuk mewakili maksudku. Oia begini aja, Agan Aganwati pernah tidak mengalami kejadian yang tidak proporsional dalam berkomunikasi dengan orang lain ? Pastinya yang bersinggungan dengan guyonan atau bercanda.
Aku coba kasih ilustrasi ya. Misal nih dalam satu momen Aku nongkrong sama temenku, anggap saja temen yang sering ketemu namun tidak benar-benar saling tahu. Tiba-tiba dia ngajak becanda yang cukup bikin Aku nyeseg, kemudian Akunya marah dan menyampaikan amarahku, bukan dengan tindakan fisik tapi dengan perkataan. Alih-alih meminta maaf dan mengakui kesalahan karena menyinggung perasaanku, dia malah dengan santainya bilang, "Baper amat lu, cuma bencanda doang."
Teman, "Yaelah, Gitu Aja Marah. Cuma Canda Tau." Konsep Becanda Tuh Gimana Sih ?



Lalu, ada satu momen lain. Dengan orang yang sama, kita kumpul-kumpul lagi, nongkrong bareng. Satu momen Aku bercanda seperti becandaan dia, bisa dibilang senadalah, dianya marahnya lebih kenceng dari pada Aku. Saat itu juga Aku langsung bilang, "Sorry, gak akan Aku ulangi lagi", dan akhirnya bubarlah kita. Aku memutus kontak dengan dia, artinya, minim sekali komunikasi dengan dia.
Dari kejadian tersebut, Aku akhirnya mencoba mencari tahu, apa dan bagaimana sih guyonan yang sehat itu ?
Untuk sampai ke jawaban pertanyaan tersebut, Aku mencoba mencari tahu apa definisi bercanda terlebih dahulu. Aku coba cari definisi bercanda dalam bahasa Indonesia hanya ketemu definisi ini, tidak ketemu definisi yang general.
Teman, "Yaelah, Gitu Aja Marah. Cuma Canda Tau." Konsep Becanda Tuh Gimana Sih ?



Akhirnya Aku cari definisi dengan bahasa Inggris, artinya cukup kena dan cukup general, menurutku. Definisi ini diutarakan oleh Jose Maria Perceval, dosen Jurnalisme di UAB dan profesor Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi.

Spoiler for Humor is:


Jika dipahami lagi dari definisi humormenurut Jose Maria Perceval, tidak semua orang bisa menerima humor yang disampaikan seseorang. Bisa jadi karena perbedaan sudut pandang, perbedaan literasi, dan juga mungkin lingkungan. Artinya, tidak melulu soal baperan. Oke, lanjut. Aku ambil definisi lain dari humor dengan sumber yang berbeda.

Spoiler for Humor is:


Senada dengan Jose Maria Perceval, Arthur Koestler juga menyampaikan bahwa jika dipahami lebih lanjut, tidak semua orang bisa menerima dan menyampaikan humor dengan baik. Bisa jadi salah tangkap dan yang menyampaikan salah sasaran.
Lalu, apa dong definisi Joke. Kan ada Humor dan Joke ?
Kalau Joke adalah tampilan untuk menyampaikan Humor. Nah, setelah mendapatkan definisinya, Aku mau mencoba mengulas, bagaimana sih becanda yang baik itu ? Apakah bercanda itu ada batasnya ? Karena pernah ada berita kan ya, seseorang membacok temannya hanya karena becandanya kelewatan, menurut yang dibecandain. Bagi pelaku yang mbecandain ya dianggap becandaan yang biasa saja. Tapi kog bisa sampai dibacok ?

Spoiler for Beberapa berita becanda:

Pertama, dari definisi di atas, perlu dipahami bahwa menyampaikan humor butuh keterampilan untuk menggunakan joke dengan hati-hati dan teliti. Kita harus tahu betul orang yang kita ajak becanda itu bagaimana. Tidak semua orang bisa menerima candaan tentang masalah keluarga, namun guyonan tentang kekurangan fisik baik-baik saja. Jika becanda aja harus serumit itu, ga jadi becanda dong ? Bisa, Gan Ganwati, becanda yang aman-aman saja itu bisa kog. Becanda dengan membahas tentang kekonyolan yang dilakukan oleh orang-orang di media sosial juga bisa. Membahas kekonyolan binatang di media sosial juga bisa. Kalu mau becanda lepas, pastikan Agan Aganwati mengenal betul orang yang Agan Aganwati ajak becanda. Jika tidak, mending mengalir, dan becanda yang tanpa ada resiko.
Pertanyaannya, bagaimana caranya mengukur becandaan yang tidak beresiko tersebut ? Kita kedepankan empati kita, Agan Aganwati. Ketika empati ikut berperan, kita akan berhati-hati dalam berucap dan bercanda.
Spoiler for Humor has no limit:

Sebenarnya masih banyak yang bisa ditulis mengenai Humor & Joke ini. Namun, Aku kira cukup ini saja, menurutku bisa menjadi pengingat buat diri sendiri bahwa bercanda itu butuh skill, yaitu skill menggunakan empati, kemampuan menyampaikan joke, kemampuan melihat situasi, kemampuan melihat posisi, dan juga tempat. 
Jadi, sekian Thread ku siang ini. Semoga menambah wawasan baru. Agan Aganwati silahkan menambah atau mengurangi sesuatu yang mungkin perlu ditambah dan perlu dikurangi di komen ya.
Teman, "Yaelah, Gitu Aja Marah. Cuma Canda Tau." Konsep Becanda Tuh Gimana Sih ?
Selamat beraktivitas Agan Aganwati. Salam damai untuk semuanya.emoticon-Nyepi
sumber : 1,2,3,4,5 opini pribadi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
edelweis111 dan 34 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Abis membaby anjyngkan temen lu, dengan dua kata ini semua terselesaikan. "Canda, sayang." Indahnya hidup peranjyngan. emoticon-Malu
gila dah bener2 parah cuk gara dikentut 2x kelakuan jadi membazing wkwk emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aryal13 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Konsep bercanda menurut ane sih kalau mau nyubit orang harus siap di cubit aja, ga peduli seberapa besar bercandanya. Dan ane ga prnh mulai duluan, tapi jujur ane tipe orang yg ngmng nusuk abis ampe borok2 nya ane congkel didepan umum. Apalagi kl lg ga mood kwkwkw. Mknya tmn2 tahu sifat ane dan bnykan ga prnh jahilin ane.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hyde13 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Jijay bgt gua ama kata “baper”
profile-picture
profile-picture
gagan23 dan machin memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ya kalo berkaca dari kejadian sih sah2 aja itu yg dikentutin marah, cm ya masak sampek dibacok
emoticon-Bingung
profile-picture
machin memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
tapi jaman sekarang becandaanya maen fisik, apalagi di tempat umum
profile-picture
machin memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
gak bercanda kalo diberi perlakuan yang sama malah marah
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan machin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bercanda itu yg ringan2 saja... Jgn berlebihan... Tirulah nabi saw dlm bercanda.... Tidak menyinggung hati lawan bicaranya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MAQ375 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Namanya becanda itu ketika lu abis becandain orang, lu dan orang tsb sama" tertawa, klo abis lu becandain orang, lalu cuma lu doang yg ketawa, itu bukan becanda namanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MAQ375 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Makanya jadi orang humoris lebih berbahaya di dunia yg fana ini ekwk
profile-picture
machin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Prinsip dasar ane dalam bercanda sih, bercanda boleh asal jangan menjatuhkan teman dan jangan rasis
profile-picture
machin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lo mau becanda yang bener misal ke temen lu atau orang sekitar caranya cuma 2 yang kiranya paling aman, lo becandain diri lo sendiri sambil lu tunjukin ke orang lain atau lo jelek2in pihak ketiga yang ga ada sangkut pautnya sama temen atau orang2 sekitar lo, selain itu lo siap2 aja dicap penista agama dibui 2 taun, atau yah dibacok......selamat datang di taun 2021 para begundal2 yang suka becanda emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adhelf dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tinju aja kalo ada temen kaya gitu, kalo dia marah langsung balas. Gitu aja malah becanda tau wkwkwk emoticon-Wowemoticon-Wow
profile-picture
machin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Eh buset di bacok cuma dikentuti doank. duh! kocak amat tuh pelaku.
profile-picture
machin memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Yang sehat itu kalau bercandanya juga sehat jadi marilah kita bercanda yg sehatemoticon-Betty
profile-picture
machin memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tapi bener, gara gara kata baper Indonesia jadi melupakan budaya minta maaf
profile-picture
profile-picture
Rinka17 dan machin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tiba-tiba ingat lagu ini

profile-picture
profile-picture
bauasemloe dan machin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo g akrab2 amat g usah becanda
profile-picture
machin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
saya membacok karena bercanda juga...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MAQ375 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg annoying itu ga kenal kenal amat tapi becandanya kaya udah kenal 10 taun. Si asik.
profile-picture
machin memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di