CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a07fa0dc75b53e970558de/kemakmuran-di-film-propaganda-sekutu-sebelum-invasi-jepang-ke-hindia-belanda

Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda



Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda

Nampaknya media bisa menjadi alat propaganda yang paling baik, sejarah telah memberikan bukti bahwa terkadang berita yang ditampilkan tidak sesuai dengan kenyataan dan fakta dilapangan.

Terlebih di tahun 1941, dimana bangsa ini masih dikatakan sebagai warga kelas 2. Tanah-tanah di Indonesia dikuasai oleh Belanda, tentu menjadi pertanyaan juga di kalangan dunia bagaimana kehidupan mereka di bawah kaki Belanda terhadap warga lokal.



Maka terbitlah video diatas, sebuah video menghadapi perang dunia ke 2 ketika Sekutu menghadapi Jepang. Bahkan saat itu Jepang memberikan janji-janji manis kepada Indonesia tentang kemerdekaan, kemandirian dan kemakmuran.

Disinilah pihak sekutu memberikan video diatas, dimana Indonesia yang disebut warga lokal dari penduduk Hindia Belanda hidupnya makmur. Tidak ada diskriminasi, keadaan sosial, ekonomi, budaya, agama dan pendidikan dibawah pemerintahan Hindia Belanda semuanya terlihat adil.

Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda

Bagaimana buruh-buruh pekerja di pabrik diberikan gaji yang cukup, warga lokal dapat berkarir di banyak bidang bahkan berbaur dengan warga Belanda yang memberikan kebebasan untuk warga lokal menentukan karirnya sendiri.

Kekayaan alam Indonesia juga disinggung, dimana banyak barang tambang dan rempah-rempah yang bisa memberikan kemakmuran Hindia Belanda di masa depan.

Dengan sistem yang adil seperti itu maka warga lokal yang berbaur dengan Belanda, Amerika, Inggris alias Sekutu akan siap mengusir Jepang dari tanah nusantara. Baik di darat maupun laut, baik di hutan maupun di kota, Hindia Belanda telah siap menghadapi perang terhadap Jepang.

Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda

Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda

Terlebih kota Batavia adalah kota modern, yang selalu memberikan pelayanan yang up to date. Maka pihak warga lokal atau Indonesia jelas akan membantu Hindia Belanda.

Tapi endingnya seperti kita tahu Jepang mendarat ke Indonesia disambut gembira oleh masyarakat, karena propaganda Jepang berhasil memberikan janji manis tentang persamaan hak.

Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda

Seperti sebutan "saudara tua" hingga Radio Tokyo sering memutar lagu "Indonesia Raya" selain "Kimigayo", lagu kebangsaan Jepang karena mereka setara dan bendera Indonesia pun boleh dikibarkan sejajar dengan bendera Jepang.

Bahkan memberikan catatan bahwa produk Jepang, akan di jual dengan harga yang murah. Tentunya janji Jepang lebih diterima masyarakat, yang sudah bosan dengan pendudukan Belanda. Bahkan bahasa Indonesia diperbolehkan menjadi bahasa utama, serta membebaskan tokoh nasional seperti Soekarno, Hatta, dan Sjahrir yang sebelumnya diasingkan Belanda.

Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda

Warga lokal diberikan hak untuk duduk di pemerintahan Jepang di Indonesia, tentu saja bagi politik Indonesia itu sebuah langkah maju untuk menuju kemerdekaan. Terbukti, kita kesampingkan dulu masalah kejamnya Jepang, namun ketika Jepang kalah orang-orang Jepang ada yang mendukung dan membantu kemerdekaan Indonesia, bahkan ada juga yang membantu melawan agresi militer sekutu dengan persenjataan mereka.

Setidaknya inilah politik yang penuh propaganda, sekarang pun masyarakat dijejali banyak berita hoax dan tipu-tipu atau berita pencitraan. Kemakmuran dan keadilan masih menjadi jualan para elite politik, entah sampai kapan janji manis itu dibuktikan. Karena makmur dan adil hanya khusus untuk mereka yang punya uang saja, mau kaya hasil dari korupsi atau ngepet pun penguasa seperti tutup mata.

Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Kemakmuran Di Film Propaganda Sekutu, Sebelum Invasi Jepang Ke Hindia Belanda



profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
kenyataannya bule barat jauh lebih biadab dari jepang
menjajah asia,afrika,timur tengah,pasifik dll
genosida pribumi amerika/kanada/australia/selandia baru dll
rampas tanah pribumi amerika/kanada/australia/selandia baru dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
"Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri"
profile-picture
profile-picture
luvchelsea dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
If you don't read the newspaper, you're uninformed. If you read the newspaper, you're mis-informed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nganu gan, mirip prinsip : bini tetangga mmg selalu keliatan lebih semok.

emoticon-Leh Uga

Sama2 penjajah, bedanya yg satu dah ratusan tahun, yg satunya lagi baru mau masuk.

Dasar sukanya nyoba2, jd pilih yg baru.
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Intiny sekarang ini, penjajahan itu udah modern dengan berkembang nya Korupsi, pungli dimana-mana..
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Ya biasalah pd saat itu.... Wajar jk ada bnyk video2 spt itu, gan.....
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Politik Indonesia masih sama dengan saat datangnya jepang. Bosan dengan belanda, pilih yang "baru".

Sekarang sama, bosan dengan rezim yg ada pilih rezim baru. Lihat saja bagaimana gusdur, sby dan jokowi bisa naik. Mereka menawarkan "profil baru". Kalau mega dulu naik, wntah gimana caranya emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Mewek
mengapa selalu diawali dengan janji maniss yang akhirnya berujung pahittt....
memang lidah tak bertulang...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Zaman Jepang kelebihan nya kita dikasih keleluasaan lebih untuk berpolitik. Kemudian Jepang juga membentuk angkatan bersenjata pribumi PETA yg akhirnya menjadi cikal bakal lahirnya TNI.

Makanya ketika Jepang mundur kita lebih siap untuk merdeka karena udah terbentuk landasan politik yg kuat ditambah angkatan bersenjata yg udah terbentuk.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Belanda flying dutchman sekelompok manusia jahat yang menjadikan pribumi nusantara sebagai binatang, contoh terkenal cut nyak dien yang asingkan seperti kambing di penjara kecil, sengaja dibuat sakit hingga gugur....

Menghapus identitas nusantara dengan membuat kluster dengan nama belanda seperti sekolah dan transportasi, membuat kasta di birokrasi dan menjarah sda dan hasil bumi...

Untung dai nippon sang cahaya Asia datang mengusir belanda dungu hingga ke rumahnya.....

Kalo gak ada pd2 Indonesia udah jadi negara buruh yang hasilnya diangkut ke holland yang pake embel embel negara bersih dan Makmur.....

Sedangkan nusantara jadi negara kotor polusi dan SDM cacat dan sakit sakitan emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
tokoalshop dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Seperti film khas buatan US. Film yg dibuat tahun 1941, dimana tanah Belanda sudah hancur oleh Nazi.

Kalaupun film ini dijadikan alat propaganda akan tidak worth it.
Akses melihat film tidak semua pribumi bisa menontonnya, masih efektif poster dan radio.

Pribumi dari golongan terpelajar juga gak akan terpengaruh dengan film ini. Jauh sebelumnya mereka sudah tahu paham akan kondisi kekayaan bumi Nusantara.

Sementara Jepang datang di waktu yg tepat. Propagandanya juga lebih menarik bagi pribumi. Sampai agama juga dijadikan alat propaganda untuk menarik simpati pribumi. Penjelasan lengkapnya ada di thread ane berikut:

Kisah Sukses Jepang Menduduki Hindia Belanda Sampai Propaganda Kaisar Menjadi Muslim
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Jangan lupa salah satu cikal bakal TNI ada Heiho dan PETA yang jelas jelas bentukan Jepang emoticon-Beloemoticon-army

Quote:

Quote:


Quote:
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Penjajah lokalnya ga d itung juga?

Bangsa ini d jajah oleh bangsa asing dan bangsa pribumi sendiri...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Klo keluarga kakek ku dari ibu dulu ya memang kerja di pemerintahan kolonial belanda, namanya pns ya pasti dapat fasilitas, pas jepang datang ya berhenti smentara sekalian sembunyi 😂 tapi ya alhamdulillah pas nkri merdeka, negara berbaik hati, keluarga kakek ku diperbolehkan join ke pemerintahan ri 🤘 ada yg ke tni, polisi, dan bumn jaman itu.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Amitabaaa...

Ane paling benci dengan kata propaganda dan perang...
Hisss... Gila kekuasaan dan kekayaan.. Amitabaaa....
Amitabaaa..

Yuk sudahi segala perang dengan latar belakang apapun... Lelaahh adek..
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Quote:


tahun 40an ketika Jepang menguasai Indonesia, Jepang bikin propaganda2 buat pakai bahasa Nippon

sekarang enggak perlu di propaganda2 segala udah banyak yang Wibu

terbukti Jepang lebih sukses menjajah dunia dengan Budaya daripada dengan Senjata

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kira kira skrg masih ada gak yah tuh filenya.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
belanda kalah dalam adu propaganda ama jepang karena udah banyak bukti yg diakibatkan oleh semena menanya mereka terhadap rakyat pribumi.. sedangkan jepang blm ada bukti sama sekali ditambah pula janji yg teramat manis untuk didengar, jadilah banyak rakyat pribumi yg pro jepang.. andai dulu jepang juga udah pernah menjajah dulu sebelumnya.. pasti rakyat pribumi bakal lebih condong ke belanda.. menurut ane sih gitu.. hehe
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Udah pernah liat videonya ganemoticon-Cool

Tapi gambar2nya mirip kayak propaganda Sovietemoticon-Leh Uga
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh rubah007
Kalo jaman sekarang propagada agama ya akhi.

emoticon-Traveller
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di