CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a1ddf47b455a51a654b1ba/ritual-mitembeyan-tradisi-suku-sunda-dalam-bertani

Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani

Ritual mitembeyan


Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani
Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani

Assalamualaikum, Sahabat Kaskus ....

Selamat datang di thread terbaru saya.


Quote:

Mitembeyan meliputi dua masa:

1. Mitembeyan melak pare


Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani

Melak pare alias menanam padi ada dua teknik yakni tandur untuk menanam padi di sawah. Ada yang untuk menanam padi di ladang yakni ngaseuk. Aseuk atau tugal adalah alat pada sistem pertanian terkuno yang masih bertahan hingga sekarang.

Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani

Biasanya pada masa persiapan lahan pun mitembeyan ada yang melakukannya. Intinya semua kegiatan bertani harus tertib dan tak melupakan doa kepada leluhur.

Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani

Biasanya mitembeyan melak pare diawali dengan pembacaan mantra oleh kasepuhan atau tetua kampung. Dibarengi membakar kemenyan atau dupa di pinggir sawah atau ladang. Biasanya asapnya akan diarahkan ke empat penjuru. Sasajen dilengkapi sebakul nasi dilengkapi lauk pauk. Biasanya ayam bakakak. Lalu sesepuh akan memulai menanam bibit padi sawah atau menghunjamkan tugal ke dalam tanah lalu diikuti warga lainnya.

Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani
Ngaseuk

2. Mitembeyan ngala pare


Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani

Panen padi atau ngala pare merupakan proses paling dinanti oleh para petani. Hasil jerih payahnya terbayarkan dengan kuning keemasan dari padi siap panen.

Sebagai ungkapan rasa syukur, sebelum panen diadakan ritual mitembeyan seperti pada ritual melak pare. Hanya doa atau mantra yang diucapkan berbeda.

Biasanya setelah beres menyalakan dupa sesepuh akan memulai dengan mengarit padi secara simbolis lalu diikuti warga lainnya.

Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani

Di zaman sekarang mulai terjadi akulturasi budaya islam ke dalam tradisi sunda kuno ini. Sekarang banyak yang sudah mengganti ritual ini dengan pembacaan surah Al-fatihah dan solawat. Tidak ada sasajen atau dupa.

Ritual Mitembeyan: Tradisi Suku Sunda Dalam Bertani

Esensi dari mitembeyan ini sebenarnya tetap pada ungkapan syukur kepada sang pencipta atas anugerah alam dan hasil panen yang melimpah. Hanya saja bentuk dan prosesnya yang berbeda.

Bagaimana dengan daerah agan sista? Adakah ritual sejenis?


Opini pribadi
Gambar:
klik
klik
klik
Dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zatilmutie
Halaman 1 dari 4
Mitembeyan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Ritual suku sunda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Tani tradisional
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Ane baru tau ada tradisi tani kek gt Sisemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Baru tahu istilahnya. Selama ini cuma ikut2 be kalo ada yg tandur, ngala pare atau ngaseuk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Unik ya sis tradisi nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Masih ada ya tradisi ini mpe sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
di jawa tengah dan jogja, juga ada hanya namanya beda.. aku seneng klo pas dapet kiriman makanan dari hasil upacara panen dan nandur .. 😁😁😍😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
No. 2 di tempat ku namanya wiwitan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ish, jadi kangen desa deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di kampungku ada, tapi enggak tau namanya.
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Bukan ritual sih klo di tempatku, tapi selamatan buka lahan dan nanti pas mo panen gitu. Selamatan nya di sawah dan dimakan bareng-bareng sama pekerjanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Unik jg y
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di Jogja namanya wiwitan yang nomor dua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hooo. Baru tau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baru tau ada tradisi ini hehe, mungkin petani yang masih pegang nilai-nilai Sunda wiwitan yang masih ngejalanin tradisi ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
intinya syukuran sebelum nanem padi yaa..
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nice inpoo, balu tau ane Sis
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kurang tau apakah di Sumatera pakai ritual atau tidak. Kebetulan lahir n besar di kota Medan tapi pernah dengar kalau pesta panen ada di salah satu Kabupaten di Sumut cuma sepertinya bukan untuk panen padi saja, karena ketika pestanya berlangsung semua hasil panen dibawa selain padi seperti sayur²an n buah²an jugaemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Makati2019
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Di tempat ane udah gak ada ritual-ritual lagi gan
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di