KOMUNITAS
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
Curug Jenggala, Tempat Romantis untuk Berlibur di Banyumas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b6eea3aeb8447c0861cbbd/curug-jenggala-tempat-romantis-untuk-berlibur-di-banyumas

Curug Jenggala, Tempat Romantis untuk Berlibur di Banyumas



Banyumas tak pernah diam untuk terus-menerus mempromosikan tempat pariwisatanya yang cantik nan elok untuk dinikmati. Salah satu tempat yang cantik itu adalah Curug Jenggala. Objek yang satu ini bisa dikunjungi oleh semua kalangan. Apakah Anda tahu dengan salah satu objek wisata di Banyumas ini?

Curug Jenggala adalah air terjun setinggi kurang lebih tiga puluh meter yang terletak di Banyumas. Harus diketahui juga! Air terjun yang berada di Curug Jenggala ini rangkaian dari air terjun yang berada di kawasan Gunung Slamet. Awalnya, curug ini bukan bernama Curug Jenggala. Namun, nama awalnya adalah Curug Tempuan yang mewakili kondisi pertemuan antara Sungai Banjaran dan Sungai Martelu.



Wisata ini juga menjadi primadona bagi anak muda. Dan jangan pernah dilupakan bahwa di Banyumas ada tempat yang indah untuk dikunjungi. Baik untuk berswafoto maupun untuk menghilangkan suntuk akibat banyaknya pekerjaan. Nah, bisa dikunjungilah objek wisata yang satu ini. Meskipun, harus membutuhkan waktu yang lama untuk bisa ke tempat objek wisata ini. Namun, jangan pernah khawatir dengan kondisi jalan karena jalannya sudah lumayan tertata rapi dan satu lagi Anda tak akan kecewa kalau sudah sampai di objek wisata ini; indah panorama alam dari Gunung Slamet yang masih hijau dan terjaga.

Objek wisata yang satu ini tak hanya menawarkan keindahan air terjunnya saja. Akan tetapi, Anda bisa menikmati segarnya udara yang tak akan pernah ada di kota. Di samping itu juga, Anda akan bisa menikmati suara khas dari percikan air yang jatuh dan suara-suara burung yang berkicau menghiasi suasana. Indah, kan? Cukup indah jikalau ditemani lagi dengan kekasih hati ataupun keluarga besar Anda. Tempat inilah yang patut dicatat dalam list objek wisata yang akan Anda kunjungi!

Curug Jenggala pun tak kalah menawannya dengan curug-curug yang ada di Banyumas maupun Indonesia. Di tempat inilah ada kelebihan yang didapat. Bisa dimulai dari harga tiket masuknya yang murah, tetapi.keindahan objek wisata ini bisa dibilang sempurna. Ciri khas tempat satu ini adalah dek berbentuk love dengan background curug dan itulah yang menjadi favorit untuk anak muda berswafoto atau berfoto dengan pacarnya maupun keluarganya.



Memang, semua curug itu identik dengan kesejukannya, keindahan air yang jatuhnya, keindahan suara percikan air, dan keindahan lainnya. Akan tetapi, tempat yang satu ini terasa cukup beda dengan yang lainnya. Bisa dilihat dari tempatnya yang berdekatan dengan objek wisata lainnya yang ada di Banyumas. Itu juga bisa menjadi nilai plus bagi objek wisata yang satu ini. Banyangkan saja jika Anda kalau misalnya ingin pergi ke satu wilayah. Kemudian, Anda ingin di satu wilayah itu menawarkan objek wisata yang bermacam-macam. Nah, inilah tempat yang cocok Anda kunjungi, yaitu Banyumas.

Air yang jatuh dari curug pun bersih dan debit airnya deras sehingga ada larangan untuk berenang dan bermain di dekat air terjun. Akan tetapi, ingat jika Anda mau berkunjung ke objek wisata ini harus tahu dulu jadwalnya, apalagi sekarang ini lagi masa pandemi Corona. Harus diingat! Untuk menuju ke curug yang satu ini, Anda bisa jalan setapak sekitar 800 meter. Namun santai saja, jalan ini juga bisa dilalui dengan berjalan kaki dan bisa juga menggunakan jasa ojek. Kemudian, kendaraan pribadi akan diparkirkan di halaman rumah warga setempat, itu pun kalau Anda membawa kendaraan pribadi.



Pernahkah Anda mendengar atau tahu atau menghapal satu kalimat ini! Indonesia itu surganya dunia. Apakah Anda tahu dengan kalimat seperti itu? Ya, mungkin bisa dibilang seperti itu jikalau melihat dari keadaan yang ada di Indonesia. Banyak objek wisata yang indah-indah dari Sabang sampai Merauke. Namun, dalam hal kepopuleran belum bisa terekspos ke media jadi tak terdengar gaungnya oleh sebagian rakyat Indonesia. Banyak hal-hal yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam mempromosikan objek wisata daerahnya masing-masing. Bisa dimulai dari masalah awalnya saja, yaitu sarana dan prasarana menuju lokasi objek yang ditentukan itu. Di dalam itu pun sudah menyangkut kebersihan, daya dukung, misalnya jalan menuju lokasi dan kendaraan yang bisa dipakai untuk melewatinya pun harus dipikirkan.

Namun, Anda jangan khawatir kalau berkunjung ke Curug Jenggala ini! Jalan menuju curug ini lumayan rapi jika dimulai dari tempat parkir akan dimanjakan dengan jalan bebatuan dengan lebar satu meter. Kemudian, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah, yaitu dimulai dari jalur PLTA Ketenger, sawah yang hijau, kebun, dan Gunung Slamet yang menjulang tinggi dari kejauhan. Itu semua, bisa Anda dapatkan di perjalanan menuju Curug Jenggala.

Anda juga harus ekstra sabar dan siapkanlah stamina kalau mau mengambil jalur jalan setapak. Setelah jalan setapak, Anda juga bisa sampai di Gapura Jenggala. Nah, disitu pun Anda akan diteruskan ke Curug Jenggala yang berjarak sekitar 150 meteran lagi. Kemudian kalau sudah sampai, Anda pun akan langsung dimanjakan dengan panorama air terjun yang indah.

Sudah disinggung di awal tulisan ini juga, ada beberapa tempat untuk berswafoto maupun berfoto bareng-bareng yang indah, yaitu dek berbentuk love. Tempat ini juga menjadi tempat yang wajib Anda kunjungi kalau berkunjung ke objek wisata satu ini. Ingat! Ada kata menurut orang-orang, kalau berkunjung ke Curug Jenggala tanpa berswafoto di dek berbentuk love ini, rasanya akan kurang lengkap. Nah, di situlah Anda kalau berkunjung ke Curug Jenggala, jangan pernah melupakan tempat favorit ini.

Bukan hanya dek berbentuk love saja yang menjadi tempat bagus untuk berswafoto atau berfoto bareng-bareng. Namun ada juga, jembatan cinta yang menjadi tempat bagus untuk menjadi spot foto bersama pacar, keluarga, ataupun rekan kerja. Jembatan cinta yang dulunya terbuat dari bambu. Akan tetapi, sekarang sudah direnovasi dan sungguh bagus dengan jembatan warna-warni yang enak untuk dipandang oleh mata telanjang.



Harus diketahui juga sebelum berkunjung ke suatu objek wisata, pasti salah satu yang diperhitungkan itu fasilitasnya, kan? Bukan hal yang aneh kalau hal itu menjadi perhitungan atau pemikiran yang utama. Sebab, fasilitas itu bisa dibilang nomor satu bagi orang-orang untuk datang ke tempat yang diinginkan.

Jangan pernah khawatir dengan fasilitas yang ditawarkan oleh objek wisata Curug Jenggala ini! Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini, yaitu tempat parkir, musala, ruang ganti, dan kios-kios makanan. Bagaimana lengkap, enggak? Namun, tenang saja! Kalau Anda mau menginap di sekitar objek wisata pun sudah tersedia penginapan yang memberikan penawaran beragam. Bagaimana lengkap,.enggak?

Harus diketahui bahwa tiket masuk ke curug ini cukup terjangkau, yaitu Rp. 8000 dan dibuka dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00. Curug Jenggala berada di kompleks dusun wisata Kalipagu. Lokasinya berada di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dan bisa ditempuh selama kurang lebih empat puluh menit dari Purwokerto melalui jalan raya Baturraden pertigaan Desa Ketenger, kemudian belok ke arah Curug Bayan. Sampai di Curug Bayan, pilih jalan naik menuju Dusun Kalipagu.

Jadi, bagaimana apakah Anda sudah pernah ke tempat yang satu ini? Ataukah belum pernah? Jikalau mau ke objek wisata ini, salah satu yang harus diperhatikan juga masalah harga tiket. Sebab, harga tiket pun mungkin sewaktu-waktu bisa berubah. Ingat, ya, mengunjungi objek wisata daerah sendiri berarti bisa membantu sektor perekonomian yang terlibat di dalamnya.[]


Cangkir Kopi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di