CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Orang Cenderung Julid dengan Ibu Dibandingkan Ayah di Tempat Umum
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b60d78cb0a694a867b3943/orang-cenderung-julid-dengan-ibu-dibandingkan-ayah-di-tempat-umum

Orang Cenderung Julid dengan Ibu Dibandingkan Ayah di Tempat Umum

Tidak mudah mengasuh beberapa anak tanpa asisten rumah tangga. Apalagi jika anak masih balita dan usia mereka berdekatan. Pada usia tersebut anak-anak cenderung aktif bergerak sana-sini, tidak mau diam.
 
Tanpa bantuan asisten, seorang ibu seringkali membawa anaknya ke tempat umum. Repot? Tentu saja. Orang lain yang melihatnya saja seringkali merasa repot sehingga sukar menahan mulut untuk berkomentar julid. Meskipun hanya sepatah dua patah kata, komentar orang itu dapat merenggut semangat menikmati hari.
 
Anehnya, komentar julid itu hanya mengenai ibu. Apabila ayah melakukan hal yang sama dengan ibu di tempat umum, mereka malah mendapatkan komentar yang cenderung positif.
 
Chaunie Brusie, seorang penulis lepas yang memiliki empat anak membuat ilustrasi yang menyajikan 5 situasi tersebut. Dia ingin menunjukkan perbedaan komentar orang terhadap ayah dan ibu ketika berada di tempat umum bersama anak-anaknya.
 
Di Taman Bermain: Ayah Keren, Ibu Main Ponsel Saja
 
Orang Cenderung Julid dengan Ibu Dibandingkan Ayah di Tempat Umum

Ayah dan Ibu membawa anak-anaknya ke taman bermain terbuka. Ayah duduk sambil memegang ponsel pintar, sesekali melirik ke arah anak-anaknya yang bermain. Seorang ayah masih mendapatkan komentar yang positif meskipun dia asyik berselencar di dunia maya.
 
Seorang ibu sebaliknya. Ibu mendapat komentar julid. Seolah dia abai pada anak-anaknya. Padahal orang tidak tahu, di rumah ibu  tidak sempat membuka akun media sosialnya. Barulah di taman ibu bisa melepas anaknya bermain mandiri tanpa dirinya.
 
Di Klinik Kesehatan
 
Orang Cenderung Julid dengan Ibu Dibandingkan Ayah di Tempat Umum

Anak mengenakan kutek di rumah bersama orang tuanya. Ayah mendapat respon positif, meski laki mau melakukan permainan cewek. Sang ibu malah mendapat tuduhan mengajarkan anak kebiasaan yang kurang baik.
 
Di Barbershop dan Salon
 
Orang Cenderung Julid dengan Ibu Dibandingkan Ayah di Tempat Umum

Saat ayah berada di barbershop, kaspters laki-laki biasanya hanya menanyakan model rambut yang diinginkan sang ayah. Di salon, kaspters wanita seringkali masih bertanya soal anak pada ibu. Seolah-olah ibu meninggalkan anak begitu saja di rumah. Padahal kecil kemungkinan ibu pergi tanpa memastikan anaknya baik-baik saja.
 
Di Toserba
 
Orang Cenderung Julid dengan Ibu Dibandingkan Ayah di Tempat Umum

Ayah berbelanja di toko serba ada membawa banyak anak masih terlihat keren. Persepsi orang, si ayah sangat peduli dengan kebutuhan rumah tangganya. Ibu yang membawa serta semua anak-anaknya terlihat ribet dan repot. Apalagi jika ibu tipikal yang mudah dimanipulasi oleh anak. Orang menilainya sebagai ibu yang rempong.
 
Pergi Bareng Teman
 
Orang Cenderung Julid dengan Ibu Dibandingkan Ayah di Tempat Umum

Saat bepergian bersama teman-temannya, seorang ayah biasanya membicarakan soal hobi dan dunia pria lainnya. Persoalan anak jarang sekali diungkit. Bandingkan dengan seorang ibu yang bepergian, seringkali temannya memastikan dahulu bahwa si ibu meninggalkan anak-anak dalam keadaan aman.
 
Peran Domestik Ayah dan Ibu        
 
Pembagian peran dalam rumah tangga Indonesia masih timpang. Ibu banyak memikul peran pengasuhan dan urusan rumah sedangkan ayah bekerja mencari nafkah saja. Terlebih jika ayah bekerja sedangkan ibu tidak. Maka dari itulah persepsi masyarakat sering mengganggap ibu bertanggung jawab penuh atas anak-anaknya.
 
Padahal ya nggak harus gitu juga. Hari gini sebagian besar rumah tangga terdiri dari suami istri yang bekerja. Seorang ibu meski tidak ngantor tetapi bisnis online-nya macam-macam. Bisa lebih sibuk dan lebih besar penghasilannya daripada sang suami.
 
Nah, apakah Agan dan Sista pernah mendapat komentar julid seperti ilustrasi komik di atas? Apabila pernah, anggap saja orang yang julid berwawasan sempit. Doakan saja semoa dia bahagia di dunia dan akhirat. Jangan biarkan kebahagiaanmu direnggut orang yang cuma bisa ngomong doang.  







emoticon-Shakehand2

Opini pribadi



profile-picture
profile-picture
profile-picture
edelweis111 dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
profile-picture
profile-picture
oppowae dan b.omat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Alumni cowok nakal sama alumni cewek nakal juga beda perlakuannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Cewek kalo bisa punya cita2 lah, kejar cita2 dulu baru nikah
Soalnya cewek punya identitas sendiri itu ya cuma selama uda mandiri sampe sebelum nikah

Pas kecil embel2 nya 'anaknya pak A'
Pas nikah di arisan RT dipanggil pake nama suami
Pas punya anak dipanggil 'ibunya B'

Makanya capai dulu apapun cita2 cewek sebelum nikah, biar punya pride dan gak kehilangan identitas gitu aja pas uda nikah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Hindari lah julid emoticon-Cool
Kakean cangkem gaplok ae emoticon-Blue Guy Bata (L)
Tarik telinganya sambil bisikin pelan BACOTTT ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
wolfzmus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya beginilah mindset masyarakat timur, gak hanya indonesia aja sih.. Peran laki laki maupun perempuan sudah ditentukan sejak lahir sesuai dengan kodratnya.. Kurangnya kompromi untuk saling meringankan beban atau berbagi peran diantara keduanya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Emak2 emang lebih suka ngerumpi dibandingkan bapack2
True apalagi omongan ibu- ibu tetangga🙈
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Totally related!
Dan sebelnya sering kejadian...ane LDR ma suami, yg jaga ngedidik bocah dari orok ane doank...eh giliran temen2 dia muji anak ane pinter dkk....dia bangga donk. Nyuruh ane ini itu biar anak makin gini gitu... Ga sadar apa yg bikin anak dia jadi seperti sekarang itu mah ibunya. Pingin taaa hiiiiiiiihhhh
profile-picture
profile-picture
jiresh dan Kokonata memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Namanya juga mahluk sosial bambang

Biasa aja julid asal gak keterusan dan gak kedengeran orangnya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gimana lagi gan
udah membudaya sejak ratusan atau bahkan ribuan taun, peran domestik ayah sama ibu gitu gan. di jaman skrang pun msih byk perempuan yg diem di rumah urusin rumah tangga. walaupun udah sdkit berubah kaya jualan online, buka warung, tetep sambil urusin anak...

namanya perbedaan gender equality jga jdi pengaruh. apalagi negara asia timur (kecuali rusia), cewe berkarir itu susah banget, perannya masih dianggap lebih baik diem di rumah aja urusin rumah tangga ketimbang cowo....

dasarnya udah ribuan taun budayanya gitu gan.... bahkan skrg d jaman modern pun msih byk dilakuin, jd ya susah gan... klo cewe urus anak ga bener atau dianggap ada yg aneh dikit aja, pasti dijulidin ga bener...
Diubah oleh cekoriorreplika
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ya wajar saja, yang tugas urus anak kan ibu, ayah tugasnya cari nafkah. Coba kejadiannya dibalik, misalnya ada ayah cari nafkah cuma ngojek, bakalan di nyinyirin, ah cuma ngojek doang, kalau ibu yang ngojek bakalan di puji, wah hebatnya perempuan mau ngojek...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan aircrash memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Relate bangeeet
profile-picture
Kokonata memberi reputasi
Omongan orang nih anak jungkir balik suruh diem.
Padahal balita kudu di jorr, kalo nurutin omongan orang kita yg rugi karena anak jadi terkekang.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Intinya omongan orang lain ya.

Buat gw gak penting banget.... Gw gak hidup dr omongan mereka.

Istri gw jg bangga banget jadi ibu. Yaaa.... Mungkin karena kami sempat susah punya anak. Jadi beda perspektif.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Pesona pagoda pastiles.. emoticon-Smilie

Orang Cenderung Julid dengan Ibu Dibandingkan Ayah di Tempat Umum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Sayangnya ini indonesia, mungkin beda cerita emoticon-Hansip
Ya begitulah gan.. ane sih mikirnya mengasuh anak itu ya peran ayah dan ibu jadi nggak masalah kalau anak2 diajak jalan2 ayah trus ibu pengen perawatan dulu misalnya..hihihi...
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kok istri ane klo ktm teman nya atau tetangga nga pernah nanyain anak ya tp malah sibuk gosipin tetangga, sinetron sama drama korea, ngomongin anak2 hampir nga pernah. Aneh
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di