CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609f5146a161bf67f1794dd0/perang-dingin-saudi-iran--kenapa-arab-takut-iran

Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?


Bersama saya, dan....hy.
Quote:

Quote:


Revolusi Iran 1979
Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?
Gambar

Quote:

Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?
Gambar
Quote:

Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?
Gambar

Quote:


Perang Iraq-Iran 1980
Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?
Gambar

Quote:



Arab Spring 2011
Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?
Gambar

Quote:


Perang Saudara Suriah 2011-Sekarang
Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?
Gambar

Quote:


Perang Yaman 2014-Sekarang



Quote:


Tensi 2016
Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?
Gambar

Quote:


Konflik Palestina-Israel
Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?
Gambar

Quote:

Quote:



Quote:

Diatas adalah asal mula perang dingin Saudi-Iran semenjak revolusi Iran 1979 dan semenjak itu mereka menjadi kreator atau paling tidak menjadi aktor utama dalam perang saudara di Timur Tengah dengan tujuan menyebar dan menghalangi pengaruh. Kalau di negara MENA ada konflik, mereka berdua pasti akan mendukung kelompok-kelompok yang berperang untuk penyebaran pengaruh dan dan atau menghalau pengaruh.
Kapan berakhir? kita tidak tahu, tetapi mengacu pada preseden perang dingin AS-Uni Soviet, itu hanya bisa berakhir jikalau salah satu negara mengalami struggle ekonomi yang kemudian merambah ke masalah politik dan sosial. Sementara Saudi hingga saat ini ekonominya masih sama-sama kuat, begitu juga Iran. Lalu siapa yang benar dan siapa yang salah? belum ad ayang menang jadi kita belum tahu, hehe bercanda. Demikian.

Thank,

Saleum.

Sumber : tulisan pribadi
Referensi : kesini , kemari , kesini .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
armanke13 dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bintanghu
Halaman 1 dari 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Xaxon dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bintanghu
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Perang Dingin Saudi-Iran : Kenapa Arab takut Iran?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tokoalshop dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Akhirnya banyak habib ngungsi dimari

#eh emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elkadrun212 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Masalahnya Iran bisa nyerang Saudi pakai Militan Houthi, sebaliknya Saudi nggk bisa nyerang balik & terbatas memukul mundur Militan Houthi sj
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Banyak yaman mania di sini..emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
secer dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
negara² islam aja pade demen banget perang sodara
Negara-negara Arab di timur tengah kebanyakan selisih paham dan saling benci satu sama lain. Mirip-mirip kaya Indonsia jaman dulu yang membela daerahnya masing-masing dari penjajah.

Padahal kalo mereka semua bersatu, isu-isu kaya pendudukan Israel lebih mudah diatasin dan jadi kekuatan baru di region timur tengah. Lebih jauh mereka juga bisa kerjasama dengan Russia, China dsb buat menandingin blok barat yang solid.

Mungkin emang udah takdir "diatas" kalo negara-negara arab dan timur tengah engga pernah bersatu, setidaknya buat jaman sekarang ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang alasan Arab takut Iran.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
laksyahina memberi reputasi
nitip sendal gan
Kirain abis nyikat jendral Qasem Soleimani, Iran bakal kendor.... Eh malah makin ngegas...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
anehnya pas arab bantai yaman nda ada tuh berita islam arab bunuh islam yaman...
tapi kalo di negara lain kok diki2 bawa agama kalo jdi korban..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sistany dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sekarang gw tau kenapa wan abud bisa sampe kesini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awan.pagi dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
terus aja sampai keduanya musnah
Gile,,baru tau
profile-picture
arikasalaf memberi reputasi
Semua adalah urusan duit.

profile-picture
profile-picture
yanchespenda dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Nonton ini dulu aja :

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonyooi dan 2 lainnya memberi reputasi
Jangan sampai perang panas ya
Apakah nuklir Iran udah teruji kedahsyatannya? Ane nggak yakin nuklir Iran, Pakistan, India, Korut bisa bekerja dengan baik kalo diluncurkan ke negara musuh.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau tidak salah sih, negara di arab / timur tengah itu terbagi jadi 3 poros (bahkan 4 kalau israel dihitung sendiri)
1. Arab Saudi
2. Iran
3. Turki

dan hubungan 3 negara tersebut bisa dibilang kompleks seperti:
saudi benci banget ama iran, tapi turki & iran kadang akur
orang arab bisa dibilang benci ama orang turki dan sebaliknya
perihal israel sendiri, iran (musuhan), saudi (akur), turki (netral kadang juga akur)
perihal kurdi turki malah butuh iran, saudi bisa dibilang gak peduli
dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Xaxon dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di