CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609c03a6424fc60e2b338c42/strategi-minum-dan-makan-saat-lebaran-jangan-gunakan-aji-mumpung

Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

Lebaran menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga atau sahabat. Kumpul-kumpul tersebut tentu beserta sajian makanan dan minuman. Bahkan varian dan jumlah makanan dan minuman pada saat lebaran cenderung berlimpah.
 
Sebagian orang memang sengaja menyediakan makanan enak untuk tamu-tamunya. Bagi mereka, makanan enak merupakan upaya menghormati tamu. Apabila kita menjadi tamunya, tentu tidak enak menolak makanan dan minuman yang sudah terhidang.
 
Berikut berbagai strategi makan dan minum saat lebaran yang terhimpun dari berbagai narasumber ahli. Agan dan Sista dapat menerapkannya agar tidak makan dan minum berlebihan di hari lebaran.  
 
1. Pilih makanan yang paling diinginkan
 
Ada sekian banyak makanan dan minuman yang tersaji. Pilihlah makanan atau minuman yang paling kita inginkan saja. Tidak perlu makan ketupat opor ayam lagi jika di rumah sudah tersaji menu yang sama. Pilih makanan yang belum disantap, namun rasa dan gizinya lebih mantap.  
 Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

2. Makan Sedikit
 
Usahakan tidak kenyang sekali duduk. Makanlah dengan porsi sedikit-sedikit. Apalagi jika rute silaturahim masih panjang. Sebagian tuan rumah ingin sekali makanan dan minumannya yang terhidang dicicipi tamunya. Jadi cicipi saja sesedikit mungkin, meski makanan yang tersaji enak dan paling diinginkan.
 Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

3. Kurangi porsi kuah santan
 
Menu lebaran pada umumnya bersantan semisal opor ayam, rendang, ketupat sayur dan lainnya. Untuk makanan-makanan bersantan, lebih baik ambil porsi sedikit, begitu juga dengan kuahnya.
 
Opor ayam misalnya. Makan ayamnya saja dengan 4-5 sendok kuah, tidak perlu bercentong-centong seolah ayamnya ingin berenang di piring. Kuah bersantan mengandung kalori yang cukup tinggi juga. Maka dari itu batasi.  
 
4. Gizi Seimbang, Terapkan Konsep Isi piringku
 
Makanlah dengan menu seimbang apabila makan berat. Artinya cukup porsi makanan pokok, lauk pauk, buah dan sayur. Porsi makanan pokok dan sayur setara, sedangkan porsi lauk sama dengan buah.
 
Apabila di satu kunjungan silaturahim hanya tersaji makanan pokok dan lauk saja, maka sayur dan buahnya dipenuhi pada sajian di hidangan lain atau di rumah. Jangan sampai sajian karbohidrat saja yang mendominasi. Siap-siap berat badan naik esok hari.
 Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

5. Imbangi dengan minum
 
Minuman yang dimaksud air biasa. Bukan minuman manis apalagi minuman bersoda dan tinggi kalori lainnya. Sudah umum di rumah-rumah tersedia minuman kemasan cup plastik. Jangan tergoda minuman kaleng bersoda atau minuman manis berperisa. Ingat Agan dan Sisita sudah manis, jadi tidak perlu minuman manis lagi.
 Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

Itulah beberapa strategi minum dan makan saat lebaran. Simpan saja aji mumpung yang sudah kita kuasai sejak lahir. Aji mumpung cenderung mengikuti hawa nafsu. Bisa bikin lupa diri sehingga berat badan bakal naik beberapa hari lagi.  



Sumber foto
Foto menu lengkap lebaran dan semur jengkol Instagram.com/dapuruniola
Isi piringku faradiladputri.com
Foto lainnya freepik.com

Artikel rujukan


Sumber 1
Sumber 2









profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Sayangnya kalo udah hari H planing ini semua hilang entah ke mana ekwkwkwk
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

emoticon-Salaman
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Makanya abis ni syawalan
profile-picture
prabulayang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kemungkinan ga makan, tapi dicicipin aja, yah porsi icip icip emoticon-Hammer (S)
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
kudu pinter berstrategi sih, apalagi kalo yang dikunjungin banyak emoticon-Toast
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ahh slama msh ada space d perut mah masukin smua
Biar padat emoticon-Ngakak emoticon-army:
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Makan yang cukup saja jangan berlebihan gan, berhubung kalau berlebihan bisa berabe nanti perut dan tubuhmu. Selanjutnya untuk lebaran memang biasanya orang tidak menjaga pola makannya.
profile-picture
Kokonata memberi reputasi
bawa kantong kresek....emoticon-Ngacir
Mumpung lebaran, semua makanan yg khas lebaran dimakan emoticon-Big Grin.



Kenangan masa kecil yg pengen diulang emoticon-Big Grin
profile-picture
randall007 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
klo makan jangan rakus bisa mencret/diare
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Menu pertama langsung ayam opor tadi bre emoticon-Hammer2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Makan secukupnya saja jangan sampai habis makan kolesterol malah naik....makan yang seimbang itu penting demi kesehatan kita juga.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
musim lebaran siapin....

simvastatin 20 mg / sebelum tidur
alupurinol 300mg / sebelum tidur
metformin 500 mg / setelah makan





emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
totoruminta dan rajkapoor memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Wow kalap mendadak ngaB emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak




emoticon-Om Telolet Om!
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nggak aji mumpung juga sih cuman kadang pas ketempat sodara selalu disuruh makan dan gak enak buat nolaknya
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
minum air putih banyak biar kenyang duluan sebelum keliling.. tp namanya lebaran dh kenyang pun ttp di paksa suruh makan.. mau ga mau ttp hrs icip2 mumpung orang2 lg pd Baik bagi2 makanan emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
tadi dari pagi sampe siang aja ane udah makan 3 kali... emoticon-Smilie agak khilaf memang wkwk
Susah menghindari godaan makanan2 yg adanya setahun sekali gini. Yg penting tau batesan kapan harus berhenti makan
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
wkwkk ini sih kayaknya susah semua buat dilakuin kalo lagi lebaran, pasti bakalan menyerbu makanan yang ada
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener banget nih, soalnya kalau bocil2 kadang ambil sana ambil sini endingnya mencret mencret...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di