CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Adat Mengajak 7 Janda Pilihan Tidur di Rumah Baru Selama 7 Malam, Tujuannya Mulia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b87fe6d7b2373416753ef9/adat-mengajak-7-janda-pilihan-tidur-di-rumah-baru-selama-7-malam-tujuannya-mulia

Adat Mengajak 7 Janda Pilihan Tidur di Rumah Baru Selama 7 Malam, Tujuannya Mulia

Adat Mengajak 7 Janda Pilihan Tidur di Rumah Baru Selama 7 Malam, Tujuannya Mulia

Keluarga yang akan menempati rumah baru mengundang 7 orang janda. Ketujuh janda itu melakukan berbagai aktivitas dan tidur di rumah baru selama 7 hari 7 malam yang dimulai dari malam Jum’at. Setelah mereka pulang, barulah tuan rumah sekeluarga menempatinya.

H. Kemas  Mas’ud menceritakan adat Palembang itu di kanal Youtube Mang Dayat publikasi (28/5/2021). Vebri Lintani selaku Sejarawan Palembang menjadi pemantik diskusi bersama Tokoh Adat Palembang tersebut. Seperti apa adat unik yang hampir punah itu?

Bukan Janda Biasa

Rumah untuk ditempati para janda adalah rumah milik sendiri. Tuan rumah membeli atau membangun dari awal. Jadi bukan rumah sewaan atau kontrakan.

Tuan rumah cukup menghubungi ketua janda saja. Sang ketua inilah yang akan mencari 6 janda lainnya. Tidak ada batasan usia janda. Mereka dapat berasal dari keluarga dekat atau kerabat tuan rumah. Ada hubungan kekerabatan dengan tuan rumah lebih utama.

Selain itu, minimal satu dari ketujuh janda sudah menunaikan ibadah haji. Idealnya semua janda ahli ibadah. Merka pandai membaca Al Qur’an. Selama 7 hari mulai dari malam Jum’at, mereka beribadah wajib dan sunnah di rumah baru.  

Tuan rumah menyediakan makanan dan minuman untuk para janda. Mereka tidak sibuk memasak selama menginap. Sekadar memanaskan makanan atau menjerang air saja. Fokus kegiatan mereka adalah ibadah.

Usai menginap selama tujuh hari, tuan rumah akan memberikan tanda terima kasih berupa barang dan uang. Zaman dulu, barang itu berupa pakaian satu setel, gelas selusin dan uang. Jumlah uang sesuai dengan perhitungan kebutuhan rata-rata tiap janda selama tujuh hari.

Adat Mengajak 7 Janda Pilihan Tidur di Rumah Baru Selama 7 Malam, Tujuannya Mulia

Tujuan Menginapkan Janda

Mendapatkan berkat dari kegiatan ibadah para janda adalah tujuan menginapkan mereka. Mengundang para janda menjadi bentuk kesyukuran tuan rumah atas rumah barunya. Bersyukur dan berdoa merupakan tuntunan ajaran Islam bagi orang-orang yang memiliki rumah baru.

Keberkahan juga menjangkau usaha atau pekerjaan tuan rumah. Kemas Mas’ud Merasakan hal itu. Meskipun usahanya tidak besar, namun dia yang memiliki lima anak hidup berkecukupan.

Apabila rumah ada makhluk halus penunggunya, para janda dapat merasakan terlebih dahulu. Mereka akan mengungkapkan hal itu pada tuan rumah. Keluarga tuan rumah tidak perlu khawatir. Selama tidak sombong dan tekun beribadah, makhluk halus akan menganggu.

Kenapa Bukan Duda?

Kemas Mas’ud tidak menjelaskan kenapa tuan rumah mengundang janda, bukan duda. Namun logikanya, perempuan lebih telaten beribadah di rumah. Perempuan tidak wajib shalat berjema’ah di masjid seperti laki-laki.

Para janda pun umumnya tidak memiliki pekerjaan tetap. Tidak seperti duda yang bekerja atau memiliki profesi tertentu. Secara tidak langsung tuan rumah bersedekah kepada para janda dengan cara mengundangnya ke rumah baru.

Adat Mengajak 7 Janda Pilihan Tidur di Rumah Baru Selama 7 Malam, Tujuannya Mulia

Hampir punah

Adat mengundang janda ke rumah baru ini masih marak pada tahun 1970-an. Warga asli Palembang pada umumnya menjalankan adat mengundang janda pada waktu itu. Tahun 1990-an pun, masih banyak warga Palembang yang mengundang janda ke rumah barunya.

Sayangnya, adat Palembang ini sekarang sudah jarang. Mungkin karena repot atau kurang sosialisasi. Sekadar yanisan, karena pindahan rumah baru masih marak saat ini.

Saya pun yang tinggal di Palembang sampai awal tahun 2000 pun belum pernah mendengar adat ini. Mungkin karena keluarga dan tetangga saya bukan orang asli Palembang sehingga adat ini tidak sampai ke telinga kami.

Nah, Agan Sista yang pindah rumah ke Palembang bisa melaksanakan adat ini. Utamakan janda solehah, bukan sekadar janda muda. Semoga rumah dan kehidupan jadi berkah.   

 














Gambar
Liputan 6
MuslimahZone
Travel Kompas






emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2



Terima Kasih









BOLEH BACA JUGA





Adat Mengajak 7 Janda Pilihan Tidur di Rumah Baru Selama 7 Malam, Tujuannya Mulia




profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Ribet.
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryujohnnie dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah baru tahu
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Skrg umumnya pengajian aja sukuran rumah baru ditempatin...
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
Emang janda-jandanya mau?
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
agamanya apa?
profile-picture
profile-picture
bajier dan serapionIeo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang tujuang mulia adat mengajak 7 janda pilihan menginap di rumah baru selama 7 hari.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
jiresh dan serapionIeo memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kirain jandanya....
Quote:


Jedi.



profile-picture
bajier memberi reputasi
Skrg masih ada yg begitu?emoticon-Traveller
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hmm, undang 7 janda kembang hbs itu dinikahi scara resmi, msh bs toh, gan.....emoticon-Matabelo
profile-picture
Tonozz memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Jangan lupa kalo beberapa hal buruk terjadi berawal dari niat yg muliaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FalianAridua dan 3 lainnya memberi reputasi
Yup karena janda butuh disantuni, dan di jaga.. kalo duda mah kelaut aja.. 😂😂
enak bener ogut juga mau
I hate my mind
profile-picture
Tonozz memberi reputasi
Adat Mengajak 7 Janda Pilihan Tidur di Rumah Baru Selama 7 Malam, Tujuannya Mulia
Siap yang mulia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bdgkotakembang dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
7 janda beda usia :sudahkuduga


Jandanya harus yg sudah punya anak???
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Apabila rumah ada makhluk halus penunggunya, para janda dapat merasakan terlebih dahulu. Mereka akan mengungkapkan hal itu pada tuan rumah. Keluarga tuan rumah tidak perlu khawatir. Selama tidak sombong dan tekun beribadah, makhluk halus akan menganggu.


Janda bisa merasakan roh halus? Sejak kapan dapat?
asal jangan berlanjut di dalam kamar aja emoticon-Shutup
profile-picture
asepsutana memberi reputasi
Boleh banget nih dilestarikan

Nanti bisa undang janda-janda seperti bcl, laudya chyintia bella, wulan guritno, ayu tingting, cita citata, dan janda2 lain

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cruzrebirth dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Joos infonya, beragam adat budaya nusantara 👍
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di