CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pernyataan Lengkap Jokowi Tolak Pemberhentian 75 Pegawai KPK Tak Lulus TWK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a242d1b98ed7786f18b955/pernyataan-lengkap-jokowi-tolak-pemberhentian-75-pegawai-kpk-tak-lulus-twk

Pernyataan Lengkap Jokowi Tolak Pemberhentian 75 Pegawai KPK Tak Lulus TWK

Pernyataan Lengkap Jokowi Tolak Pemberhentian 75 Pegawai KPK Tak Lulus TWK

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait 75 pegawai KPK yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai tindak lanjut dari pengalihan status menjadi aparatur sipil negara (ASN). Jokowi meminta agar 75 pegawai yang tidak lulus tersebut tidak diberhentikan dari KPK.

Awalnya Jokowi menyinggung soal tujuan alih fungsi pegawai KPK menjadi ASN sebagai upaya meningkatkan pemberantasan korupsi. Menurutnya KPK harus diisi oleh pegawai-pegawai terbaik dengan komitmen tinggi.

"Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, harus memiliki SDM-SDM terbaik dan berkomitmen tinggi dalam upaya pemberantasan korupsi. Oleh karena itu, pengalihan status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara atau ASN harus menjadi bagian dari upaya untuk pemberantasan korupsi yang lebih sistematis," kata Jokowi dalam tayangan video di YouTube Sekertariat Presudeb, Senin (17/5/2021).

Baca juga:Jokowi Tak Setuju 75 Pegawai KPK Diberhentikan!

Namun demikian, Jokowi meminta agar hasil tes wawasan kebangsaan tidak lantas dijadikan alasan untuk memberhentika para pegawai yang tidka lulus. Dia berpendapat ke-75 pegawai KPK yang tidak lulus bisa diberikan pendidikan kedinasan.

"Hasil tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai KPK hendaknya menjadi masukan untuk langkah-langkah perbaikan KPK baik terhadap individu-indidivu maupun institutis KPK dan tidak serta merta dijadikan dasar untuk memberhentikan 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos tes. Kalau dianggap ada kekurangan, saya berpendapat masih ada peluang untuk memperbaiki melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan, dan perlu segera dilakukan langkah-langkah perbaikan untuk level individual maupun organisasi," ucapnya.

Jokowi lantas meminta agar para Pimpinan KPK, Kemenpan-RB, dan BKN untuk mengikuti pertimbangan Mahkamah Konstitusi dalam putusan pengujian Undang-undang nomor 19 tahun 2019 terkait proses pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN tidak boleh merugikan hak pegawai KPK untuk diangkat menjadi ASN.

"Saya minta kepada para pihak terkait khususnya pimpinan KPK, Menteri PAN-RB dan juga kepala BKN untuk merancang tindak lanjut bagi 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus tes denagn prinsip-prinsip sebagaimana yang saya sampaikan tadi," ujarnya

Berikut in pernyataan lengkap Jokowi soal 75 pegawai KPK yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK):

Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, harus memiliki SDM-SDM terbaik dan berkomitmen tinggi dalam upaya pemberantasan korupsi. Oleh karena itu, pengalihan status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara atau ASN harus menjadi bagian dari upaya untuk pemberantasan korupsi yang lebih sistematis.

Hasil tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai KPK hendaknya menjadi masukan untuk langkah-langkah perbaikan KPK baik terhadap individu-individu maupun institusi KPK dan tidak serta merta dijadikan dasar untuk memberhentikan 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos tes.

Kalau dianggap ada kekurangan, saya berpendapat masih ada peluang untuk memperbaiki melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan, dan perlu segera dilakukan langkah-langkah perbaikan untuk level individual maupun organisasi.


Saya sependapat dengan pertimbangan Mahkamah Konstitusi dalam putusan pengujian Undang-undang nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan kedua Undang-undang KPK yang menyatakan bahwa proses pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN tidak boleh merugikan hak pegawai KPK untuk diangkat menjadi ASN

Saya minta kepada para pihak terkait khususnya pimpinan KPK, Menteri PAN-RB dan juga kepala BKN untuk merancang tindak lanjut bagi 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus tes dengan prinsip-prinsip sebagaimana yang saya sampaikan tadi.


https://news.detik.com/berita/d-5572...004.1609585657

Kalimat kuncinya.. Jokowi menolak pegawai yg tidak lulus d berhentikan.. emoticon-Malu (S)

Tapi kalo d non aktifkan.. Itu lain soal.. emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hoorray dan 37 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Halaman 1 dari 5
nah ini harus jelas, berarti setuju non aktif ?

kalo iya berarti sama aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Jirrr .. afalagi ini ... emoticon-DP






Gak tegass blass
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wikileakskaskus dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
cuma pernyataan basa basi karena komisioner KPK bukan bawahan presiden sebagai kepala pemerintahan. sementara sebagai kepala negara, dia nggak boleh turut campur ke urusan sehari2 KPK. cara paling elegan adalah mengalihfungsikan 75 orang itu ke lembaga di bawah presiden dengan status kontrak, misal jadi staf BPKP atau di inspektorat kementerian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Remidi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
melalui pendidikan, berarti dibina lagi? berarti ada duit tambahan buat pendidikan.

ooo ngerti2....proyek toh emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Astaga.

Kadrun ga nyangka.

Pernyataan Lengkap Jokowi Tolak Pemberhentian 75 Pegawai KPK Tak Lulus TWK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Pernyataan Lengkap Jokowi Tolak Pemberhentian 75 Pegawai KPK Tak Lulus TWK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
ga diberentiin cm disingkirin kya sampah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
judogal dan 2 lainnya memberi reputasi
di nonjob jadi OB?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Tuh nopel dkk disuruh belajar lagi biar lulus
Ini lebih nyakitin hati nopel ketimbang dinonaktivkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Masih ada KPK DKI Jakarta
mungkin pak joko lupa

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
apapun itu, sebagai soheeb kadal garis lurus, we love you lah pakdheeee

emoticon-Pelukemoticon-Peluk

ebong & buzzeRp mana paham

emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
Alus bahasanyaemoticon-Big Grin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
Dinonjobkan untuk dibina lagi ya sama aja di nonaktifkan, malah lebih nyebalin karena status digantung, juga kan malu magabut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi

Ini sih politis bgt ya pernyataannya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makeiteasy69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Jangan seneng....kayak kagak tau jawa solo aja hehehe. Kita mah paham
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anemon36 dan 6 lainnya memberi reputasi
kalau ga bisa dibina diapain? dibinasakan? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 5 lainnya memberi reputasi
Udah sih pak... biarin mereka yg 75 orang itu di kpk tapi non jabatan...
profile-picture
profile-picture
news.bpln dan valkyr9 memberi reputasi
disuruh belajar lagi ???? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
news.bpln dan valkyr9 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
remedial ngapalin butir2 P4 lagi
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
news.bpln dan valkyr9 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di