CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Cara Menghadapi Keinginan Bunuh Diri ( Suicide ) 😢😢 Mohon Sarannya 😢😢
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a34bde309d75562f4740b7/cara-menghadapi-keinginan-bunuh-diri--suicide---mohon-sarannya

Cara Menghadapi Keinginan Bunuh Diri ( Suicide ) 😢😢 Mohon Sarannya 😢😢

Jadi ceritanya gini gan
Cukup panjang sih tapi sangat layak untuk dibaca agar kalian paham bagaimana permasalahannya dan paham alur ceritanya.

Buat agan dan sista.
Mohon untuk membaca secara utuh agar informasi yang singkat ini bisa menjadi masukan buat agan dan sista dalam memberikan nasehat dan saran.

1. Awal mula perkenalan

Cara Menghadapi Keinginan Bunuh Diri ( Suicide ) 😢😢 Mohon Sarannya 😢😢

Jadi sebut saja nama cewek ini adalah Mila. Saya awalnya berkenalan dengan Mila lewat sosial media Instagram. Berawal dari saling komen di salah satu akun politik. Setelah itu lanjut berkenalan lewat Direct Message. Cukup akrab dan lama ngobrol-ngobrol lewat direct message karena kebetulan calon yang kita dukung sama dan pandangan politik kita sama.

Setelah itu, ane minta nomor WA nya dan diapun memberikan nomor WA nya. Pembicaraan dan perkenalan lebih lanjut berlangsung melalui chat lewat WA.
Bukan hanya chat namun juga telpon dan video call.

2. Masalah pribadi

Cara Menghadapi Keinginan Bunuh Diri ( Suicide ) 😢😢 Mohon Sarannya 😢😢

Setelah berkenalan lewat IG, WA, Telpon Dan Video Call akhirnya kami semakin akrab dan semakin sering untuk bertukar informasi. Akhirnya dia curhat dengan kehidupan pribadinya. Dia udah gak punya kedua orang tua. 😔
Ayah ibunya bercerai dan dia tinggal bersama dengan ayahnya. Pada saat ayahnya meninggal, cuma dia yang mengurusi pemakaman jenazah ayahnya. Saudara-saudaranya yang lain tidak ikut campur dan tidak peduli sama sekali. 😟😟

Oh iya.
Dia ini anak orang kaya. Ayahnya pengusaha dan seluruh warisan ayahnya diwariskan untuk dia sendiri.
Mungkin hal ini yang menyebabkan kecemburuan dari saudara-saudara nya yang lain.

Jadi bisa dia bilang kalau dia itu sendirian dan memang hampir tidak mempunyai teman.
Dia pernah pacaran tapi udah putus.
Pacarnya pergi meninggalkan dia tanpa alasan yang jelas. 😟😟

3. Di Diagnosis Penyakit Kanker Stadium 4 ( Stadium Akhir )

Cara Menghadapi Keinginan Bunuh Diri ( Suicide ) 😢😢 Mohon Sarannya 😢😢

Jadi memang sudah sejak lama dia mengeluh sering sakit kepala yang sangat hebat. Bahkan saking sakit kepalanya bisa sampai pingsan. Dia juga sering mimisan. Setelah mendengarkan keluhannya, maka saya menemani dia untuk periksa ke rumah sakit yang cukup lengkap fasilitasnya.

Dub..dub..dub..😳😳
Jantung berdegub saat dokte meminta kita untuk masuk ke ruangannya dan mendengarkan hadil pemeriksaan.

Duar..duar..duar..😭😭
Rasanya bagaikan disambar petir.
Dari hasil pemeriksaan, maka Mila dinyatakan mendera kanker otak stadium 4 ( stadium akhir ).
Mila disarankan untuk mendapatkan pengobatan Kemoterapi dan Radioterapi.

Harapan hidup Mila hanya berkisar kurang lebih (+-) 1 tahun.

3. Depresi dan keinginan untuk bunuh diri ( Suicide )

Cara Menghadapi Keinginan Bunuh Diri ( Suicide ) 😢😢 Mohon Sarannya 😢😢

Sejak mengetahui kondisi penyakitnya, Mila hampir tiap hari bersedia dan menangis. 😭😭

Mila kehilangan semangat, mengurung diri, jarang aktivitas bahkan susah untuk makan dan minum. Badannya menjadi lesu dan semakin kurus.

Jujur saja.
Saya pusing banget menghadapi ini.
Ingin rasanya meninggalkan dia sendirian namun hati ini tidak tega.

Satu hal yang paling membuat pusing adalah ketika dia mengatakan ingin bunuh diri aja. Ini karena dia sudah sangat stress dan depresi.

Dia beberapa kali mengatakan kalau dia akan bunuh diri dan meminta saya untuk mengurus jenazah serta menguburkan dia dengan layak. 😭😭

Jika dia sudah mengatakan seperti itu maka saya langsung menelpon dia dan memberikan nasehat tapi dia tetap keras kepala dan tetap mengancam akan bunuh diri.

Jujur ane akan sangat galau kalau dia mengancam bunuh diri.

Yahh..
Beruntung sampai saat ini dia masih hidup tapi yah sangat takut jika depresinya kambuh kembali. 😢😢

Gimana ya agan dan sista memberikan semangat buat Mila
Agar dia tidak stres dan depresi lagi?

Agar Mila mau kemoterapi dan radioterapi?
Kalau masalah biaya pengobatan.
Mila punya cukup uang kok.

Mohon saran dan nasehatnya

Sumber gambar : 1, 2, 3, 4

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a.w.a.w.a.w dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh akunkubaik
Halaman 1 dari 3
Yawdah.
Lu nikahin aja dia.
Biar gak depresi n bundir.
Lagian kamu kesulitan ekonomi kan?
Kemarin2 ngaku butuh uang.
Sampai minjem duit pinjol ama rentenir ya.
Gpp polimer eh poligami.
Nah abis nikah, lu pindahin harta/aset punya dia ke nama lu.
Ato lu ceraiin dach.
Baru minta harta gono gini.
Eh gak usah dicerain dink kan dia sakit keras ya.
Banyak2in ibadag aja biar meninggalnya husnul khotimah.
Eh husnul khotimah ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ffa.. dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Minta saran dong
Pusing nih









Gak ada uang

emoticon-Hammer2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Keinginan bunuh diri biasanya muncul di tanggal tua, oleh sebab itu sebaiknya keinginan bunuh diri di pindah ke tanggal muda dijamin gak akan bunuh diri malah pergi ke mall atau belanja online.

sekian saran ajib dari gw.
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
sory ane hanya baca title ... jadi... ane hanya beri saran ... take the "D" .... yang berarti Don't emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh epopolocrois
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Ajak Mila ke panti asuhan, ke panti jompo, ke bawah jembatan, ke penjara, dll. Siapa tahu aja dia jadi sadar bahwa satu tahun hidupnya itu bisa dimanfaatkan buat hal-hal yang berguna. Dorong dia buat jadi aktivitis kemanusiaan atau apalah itu. Jadi selain biar dia ga ada waktu mikirin mau bunuh diri, juga kalau setahun lagi dia beneran meninggal, setidaknya dalam setahun itu hidupnya lebih bermakna.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ajak kimpoi gan
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Berat kasusnya emoticon-Traveller
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Agan ada bakat untuk bikin thread di SFTH sbnrnya
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
SAYA SELAKU MEMBER H2H DENGAN INI MENG INDIKASIKAN BAHWA THREAD YANG DIBUAT OLEH TES ADALAH " H A L U " emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kushina99 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jadi inget pelm paddleton emoticon-No Hope

profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Jangan bunuh diri cuma karena ditinggal pacar, dikhianati teman

lembek amat kalo bunuh diri gara2 gitu

you can pm me if you need help, i can give you good solution
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pilihan itu kata yang tepat. Jika ingin memilih mati bunuh diri itulah Takdir si orang tersebut.
jadi Pilih lah dengan bijak yaitu jangan pernah coba ingin bunuh diri. baiknya "matikan diri' yaitu berpuasa. itu sich yang ane pernah alami.
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
menurut ane nih sembuhin dulu jiwanya gan, bujuk dia untuk ke psikolog dulu..
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
rawat di penang gan sampe sembuh.
lagian bundir mksdnya nyerah krn dokter blg cuma bisa hidup setahun lg?
dokter itu cuma estimasi, bisa aja bsk mati, ato agan yg mati duluan, ato gw dah yg duluan, bebas semua terserah sang pemilik kehidupan saja.
buktinya nyokap gw kata dokter sembuh kanker eh bulan depannya meninggal.
jadi prkataan dokter itu levelnya untuk pertimbangan bukan ketok palu pasti trjadi.
kalo cewek agan udah nyerah duluan, semua organ di badan dia juga ikutan down, dijamin lebih cepat mati ga sampe setaon
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mungkin agan bisa suruh dia berkunjung ke yatim piatu, di sana kan maaf ya, banyak anak yatim yg bahkan gk tau siapa org tuanya, biar dia sadar banyak yg lebih terpuruk dari dia tapi mereka masih bisa senyum ketawa dan nerimain apa yg di beri tuhan, kan kebetulan dia dpt warisan daru almarhum mungkin bisa membantu anak" sana, selain bisa mengisi kekosongan dirinya, hartanya kan jadi lebih bermanfaat, dan mungkin bisa buat dia lebih semangat hidup karna lihat canda tawa anak" disana
profile-picture
jakompank memberi reputasi
aduuu gan sabar ya, jangan percaya kata dokter sepenuhnya , , , coba alternatif , motivasi semangat , berserah sama Allah, , semangat saudaraku 🙏😇
Step pertama, pastiin agan tau seluk beluk tentang dia. yang kedua agan harus yakin dengan keputusan agan yang mungkin dirasa akan membantu doi, pegang prinsip "gua gabisa bahagiain semua orang". Setelah agan teliti, lihat dulu gan polanya seperti apa, tp potong dulu disclaimer, ane agak susah gan jelasinnya karena fundamentalnya cukup banyak. tapi intinya jangan pernah agan melakukan pendekatan yang menjadikan dia orang yang manja gan, dan pastikan bahwa agan selalu melakukan pendekatan yang berdasarkan logika, jangan perasaan ya gan, ini penting. Perlahan2 ajarin dia untuk hidup ini nyata, realistis, dan gapunya standar (patokan normal) jangan bandingin hidup sendiri dengan org lain, karena kita hanya liat org dari luarnya aja <- menurut ane ini penting karena biasanya orang yang depresi itu kebanyakan karena mengasihani diri sendiri dengan alasan tidak sebaik orang lain(sorry agak extreme tapi agan bisa menyampaikannya dengan kata2 yang lebih polite). Nangis yang banyak, kemungkinan akan melegakan perasaan, tapi jangan terlarut ya, pastikan menemukan solusi, kalo bisa doi ente ajak untuk brainstorming gan. Pelan2 ajak ke psikolog, kalo mau diajak ya langsung, tapi kalo gamau diajak kasih pengertian kalo sakit mental tuh bukan gila doang, tapi banyak macam jenisnya. SAKIT BUKAN FISIK DOANG, jadi kita hidup di dunia modern harus sadar kenyataan, jangan ketinggalan di masa lalu ya gan. Mungkin kalo agan ada bingung atau pertanyaan bisa comment disini ya gan, insyaallah ane bales, karena masalah psikologi itu ga binary, tapi bener2 kayak quantum yang punya banyak banget cabang masalah. semangat gan, kalo ente kuat silahkan ente lanjut, tapi kalo jadi diri ente yang ke ganggu saran ane tinggalin, karena masih banyak orang yang mungkin lebih butuh ente, kayak keluarga ente, tapi ane saranin untuk hidup bahagia atas dasar diri sendiri, yang lainnya bonus aja gan, yang penting ente bisa sehat, kan kalo ente sehat jadi ente juga yang bisabantu org. SEMANGAT YE BUAT SEMUA ORANG YANG BERJUANG DENGAN HIDUPNYA MASING2, NORMAL BUKAN BERARTI KITA HARUS SAMA DENGAN ORANG LAIN. XO
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Harapan hidup masih ada gan.
Jangan tinggalin gan, karena emang dia udah gak punya siapa siapa lagi.
Kalo bisa penuhi keinginannya
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
suruh dia ikut terapi meditasi aja setahu ente banyak membantu ini sebab membuka pikiran supaya dia bisa melihat kehidupan dari sisi yang berbeda

Hidup itu pasti mati koq....ga usah ente merasa bersalah selama ente bisa bantu ya bantu kalo emank dia mau jalan hidup yang susah ente jangan ikut ikutan...banyak koq org yg divonis bakalan mati masih hepi2 aja hidup nya...lihat dari sisi positif saja.....
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo baca ceritanya ini masalah depresi akibat kehilangan makna hidup. Udah gak lihat lagi masa depan karena penyakit terminal. Tapi katanya udah kemoterapi dan hidup lebih dari setahun ya? Udah sembuhkah artinya?

Kalo emang gak bisa sembuh, biasanya orang mulai cari makna hidup baru. Seperti buat wishlist (daftar keinginan) sebelum meninggal dan lakukan kegiatan di wishlist. Umum kok dilakukan, biasanya yang udah tua atau mau meninggal buat rencana ini. Tujuannya buat dia ubah orientasi hidupnya dari fokus masa depan menjadi fokus saat ini atau mungkin masa lalu (contoh, perbaiki kesalahan atau meminta maaf).

Kalo soal masa depan relakan aja, ada banyak orang kehilangan masa depan padahal masih hidup lama. Untuk kasus Mia yang punya banyak masalah hidup bisa dipandang dengan cara lain, kematian sebagai kebebasan dari penderitaan hidup selama bukan bunuh diri. Kalo dia bunuh diri setelah itu ternyata ada fase lanjutan kematian bisa bikin masalah (contoh neraka).
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di