CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ban BIAS Lebih Merusak Aspal Dibanding Ban Radial, Apakah Benar?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609feac3d1c1a717911af65f/ban-bias-lebih-merusak-aspal-dibanding-ban-radial-apakah-benar

Ban BIAS Lebih Merusak Aspal Dibanding Ban Radial, Apakah Benar?

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar ban BIAS atau ban benang yang dirumorkan lebih merusak aspal dibanding radial.

Ban BIAS Lebih Merusak Aspal Dibanding Ban Radial, Apakah Benar?




Ada rumor bahwa ban BIAS, atau yang biasa disebut ban benang karena terbuat dari benang nilon, lebih merusak aspal jalanan dibanding ban radial atau biasa disebut ban kawat.

Yang namanya rumor, pasti Gansis akan bertanya-tanya. Apakah rumor bahwa ban BIAS, atau ban benang lebih merusak aspal? Nah, ane akan menjawabnya di thread ini.

Ban BIAS Lebih Merusak Aspal Dibanding Ban Radial, Apakah Benar?




Jawabannya, yup, memang benar. Ada 2 faktor yang memengaruhinya Gansis. Secara lebih detail, ane sebagai TS dari thread satu ini akan membahas 2 alasan tersebut dibawah ini.

1. Faktor Ukuran Tapak Ban

Ban BIAS Lebih Merusak Aspal Dibanding Ban Radial, Apakah Benar?
sumber gambar


Yup, memang ukuran tapak ban dari ban BIAS yang umum dijumpai pada truk-truk di Tanah Air lebih kecil. Entah siapa dan mengapa hal ini terjadi, tetapi yang jelas umumnya ukuran tapak ban BIAS lebih kecil.

Jika ukuran tapak dari suatu ban lebih kecil, maka tekanan yang diterima jalan akan semakin besar. Coba saja bandingkan suatu pisau yang sudah diasah dan yang belum diasah, yang belum diasah akan sulit untuk digunakan tetapi yang sudah diasah relatif lebih mudah untuk digunakan.

Ban BIAS Lebih Merusak Aspal Dibanding Ban Radial, Apakah Benar?




Tetapi, hal ini bukanlah perbedaan mendasar dari ban radial dan BIAS. Sebab, kedua jenis ban tersebut hanya berbeda pada konstruksi saja. Ban radial bisa saja bentuknya dibikin seperti ban BIAS yang umum beredar di Indonesia. Sebaliknya, ban BIAS juga bisa saja dibikin bentuknya seperti ban radial. 

2. Faktor Dinding Ban

Ban BIAS Lebih Merusak Aspal Dibanding Ban Radial, Apakah Benar?sumber gambar


Nah, inilah alasan utama mengapa ban BIAS lebih merusak aspal. Dinding ban. Atau tepatnya, dinding ban BIAS/ban benang yang lebih keras ketimbang ban radial, karena memang bentuk konstruksinya berbeda.

Konstruksi dari ban BIAS yang menyilang dan lebih tebal membuat dinding ban tersebut lebih kuat. Lebih kuat berarti lebih merusak aspal jalan pula. Ibarat seperti memukul sebuah karet dengan palu pada tanah keras lalu dibandingkan dengan memukul sebuah batu dengan palu pada tanah keras, lebih merusak yang mana?

Ban BIAS Lebih Merusak Aspal Dibanding Ban Radial, Apakah Benar?




Perlu diketahui bahwa ban BIAS memiliki konstruksi yang menyilang dengan jalinan benang pada atas ban dan tak memiliki jalinan kawat. Memang, hal ini membuat ban BIAS lebih kuat untuk melewati jalanan rusak, tetapi jalanan rusak akan semakin rusak apabila dilewati oleh truk yang ber-ban BIAS.

Tetapi, tentunya faktor utama yang menyebabkan jalanan rusak adalah muatan yang overload, bukan ban BIAS maupun Radial. Sebuah truk dengan ban Radial dan muatan overload akan lebih merusak aspal dibanding sebuah truk dengan ban BIAS dan muatan tidak melebihi beban maksimal diatas kertas.

Ban BIAS Lebih Merusak Aspal Dibanding Ban Radial, Apakah Benar?



Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 1
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
SoupAyam dan 5 lainnya memberi reputasi
Ane rasa yang merusak aspal itu :
1. Muatan melewati batas
2. Curah hujan
3. Kepadatan lalu lintas.
Cmiiw.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ediptyaa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg merusak jalan tu mental korup:
1. Merencanakan jalan g sesuai.
2. Bikin g sesuai.
3. Jembatan timbang g dipake.
4. Overload tetep bisa jalan.
5....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AirFie dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Harusnya lewat jalan2 aspal yang ada polisi tidurnya, wara wiri,, wara wiri jalan mulus dikasih gundukan, hancurin sekalian.
profile-picture
profile-picture
ifeliachorling dan jlamp memberi reputasi
sebenernya karena kualitas jalan di indo aja yg jelek.. pengaspalan aja cuma ala kadarnya yg penting tampak mulus sementara tp ntar muncul lubang cuma ditambal doang.. walopun peran ban jg berpengaruh tp itu emang udah sewajarnya kendaraan besar yg bawa muatan banyak harus pake ban yg kuat.. kalo engga ntar sering pecah ban lagi...
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kerusakan jalan itu lebih sering terjadi karena 3 hal, yaitu :
1. Karena kelas jalan tidak sesuai dengan beban jalannya.
2. Karena konstruksi jalan yang tidak baik atau tidak sesuai dengan kelas jalan.
3. Karena faktor alam seperti tanah tidak stabil atau curah hujan yang tinggi, sehingga mempengaruhi kekuatan konstruksi jalan menahan beban beban jalannya.

Pemilihan ban bias pada ban truk itu karena ban bias terbukti lebih mampu menahan beban berat daripada ban radial sehingga lebih aman dan sesuai digunakan pada kendaraan berat. Dalam pembuatan ban, produsen juga sudah memenuhi standar tertentu agar ban tsb aman digunakan dan bisa dipasarkan di dalam negeri atau ekspor. Bisa dilihat di dinding ban ada tanda standar industri SNI, DOT atau ECE.
Jadi jelas bahwa pemilihan ban bias pada kendaraan berat itu karena memperhatikan faktor payload dan safety serta tidak ada kaitan antara konstruksi ban bias dengan tingkat kerusakan aspal jalan karena ban sudah dirancang dengan aman sesuai dengan jenis dan penggunaannya di jalan aspal. Kerusakan aspal jalan lebih cepat terjadi bila kelas jalan tidak sesuai dengan beban jalannya.
profile-picture
jlamp memberi reputasi
lebih ke muatan yg bikin rusak bree.. di kir nya max 8 ton mentang" mobil kuat angkut 10 ton ya di kasih muatan 10 ton.. itu sering terjadi di mobil logistik manapun..

bukan mikir kekuatan jalan tapi lebih mikir ke kekuatan mobil kalo perusahaan angkutan mah..

kena palak petugas ya tinggal kasih 20 - 50 rebu yang mana udh di siapin sama pihak perusahaan pas kalkulasi uang jalan sopir ke daerah tertentu
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bobcat Its small size and its caterpillar tracks will enable you to work in confined and hard-to-reach places.
Diubah oleh redolance
Entah kenapa ane nangkepnya yang pada komen di atas gak sesuai sama konteks pembahasan yang membandingkan JENIS BAN mana yang LEBIH MERUSAK jalan raya bukan FAKTOR APA yang LEBIH MERUSAK jalan raya.

TS uda mantep sih penjelasannya yang memberi fakta dan analisa kenapa TS menganggap ban BIAS lebih merusak dari ban radial. Tapi yang komen malah ngalor ngidul soal cuaca dan mental korup emoticon-Hammer

Ibarat TS lagi membandingkan mana yang lebih tajam pisau dapur atau pisau silet, tapi yang komen malah bilangnya kalo pedang, parang dan belati lah yang tajam.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gag ada ban BIAS, gag ada bisnis vulkanisir... Ada yang pernah punya pengalaman nemu truk pecah ban?😂
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
yang merusak aspal itu ya korupsi
jadi sebaiknya gimana? apakah jangan dipakai lagi atau harus dilarang?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sering banget nih ngeliat jalan jalan di sekitaran pabrik yang rusak, pastinya gara gara ulah truck truck muatan ini nih yang super berat wkwk
Salah satu faktornya di ban, tp bnyk jg faktor lain yg mempengaruhi, contohnya kelembapan/curah hujan pasto struktur aspal jd lebih lembut terkikis air dan tergesek ban.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di