CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b5d5d16e76401473488a0d/mau-naik-moge-dan-motor-listrik-siap-siap-bikin-sim-c-baru-gan

Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan



Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan

Sepertinya pengguna Sim C saat ini tidak seperti dulu, akan ada aturan baru dalam berkendara roda dua yang saat ini sudah diresmikan. Jadi Sim C akan seperti layaknya roda empat, akan ada penggolongan berdasarkan jenis kendaraan.

Hal ini seperti dilansir oleh NTMC Polri, dimana penggolongan ini mengacu pada Perpol Nomor 5 Tahun 2021. Nantinya Sim C akan dibagi berdasarkan kapasitas mesin dan juga untuk sepeda motor berbasis listrik.

Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan

Bagaimana nantinya penggolongan ini dilakukan? Karena sepeda motor ini masuk ranah yang simple, tidak seperti roda empat bukan hanya jenis mesin namun jenis kendaraan juga berbeda, ada truk, bus, angkot, alat berat, mobil pribadi dengan cc yang variatif maka agak susah kalau penggolongan Sim dibagi berdasarkan jenis cc mesin.

Bisa dibilang roda dua dan roda empat agak berbeda dalam penggunaan kendaraan ini dilapangan, oke sekarang Sim C akan ada 3 penggolongan.

Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan

Pertama, Sim C akan berlaku buat kamu pengendara motor roda dua yang berada dibawah kapasitas silinder mesin 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic).

Kedua, Sim CI akan berlaku buat kamu pengendara motor roda dua dari 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) hingga 500 cc (lima ratus centimeter cubic), dan kendaraan sejenis yang berdaya listrik.

Ketiga, Sim CII akan berlaku buat kamu pengendara motor roda dua dari 500 cc (lima ratus centimeter cubic) keatas, dan kendaraan sejenis yang berdaya listrik.

Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan

Maka buat kamu yang punya moge dari 250 cc dan pengendara motor listrik siap-siap membuat Sim C baru, kalau kena tilang bisa repot nanti urusannya. Lantas ada pertanyaan bagaimana untuk mendapatkan lisensi Sim CI dan CII, jadi caranya cukup simple. Walau tidak bisa langsung membuat Sim C yang berada diatasnya bagi pengguna Sim C yang lama akan lebih mudah.

Sedangkan buat pengguna Sim C baru harus menunggu selama 12 bulan atau setahun sejak lisensi Simnya diterbitkan sebelum naik ke golongan CI, begitu juga untuk naik ke CII harus menunggu selama 12 bulan atau setahun dari terbitnya Sim CI agar bisa mendapatkan lisensi ke CII.

Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan

Untuk tarifnya ane kutip saja biar jelas,

Quote:


Jadi kalau agan sudah punya sim CII tidak perlu lagi sim C yang dibawahnya, tinggal memperpanjang Sim agan saja.

Bagaimana sampai disini sudah paham atau masih bingung, loh kok itu kendaraan listrik harus punya Sim CI? Disitu TS pun bingung, mungkin kendaraan listrik di BPKB tidak ditulis cc mesin karena yang ditulis kapasitas baterai berupa jumlah watt.

Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan

Bagaimana tertarik membeli motor listrik dan kendaraan moge? Siap-siap ganti Sim C baru ya. Tapi, melihat penggolongan ini ada saja cuitan netizen nakal "Polisi lagi cari cuan, biar banyak yang bikin Sim baru" waduh, entahlah TS no coment yang jelas peraturan baru sudah dibuat.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan

emoticon-I Love Indonesia

Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Mau Naik Moge Dan Motor Listrik!! Siap-siap Bikin SIM C Baru Gan




profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfidanger dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 5
Yang suka moge
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Yg jd masalah itu cc nya apa tenaganya?
Klo engineering bisa bikin cc rendah tp power besar gmn emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Untuk penerbitan SIM CI dan CII sama seperti SIM C, yakni Rp100 ribu emoticon-Ngakak
100 rebu bisa bgt klo dijkt emoticon-Cape d...
Bisa 10x ga lulus ujian.
Bisa 10x mondar mandir kek lg ngaspal jalan emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Wah kl pgin ngendarain Ninja 250 mesti ganti Sim C1. Mending ane pke ninja RR aja deh sm ngacirnya tetep pke sim C emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bau.mulut dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ane rasa perlu perbaikan disegmentasi kelas SIM, bukan cuma dari kapasitas silinder..

Coba, pakek Ninin 250 4 silinder tenaganya lebih gede (50 hp) dari BMW 310 GS (34 hp) pastinya lebih binal si Ninin, bahkan mepet tenaga ER 6n walaupun dapet nya di rpm tinggi.... yang secara tenaga mustinya masuk kelas moge tapi secara kubikasi masuk kelas sim C doang dibawah 250 (pasnya 249.8)...

Belom lagi kalo modif mesin bore Up atau part performance.. emang polkis mau bongkar isi silinder... ?

Udahlah, emang niatnya bukan keselamatan tapi nyari segmen pendapatan anyar..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nite.hime dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ndak sekalian yg naek sepeda juga ta? Br ga ugal2an juga d jalan...

emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane gapunya SIM gan udah hampir 3 tahun. Jgn ditiru ya haha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baybayz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Motor ane scorpio 225cc, jd masih belum tembus 250cc ya gan?? 😬
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ehh pak pol sebwlum nerbitin sim macem2

Coba itu tes trek sirkus di atandarisasi dan diaudit

Manusiawi gak itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh accelero
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
waduhh biaya boleh 100, tapi kir sama test psikologinya, ujian prakteknya masi bayar lg... 1 sim 300, mana udah punya 2 sim masi mau tambah lg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
SIM A ane dah angus gan, ngurusnya susah gak ya?
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bagus sih cuman belum tau materi ujian teori dan prakteknya juga apakah berbeda mengikuti kelas kategorinya. Kan tujuannya supaya pemotor benar benar layak skill nya bawa motor. Trus kategori kendaraan listrik nya kayaknya perlu ditata ulang. Penggolongannya berdasarkan apa ? Kalau mesin bakar kan berdasarkan kapasitas mesin dalam cc kalau motor listrik mestinya berdasarkan output mesin listriknya berdasarkan satuan watt. Trus yang masuk kategori C1 dan C2 itu maksimal atau minimalnya berapa watt ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gue mau bikin SIM C2, tapi motor gue 125cc Gimana dong?
Tiap hari kalo kerja pake motor jenis commuter, kecuali kalo latian di sirkuit pake yang diatas 500cc + lisensi internasional dari FIM!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ketiga, Sim CII akan berlaku buat kamu pengendara motor roda dua dari 500 cc (lima ratus centimeter cubic) keatas, dan kendaraan sejenis yang berdaya listrik.


Ane kurang mudeng sama yang ini, kendaraan listrik disamain sama moge 500cc keatas? Jadi kalau ane beli pcx yang electric harus upgrade sim ke CII gitu?

Kan alasan orang beralih ke electric buat efisiensi, sedangkan beli moge buat kepuasan pribadi (tersier) emoticon-Confused
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Ane juga gak punya sim C atau A atau apalah selama 5th, aman2 aja.. jangan ditiru ya gan.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
Kepemilikan motor di atas 500 cc aja ribed make acara mesti punya sim c 2...
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nite.hime dan 3 lainnya memberi reputasi
Ijin menyimak dulu ganemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Wah untunglah djalu pespa ane masih aman ga perlu buat buat lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di t4 ane gak butuh sim
faktor
kontur likungan bnyak kemiringan jalanan banyak
Bawa 600CC+
cuma ya
yg ngerti aja


profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
jadi motor listrik masuk kategori sim C1? padahal kapasitas/kemampuan motor listrik nya juga lebar rentangnya. ada yg cm mampu kaya sepeda, ada yg mampu kaya moto GP.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 2pic
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di