CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Gaji Untuk Hidup Sejahtera? 😔😔
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a1fe54a0f12170762dbd80/gaji-untuk-hidup-sejahtera

Gaji Untuk Hidup Sejahtera? 😔😔

Tadi sore ane coba keliling-keliling kompleks perumahan elit tempat biasanya ane jualan sayur keliling.

Sambil menunggu para pembeli untuk belanja dab membeli sayur-sayuran yang ane jual, ane mulai menghayal akan kehidupan saat ini.

Gaji Untuk Hidup Sejahtera? 😔😔

Jadi ane udah diterima bekerja di salah satu perusahaan.
Nah pas wawancara, ada pertanyaan yang cukup menarik bagi saya.
Yaitu : Berapa besarnya gaji yang anda butuhkan agar hidup sejahtera??
Jujur saja pertanyaan ini membuat merah pipi ane, merah karena takut jika jawaban yang saya berikan salah namun juga disertai rasa senang karena bisa memberikan masukan besaran gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup ane sehari-hari.
Pada saat itu, ane meminta gaji perbulan sebesar 7,5 juta.
Pada saat itu ane melamar kerja sebagai supir perusahaan untuk menjemput karyawan dari rumahnya dan sore hari mengantarkan mereka pulang.

Ane menghayal, berapa besaran gaji untuk bisa hidup dengan sederhana bagi seorang laki-laki yang mempunyai seorang istri dan beberapa orang anak.
Dari hasil pemikiran ane dan pengalaman ane selama hidup ane maka ane berpikir kalau gaji yang selama ini saya terima jauh dari kata cukup.

Gaji yang saya terima sekitar 2,5 juta per bulan. Dari pengalaman saya dan yang saya rasakan, gaji 2,5 juta per bulan itu jauh dari kata cukup. Gaji rasanya hanya tinggal lewat begitu saja. Dari gaji 2,5 juta itu, dua juta saya kasi ke istri dan 500 ribu saya gunakan untuk hidup saya sehari-hari seperti beli rokok, beli bensin sepeda motor dan untuk sedikit jajan-jajanan ringan.

Gaji Untuk Hidup Sejahtera? 😔😔

Berdasarkan pengalaman hidup selama ini maka gaji yang cukup menurut ane per bulannya adalah 7,5 juta.
Dari 7,5 juta itu maka bisa dibagi-bagi untuk belanja istri dan kebutuhan anak-anak sekitar 4 juta, 2 juta untuk orang tua , 1 juta untuk ditabung dan 500 ribu untuk saya.

Maka dengan gaji 7,5 juta maka saya rasa itu sudah sangat cukup untuk hidup yang sejahtera dan bisa untuk menabung agar ada tabungan untuk masa yang akan datang.

Dari situ saya meminta kepada para pengusaha agar memberikan gaji kepada karyawannya untuk memberikan gaji sekitar 7,5 juta per bulan.

Nah gan sista.
Begitulah yang ane rasakan dalam menjalankan kehidupan ini hari demi hari.
Bagaimana dengan agan dan sista semuanya?
Berapa besaran gaji yang wajar agar hidup dengan secukupnya.

Mohon masukannya agan dan sista.

Sumber gambar : 1 , 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a.w.a.w.a.w dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh akunkubaik
Halaman 1 dari 2
Momod, mimin, enthusiast, agan dan sista
Kasi masukan dong
Biar ada bahan diskusi berkualitas
emoticon-Nyepi
Ga tau ya berapa besarannya tapi klo saya sih cukup alhamdulillah
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Gaji Untuk Hidup Sejahtera? 😔😔
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
klo standar gaji sini 7.5 jt mah sujud sukur ane gan emoticon-Ngakak ..tapi ane setuju..7,5 jt sekarang mah cukup banget dah emoticon-Angkat Beer
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pertama tama bersyukur dulu berapapun gaji yg kamu terima.
entah itu ratusan ribu, jutaan, puluhan juta, ratusan juta.
karena rejeki itu nikmat dan ujian.
ujian gimana menghadapinya gimana mempergunakan secara arif dan bijak.
sebenarnya sich gaji itu cukup2 aja untuk hidup.
cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.
gak akan cukup untuk memenuhi gaya hidup.

klo uang mu cuma numpang lewat itu biasanya ada 2 penyebabnya.
pertama boros.
kedua uang itu uang haram.
silakan pikirkan aja sendiri.

ya dimasa pandemi gini masih bekerja aja alhamdulillah.
karena ada yg belum beruntung dengan kena pengurangan karyawan.
tetangga, temen2 gw ada yg kena.
bahkan sampai saat ini masih ada yg blm dapat kerja.
tapi ya namanya rejeki itu udah ada yg ngatur.
they are still alive n well.

masalah gaji itu sensitif.
apalagi kalo tau gaji temen nya lebih gede dari dia.
dan tau kemampuan si temennya (pendidikan,skill, experience).
dia cuma lulusan ini lebih gede?
not fair lah.
paling menang nego doank bla bla bla.
coba klo lebih kecil.
wajar lah, dia kan lulusan itu.
sama2 gak enak ya.
wkwkwkwkwkwk.

kalo kata temen gw.
jangan iri ama rejeki orang.

itu intermezzo aja.
Quote:

1. alhamdulillah.
rejeki saya cukup.
dan meski belum mendapat rejeki pasti akan diganti oleh ALLAH.

2. umk/umr.


ya seandainya penghasilan mu naik, jangan sampai pengeluaran mu naik.
misalnya penghasilan mu 1perak dengan pengeluaran 1/2 perak.
lalu pindah kerja dan penghasilan naik jadi 3 perak.
pengeluaran mu usahakan tetap 1/2 perak.
tapi susah juga.
buka medsos isinya diskon,sale, obral jualan online.
buka tv isinya artis hedon.
buka game isinya promo top up/item.
ngobrol ama temen tentang promo ecommerce.
eh situs ini lagi free ongkir lhooo,
eh situs ini lagi diskon 90 persen.
eh situs ini cash back 30 persen.
gw sich udah bosan liat ending nya.
paling juga krismon, dikejar debt collector, ato make duit haram.
capedehemoticon-Cape d... (S)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
lawanl95 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Skrg dibalik aja

Klo agan jd pengusaha, bisanya bayar gaji supir dan staff lainnya brp besar?

Ane blm jd pengusaha sih, cmn ya kbayang aja ngegaji supir 7.5jt brarti gaji staff lain brp..
profile-picture
profile-picture
knoopy dan akunkubaik memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Kalo di jkt menurut gw @4-5jt per kepala.
Kalo dah 7-8jt menurut gw cukup sejahtera.
Inget ya per kepala, kalo dah ada istri ya 2 kepala. kalo ada anak 1 ya 3 kepala. dst...

profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Gaji Untuk Hidup Sejahtera? 😔😔
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ente diterima gan?

Terus itu perhitungan ente duajuta kasih istri ente dapet gopek darimane?

Kalo ane nih ya, maaf bukan ngebandingin kita sharing aja, ane gaji itu by kontrak tiap 10 pertemuan 1.5 juta (ane ngajar olahraga) dari uang 1.5 juta itu ente tau ane kasih istri berapaa? 1.450 ane gocap buat beli rokok, jajan ringan dll. Nah begitu seterusnya dapet dari si b si c si d dan lainnya.. kenapa karena istri itu ngebagi untuk kita semua, untuk makan kita, untuk bensin kita, token rumah, belanja, dll

Dulu waktu ane masih jadinkaryawan gaji ane 3 juta kurang dikit tapi ane ambil gopek buat ane untuk dibelah seperti agan tadi sama, waktu itu anak ane cuma satu. Tapi hasilnya beda banget kalo kita serahin semua sama istri gan.
Itu pengalaman ane ya.
Mungkin ada dari yang lain juga emoticon-Malu (S)

Ane terus melakukan itu sampai sekrg dengan aling sharing sama istri tentang 3 kebutuhan pokok, sandang, pangan, papan.

Ane ngontrak sebulan 2 juta, minimal makan (sekarang sekeluarga ada ane, bini, anak pertama, anak kedua, sama seekor anjing) yang alo kita hitung habis 3 jutaan kadang lebih kadang kurang dikit, terus kita rencanain pembelian baju saat dibutuhkan dan lain sebagainya.

Coba agan rinciin lagi bedua bini 2.5 juta sparenya (memang di titik ini berat penghasilan segitu di jaman sekrg) kalo agan sedikit jeli agan masih bisa sisihin walaupun dikit..

Yakin bener2 gak bisa nyisihin. Koreksi lagi pembagian gopek yang buat agan deh. Karena menurut ane ente dapet speerlima dsri gaji ente sementara istri ente dapet sisanya dan sia harus bagi lagi buat rumah, token, belanja masakan, sabun, tetek bengek lain2 .. kalo ane si kesian bini entenya
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Diubah oleh tebe7849
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
oiii ts
elu susah utk maju kalo mental lu kek begitu

orang bisa berhasil itu dimulai dari mental dulu

mental ente: cuma bisa menuntut gaji supaya hidup lu sejahtera, tapi abai PRODUKTIFITAS APA YG BISA LU KASIH BUAT PERUSAHAAN?

gw kasih tau elu ya,
dulu sopir gw (dari ktr) gaji UMR jkt, gak sampe 7.5 jt per bulan.

tapi setelah dia ditugasin bawa ane:
1. ane kadang kasih tambahan lembur. nah pinter2 dia kumpulin deh tuh
2. kemudian istrinya akhirnya jadi pembantu di rumah ane, kadang dikasih juga tambahan lembur dari binik ane. bantu juga dagangan online binik ane dan dikasih lagi tambahan upah.

lu tau?
dia bisa cicil rumah sederhana harga 120 jt, bisa ganti motor baru. bisa biayain anak.

kesimpulannya apa?
1. jangan banyak menuntut. tapi naikin skill dan kapasitas diri ente
2. rezeki itu ada aja bray. LU RAGU TUHAN LO AKAN MENCUKUPI HIDUP LO?
3. kalo merasa kurang, ya cari istri yg kerja juga. atau minta dia bekerja, entah jadi apa YG PENTING HALAL
4. jangan punya anak banyak2 dulu

KEKURANGAN HIDUP KITA BUKAN TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN TAPI TANGGUNG JAWAB DIRI KITA SENDIRI.
PERSOALAN EKONOMI RT KITA ADALAH PERSOALAN KITA. KITA LAH YG BERGERAK MENGATASINYA BUKAN CUMA NUNTUT PERUSAHAAN NGATASIN PROBLEM FINANSIAL RT KITA.


ubah dulu lah mindset antum

ituhemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh .odysius
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
di kota apa dulu gan ?
bukan 'gaji' menurut ane tapi 'income'
income berarti pendapatan total keluarga ( gaji ente, usaha sampingan, gaji istri bila kerja)
ntahlah ada faktor jumlah anak, cicilan, saving, beban lain
income 10jt mungkin cuma titik aman aja ( kalau kantor kasih 5 jt berarti cari 5 jt ditempat lain)
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Diubah oleh panadolxtra
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
di Era CongorNa kaya gini

masih kerja aja uda untung

paling benar ya buka usaha aj

Malas ga dapat apa2 sama sekali

Klo Rajin Kerja Keras bisa luar biasa
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tergantung sih dengan pola pikir TS. Gw sekitar 30/bulan tapi dulu bisa abis 25/bulan. Nah sekarang bisa abis 10 jutaan keknya jadi bisa lebih santai. Dan yg bikin gw santai karena gw idup tanpa utang.

Tapi dulu juga saat gw masih gaji 5 juta/bulan gw asik2 aja sih bisa nabung juga cuman gak bisa tiap weekedn dine in di fancy resto sih paling nongkrong di nasi kucing , karena gw orangnya gak silau ama harta orang, kalo ada orang tajir yg bagus aja buat dia kali dia bisa banyak beramal, kalo perlu semua orang Indonesia tajir deh kasarnya gitu.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Menurut ane ya, buat hidup sejahtera dgn versi ane..

kalo msh sendiri (blm nikah) 7-8 jt sebulan cukup buat sendiri. dgn catatan ini ente ga bayar ngontrak, listrik, ga ada cicilan, dan ga nanggung orangtua (murni buat ente hidup sendiri). dgn asumsi tinggal msh gratis ikut orangtua

kalo udah nikah dan ada tanggungan (tp blm punya anak), 10-12 jt cukup, tp dgn catatan cuma berdua bini ente, dan ga ada cicilan, serta ga nanggung orangtua/mertua.

kalo udah punya anak, apalagi anak mulai sekolah dan anak lebih dari 1, buat ane 15-20 jt sebulan, dan lagi2 dengan catatan ga ada cicilan (murni buat hidup bulanan dan biaya anak aja).
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Living cost tergantung kota tempat agan tinggal dan gaya hidup agan...
profile-picture
profile-picture
akunkubaik dan tulip.putih memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sulit gan. skrg standaran gaji segitu kalo sebagai staf admin biasa di Jakarta bekerja 5th pun belum sampai segitu. kecuali kalo sebagai seorang marketing.
untuk mensiasatinya ya cari sampingan gan
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Baca² standard gaji agan2 dimari, bikin mata ane emoticon-Matabelo gan... Dg posisi dan skill ane juga presure2 yg ane dapat..

Ah sudahlah emoticon-Mewek ... Allah Maha Kaya juga Allah Maha Adil
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gaji gue di atas 7,5jt, ya cukuplah buat saat ini. Tiap bulan pengeluaran gue buat bayar cicilan KPR, kebutuhan sehari-hari, kasih ortu, dan ada sisa sedikit buat ditabung. Gue termasuk hemat, tiap hari bawa bekal dari rumah, & makan di luar paling 1-2 kali seminggu emoticon-Big Grin

Tapi kembali lagi ke masing-masing sih. Mungkin TS hidup di luar Jakarta, jadi 7,5jt itu cukup buat satu keluarga. Tapi di Jakarta gaji segitu agak kurang buat sekeluarga. Mesti cari tambahan, atau suami istri sama-sama kerja emoticon-Big Grin
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makin gede penghasilan makin gede pengeluaran gan.

Ane dulu gaji 2,5juta/bulan pengeluaran 1juta/bulan.
Sekarang penghasilan lebih dari 20x lipat dari sebelumnya, ya pengeluaran 20x lipat juga dari sebelumnya emoticon-Ngakak
profile-picture
bitha memberi reputasi
keperluan dan kebutuhan serta kewajaran tiap orang beda beda....

7,5 juta bisa jadi cukup buat kmu tapi mewah buat orang lain dan bisa jadi ngepres buat orang lain, bahkan kurang....

bukan karena gaya hidup ya.... tapi memang kebutuhan dasar tiap orang beda beda......
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di