CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Cerita rakyat Indonesia tentang hantu perempuan pendendam menyimpan simbol kekerasan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bc77c8ba41fb3b380a98e4/cerita-rakyat-indonesia-tentang-hantu-perempuan-pendendam-menyimpan-simbol-kekerasan

Cerita rakyat Indonesia tentang hantu perempuan pendendam menyimpan simbol kekerasan

Cerita rakyat Indonesia tentang hantu perempuan pendendam menyimpan simbol kekerasan terhadap perempuan.
Cerita rakyat Indonesia tentang hantu perempuan pendendam menyimpan simbol kekerasan

Penonton film Indonesia memiliki sesuatu untuk dibicarakan dalam dua minggu terakhir ini. Film box-office teratas karya sutradara Joko Anwar, Budak Setan, memiliki hantu yang menggetarkan rambut, bernama “Ibu” atau “Ibu”, menghantui hampir 2 juta penonton. Jutaan orang takut dengan “Ibu”, tapi saya punya data menakutkan yang menghantui wanita Indonesia dan hantu-hantu ini nyata.

Dalam sejarah cerita rakyat Indonesia, hantu perempuan menjadi pusat perhatian. Negara ini memiliki kuntilanak, sundel bolong dan Si Manis Jembatan Ancol. Kebanyakan hantu perempuan di Indonesia adalah ibu-ibu penyayang atau perempuan biasa sebelum mereka mulai menghantui dunia dengan agenda gelap.

Di antara hantu yang paling populer adalah kuntilanak dan sundel bolong; narasi mereka direproduksi dalam produk budaya pop, terutama film.

Kuntilanak adalah seorang wanita yang meninggal saat melahirkan (atau meninggal saat melahirkan bayi yang lahir mati, menurut versi lain). Sundel bolong adalah seorang wanita yang diperkosa dan hamil, kemudian meninggal saat melahirkan.

Kuntilanak konon memiliki kegemaran menghantui wanita saat melahirkan dan mencuri bayi yang baru lahir, sedangkan sundel bolong meneror pria yang berjalan sendirian di kegelapan malam.

Yang ketiga adalah Jembatan Si Manis Ancol, yang secara longgar diterjemahkan menjadi Jembatan Ancol Yang Cantik Menghantui, mengacu pada Ancol, sebuah daerah di Jakarta Utara. Pria dikatakan telah memperkosa dan membunuh Si Manis di Jakarta Utara saat dia melarikan diri dari suaminya.

Hantu perempuan yang berbeda jenis, seorang outlier, adalah Nyai Roro Kidul, yang diyakini sebagai penguasa laut selatan Jawa, yang menjadi istri mistik setiap raja Mataram.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang isu perempuan dalam cerita rakyat hantu Indonesia, bacalah fiksi Indonesia, Sihir Perempuan (Black Magic Woman) dan Kumpulan Budak Setan (Klub Budak Setan), oleh penulis, cendekiawan dan feminis Intan Paramaditha.
Cerita rakyat Indonesia tentang hantu perempuan pendendam menyimpan simbol kekerasan
‘Kuntilanak’: korban akses yang buruk ke layanan kesehatan

Ada benang merah yang menghubungkan hantu perempuan di luar gender mereka: kebanyakan dari mereka adalah korban.

Tentu saja, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung keberadaan hantu ini. Tapi latar belakang cerita dari setiap hantu memiliki tema yang sama. Para perempuan ini menjadi korban ketidaksetaraan gender dan kekerasan seksual. Mereka juga memiliki akses yang buruk ke layanan kesehatan.

Data Kementerian Kesehatan Indonesia menunjukkan angka kematian ibu pada tahun 2015 mencapai 305 per 100.000 kelahiran hidup. Angka rata-rata di kawasan Asia-Pasifik pada tahun 2015 adalah 127, sedangkan rata-rata di negara maju adalah 12 per 100.000 kelahiran hidup.

Data kementerian menunjukkan dua penyebab kematian tertinggi pada tahun 2013 adalah perdarahan pascapersalinan (30,3%) dan preeklamsia (27,1%). Kematian ini dapat dihindari jika para wanita memiliki akses ke perawatan yang tepat.

Sementara itu, data kekerasan seksual di Indonesia, baik yang dialami Si Manis maupun sundel bolong, juga mengerikan. Badan Pusat Statistik mensurvei 9.000 responden wanita pada tahun 2016 dan melaporkan bahwa satu dari tiga wanita Indonesia berusia 15-64 tahun pernah mengalami kekerasan fisik dan/atau seksual dalam hidupnya.

Dalam laporan lain, biro tersebut mencatat 1.739 kasus pemerkosaan yang dilaporkan pada tahun 2015, lebih tinggi dari perampokan menggunakan senjata tajam atau senjata api, yang mencapai 1.097 pada tahun yang sama.

Tapi “Ibu”, wanita dalam film berlatar tahun 1981, mungkin akan memiliki nasib yang lebih baik hari ini dibandingkan dengan nasibnya saat itu. Dia terbaring tak berdaya selama tiga tahun tanpa diagnosis yang tepat. Pada 2017, setidaknya, dia mungkin akan menerima diagnosis yang lebih baik berkat layanan kesehatan universal Indonesia, BPJS Kesehatan, yang diterapkan sejak 2014.

Jangan sampai ada lagi ‘sundel bolong’
Cerita rakyat Indonesia tentang hantu perempuan pendendam menyimpan simbol kekerasan
Tentu saja menyandingkan kisah hantu perempuan Indonesia dengan data nyata hanyalah cara bagi saya untuk menyoroti sebuah isu penting dengan menggunakan cerita rakyat dan produk budaya populer.
Cerita rakyat Indonesia tentang hantu perempuan pendendam menyimpan simbol kekerasan
Tapi cerita hantu populer mengungkapkan hubungan erat antara kekerasan terhadap perempuan dan akses ke perawatan kesehatan bagi perempuan di masa lalu. Seperti yang ditunjukkan oleh angka kematian ibu, kondisi kesehatan perempuan Indonesia saat ini masih suram.

Mungkin, kita tidak akan memiliki kisah kuntilanak yang menghantui ibu-ibu muda dan bayi mereka yang baru lahir memiliki lebih banyak wanita Indonesia hidup yang selamat dari persalinan anak dan melahirkan bayi yang sehat.

Kisah pemerkosaan dan pembunuhan kejam Si Manis konon berasal dari kisah nyata pada masa penjajahan Belanda. Saat ini, jalanan Jakarta abad ke-21 belum aman bagi perempuan.

Kehamilan yang tidak diinginkan Sundel bolong, akibat pemerkosaan, sebenarnya bisa dihindari jika dia mendapatkan perawatan kesehatan reproduksi yang memadai. Indonesia telah mengeluarkan peraturan yang melegalkan aborsi bagi korban perkosaan, tetapi implementasinya masih sulit dipahami.

Hukuman keras bagi pemerkosa juga akan membuat sundel bolong tidak harus menghantui para penjahat itu sendirian. Sebuah survei online oleh LSM perempuan tahun lalu mengungkapkan bahwa 93% pemerkosaan tidak dilaporkan. Data dari survei maskulinitas tahun 2013 oleh women's crisis center Rifka Annisa menunjukkan hanya 21,5% responden yang mengaku melakukan kekerasan seksual mengalami akibat hukum.

Angka kematian ibu yang tinggi, kekerasan seksual: hantu yang sebenarnya

Nasib para hantu perempuan ini, sebagaimana diceritakan oleh generasi tua, menjadi peringatan tentang keadaan perempuan Indonesia saat ini. Angka dan data tersebut seharusnya menjadi cerita yang menakutkan bagi perempuan Indonesia.

Pembuat kebijakan harus melakukan perubahan sistematis, atau kita akan selamanya melihat lebih banyak perempuan berbagi penderitaan di sundel bolong, kuntilanak, dan Si Manis Jembatan Ancol.

Jika kita tidak meningkatkan layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan dan membiarkan impunitas berkuasa di antara pelaku kekerasan seksual, kita akan melanjutkan warisan hantu perempuan ke generasi berikutnya. Tidak hanya di film, tapi juga di kehidupan nyata.


sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cbsvlog
Halaman 1 dari 2
good find
profile-picture
Sang Pembantai memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sesuatu yang tidak disadari ya oleh masyarakat awam seperti ane emoticon-Big Grin melihat banyaknya hantu berfigur wanita yang digambarkan selalu dalam keadaan yang mengenaskan, sebenarnya menyiratkan bahwa kekerasan terhadap wanita dan telah berlangsung sejak berabad-abad lamanya karena tradisi patriarki kita. nicely done, TS. cendol sent.

untuk Nyi Roro Kidul, mungkin lebih menggambarkan adanya warisan kebudayaan supremasi gender wanita di masa lalu yang terabaikan dan tergantikan oleh tradisi patriarki. ini sekaligus semakin menambah deretan bukti bahwa gender wanita pernah berkuasa di masa kuno sebelum muncul agama-agama yang mengusung tradisi patriarki.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tyrodinthor
dulu sering nonton pelem horor wanita yang disakiti pria hingga mati lalu jadi hantu, tapi anehnya pria yang menyakiti tadi takut saat dihantuin si wanita kadang sampe mati juga

memang di level tertentu orang yang menyakiti takut terhadap sesuatu juga

mungkin itu pesan yang mau disampaikan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ogut jadi kepikiran gimana kalo jadi kebalikannya. Ada cowo yang di rudapaksa sama cewe terus tu cowo stress nekat bunuh diri, apa sama juga ya jadi arwah gentayangan kaya sundel bolong yak? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Penasaran, Balas Dendam
apakah sedari dulu sosok hantu sudah digambarkan dalam bentuk visual ya... sehingga default penggambarannya sama... seperti sundel bolong... semua orang pasti tau ada bolongannya gtu....

yg jarang dipikirkan memang latar belakangnya..

nice thread....emoticon-Cendol (S)
tokoh hantu pun tak luput dari jangkauan SJW


emoticon-Ngakak (S)
Jembatan Si Manis Ancol apa Si Manis Jembatan Ancolemoticon-Matabelo
informatif
Bener juga ya kebanyaka. Hantu perempuan yak,
Please translatenya dibenerin
wkwkkwkwkw nyambung2 nya ke kesehatan masyarakat, nice try gan
Ane paling suka kalo bahas× dunia perhantuan..
emoticon-Ngacir
faktanya masih ada pembunuhan sadis ke wanita di Indonesia sampai saat ini, jadi ya cerita sundel bolong tentunya bakal tetep bertahan untuk saat ini sih....emoticon-Ngacir
Hantunya capricorn nih kayanya.. pendendam..
profile-picture
unisa2011 memberi reputasi
yah kita emg sudah terbiasa sosok seperti itu di film bikn merinding, terngiang luat film suzana emoticon-Takut
masuk akal sih.. cerita hantu perempuan yg berkembang di masyarakat kita tidak lain muncul dari cerminan realitas kehidupan masyarakat kita.. andai kasus kekerasan seksual maupun pelayanan kesehatan yg kurang layak terhadap perempuan sejak dulu bisa dihindari.. mungkin gak akan muncul cerita hantu perempuan seperti itu yaa..
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Artikelnya mantep. Menarik pembaca utk meningkatkan kesadaran terhadap keselamatan ibu hamil dan melahirkan. Jg kekerasan pada wanita.
Aku lihat pembahasan ini di remotv. Hantu perempuan dan masalah tentang ketimpangan gender.
Post ini telah dihapus oleh khiekhan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di