CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Rahasia Terbesar Di Sekitar Kita: Melihat Kehidupan Pada Seutas Daun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a082c397177c0f7d1bc8ac/rahasia-terbesar-di-sekitar-kita-melihat-kehidupan-pada-seutas-daun

Rahasia Terbesar Di Sekitar Kita: Melihat Kehidupan Pada Seutas Daun

Beberapa tahun terakhir kita dibuat kagum dengan perkembangan teknologi kamera super canggih. Namun tahukah kamu, kecanggihan terknologi kamera saat ini masih jauh dan tidak ada yang bisa mendekati kemampuan mata manusia. Kita berada pada permukaan Bumi yang melengkung, oleh karena itu, jika melihat sebuah benda di kejauhan, kita hanya mampu melihat hingga jarak sekitar 5 km jauhnya saat lengkungan Bumi mulai terlihat.

Namun sebenarnya, kemampuan mata manusia jauh melebihi itu. Bayangkan saja, sering kali kita melihat Bulan dengan sangat jelas. Padahal antara Bumi dan Bulan terbentang jarak hingga 384.400 km. Kemampuan mata melihat benda di kejauhan tergantung seberapa besar kekuatan partikel cahaya yang dihasilkan suatu benda. Penelitian menunjukkan, benda terjauh yang dapat dilihat manusia dengan mata telanjang adalah Galaxi Andromeda yang berjarak 2.500.000 tahun cahaya dari Bumi.

Berkat kemampuan mata, kita bisa melihat berbagai hal menakjubkan. Lalu bagaimana dengan kemampuan mata, ditambah lagi dengan kemampuan memperbesar objek hingga 1.000 kali lipat. Kita bisa melihat benda-benda disekitar kita dengan sudut pandang yang jauh berbeda. Di bantu teknologi Mikroskop, kita bisa melihat hal-hal disekitar dengan lebih detail lagi.

1. Melihat Kehidupan Pada Seutas Daun

Rahasia Terbesar Di Sekitar Kita: Melihat Kehidupan Pada Seutas Daun

Semua sepakat, bahwa hijaunya dedaunan bisa membawa suasana yang lebih segar untuk lingkungan rumah. Namun tahukah kamu, dibalik penghijauan sederhana di rumah terdapat banyak sekali kehidupan. Tanaman hias sederhana di rumah seperti ini terlihat biasa dan terkesan, jarang terdapat binatang hidup yang menjadikannya tempat tinggal.

Tetapi benarkah hal tersebut, bagaiman jika kita melihat lebih detail lagi tanaman berikut ini. Pada tanaman berdaun jarum seperti ini, hampir seluruh bagian daunnya tertutup semacam rambut halus. Ternyata jika di perbesar hingga 1.000x lipat, di seutas daun ini terdapat banyak kehidupan binatang kecil, mulai dari semut hingga kutu daun.

Binatang kecil tersebut bernama kutu daun. Meskipun terlihat tidak berbahaya, hewan ini termasuk serangga perusak tanaman. Biasanya daun yang terserang kutu akan menjadi berkeriput, warnanya menguning, dan akhirnya layu dan mati.

{thread_title}


2. Zoom 1.000 Kali Melihat Indahnya Pasir Pantai

Rahasia Terbesar Di Sekitar Kita: Melihat Kehidupan Pada Seutas Daun

Kondisi pandemi membuat rasa kangen liburan kian membuncah, apalagi kalau membayangkan tenangnya suasana pantai dan indahnya hamparan pasir putih yang hangat dan lembut ketika menyentuh telapak kaki. Tapi pernah nggak sih, seperti apa bentuknya butiran pasir pantai jika di lihat lebih detail lagi.

Setelah diperbesar 1.000 kali bisa di lihat bahwa bentuk pasir pantai seperti butiran batu berwarna putih kekuningan dan berukuran sangat kecil. Yang lebih mengagumkan selain terdiri dari batu-batuan, pada pasir pantai ternyata juga terdapat cangkang-cangkang hewan laut yang tak terhitung jumlahnya.

{thread_title}


3. Teror Lipan Perbesaran 1.000 Kali Lipat

Rahasia Terbesar Di Sekitar Kita: Melihat Kehidupan Pada Seutas Daun

Pernah berhadapan langsung dengan hewan mengerikan yang satu ini, bagaimana jika diperbesar lipan menjadi 1.000x dari ukuran normalnya. Sengat berwarna hitam dibagian kepala inilah yang akan beraksi ketika lipan merasa terancam. Jika kulit terkena sengatan akan berwarna kemerahan, hingga muncul lentingan air di bawah kulit.

Dan yang lebih parah adalah sengatan lipan juga bisa memunculkan reaksi alergi parah bagi sebagian orang, seperti mata dan bibir bengkak, sesak nafas, hingga jantung berdebar. Tubuh lipan juga dilengkapi dengan kulit keras dibagian atasnya, sehingga menyulitkan musuh ketika menyerang.

{thread_title}





profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pertamax
Keduax
Sangat menarik
Pada selembar daun ada proses yg membuat ilmuwan bingung sampai sekarang, yaitu FOTOSINTESIS

peneliti melaporkan bukti bahwa fotosintesis - proses di mana tumbuhan hijau dan beberapa bakteri mengubah sinar matahari menjadi energi kimia - memperoleh efisiensi pemanenan cahaya dengan memanfaatkan fenomena "koherensi kuantum". Ini melibatkan superposisi keadaan kuantum elektronik, yang tampaknya dapat menjelajahi banyak jalur transmisi energi sekaligus. Jika demikian, mekanika kuantum membantu proses energi fundamental yang menggerakkan semua kehidupan di permukaan bumi.

emoticon-Cool
tapi masih didebatkan karena ilmuwan masih belum tau caranya
profile-picture
krx48 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kelabang dlm ukuran kecil aja sdh bikin serem, apalg jk di besarin, gan.....
Setelah di zoom ternyata ... emoticon-Takut
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kecil banget.. klo sama matamah sekejap gak keliatan.
kehidupan bakteri gak dimasukin gan.. padahal unik loh liat bakteri hidup.. hehe
profile-picture
krx48 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
trit sederhana tapi bagus ya..
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sejenak membuat kita lupa dari keribetan hidup...
emoticon-Nyepi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
AllahuAkbar
Pemilik dan pembuat yang Maha mengatur
emoticon-Big Grinemoticon-Ngacir
profile-picture
TheProfesor7 memberi reputasi
wah pernah mampir di channel ini dulu, unik unik memang, pas buat killing time sekaligus nambah pengetahuan emoticon-Cendol (S)
sekarang lagi demen nonton yang timelapse gini emoticon-Embarrassment
Spoiler for boxlapse:
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
@marilyn88 andaikan di zoom in sebanyak ratusan lagi, bakalan sangat indah lhoo...
Bagaikan didalam kehidupan ada kehidupan yang lebih kecil, lalu kehidupan yang lebih kecil itu mempunyai kehidupan yang lebih kecil lagi, dst...
Warnanya disetiap kehidupan itu juga bagus-bagus.
emoticon-Wagelaseh
profile-picture
krx48 memberi reputasi
Diubah oleh biohex
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
iya nih gan kalo diliat liat emang hal kecil yang ga biasa kita perhatikan tuh sebenernya juga indah indah
profile-picture
biohex memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wow emoticon-Matabelo
Daun daunan
masih bersikukuh..? bahwa alam ini terjadi begitu saja..?
profile-picture
TheProfesor7 memberi reputasi
Coba zoom doku cebanan bre emoticon-Traveller
Katanya ada unsur illuminati
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mau hape yang bisa ngezoom kek gitu dong 🤣
Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang emoticon-Malu
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di