CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / REGIONAL / All / ... / Solo /
Air Terjun Seribu Tangga Nan Eksotis, Grojogan Sewu Tawangmangu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609bf37cbc2c0070201ae41c/air-terjun-seribu-tangga-nan-eksotis-grojogan-sewu-tawangmangu

Air Terjun Seribu Tangga Nan Eksotis, Grojogan Sewu Tawangmangu

Assalamualaikum ....
Kulo Nuwun Agan lan Sista ....
Ane harap semua dalam kondisi sehat wal Afiat, tak kurang satu apapun.

Air Terjun Seribu Tangga Nan Eksotis, Grojogan Sewu Tawangmangu
Sumber : dokumentasi pribadi


Kali ini, ane akan bercerita tentang kota yang mempunyai julukan Spirit Of Java yaitu Solo. Solo atau Surakarta adalah sebuah kota yang masuk wilayah Jawa Tengah, namun berbatasan dengan Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Solo buat ane tidaklah asing, justu Solo adalah kota tempat hati ane berlabuh, karena disitulah belahan jiwa ane berasal.


Air Terjun Seribu Tangga Nan Eksotis, Grojogan Sewu Tawangmangu
Sumber : dokumentasi pribadi


Solo atau Surakarta sering dikenal sebagai jantungnya Jawa. Selain karena budaya dan adat istiadat yang njawani banget masih subur lestari, Solo juga mempunyai banyak tempat wisata yang keren, eksotis dan pastinya instagramable.


Air Terjun Seribu Tangga Nan Eksotis, Grojogan Sewu Tawangmangu
Sumber : disini


Salah satu tempat wisata yang menarik adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Pastinya Gansist sudah familiar dengan Grojogan Sewu. Grojogan yang artinya air terjun dan Sewu artinya seribu. Namun, apakah Gansist sudah pernah datang berkunjung ke lokasi secara langsung? Jika belum, berikut ane tuliskan beberapa hal mengenai Grojogan Sewu Tawangmangu, yang pernah ane sambangi secara langsung. Cekibrut yaaa ....


1. Lokasi
Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sebuah air terjun yang masih berada di kawasan Gunung Lawu. Posisinya berada di timur kota Solo, masuk kabupaten Karanganyar. Sekitar 30 km dari pusat kota Solo dan 15 km dari rumah ane di Karanganyar. Area pegunungan dengan hawa yang sejuk. Jalan berkelok-kelok dengan hamparan kebun teh yang indah menghijau. Rute dari Solo adalah start terminal Tirtonadi masuk Matesih Karanganyar sampai terminal Tawangmangu. Jika berangkat dari Karanganyar kota, melewati matesih dan Karangpandan.


Air Terjun Seribu Tangga Nan Eksotis, Grojogan Sewu Tawangmangu
Sumber : dokumentasi pribadi

2. Tiket Masuk
Tiket masuk ke area air terjun Grojogan Sewu, jika hari biasa tidaknya begitu mahal, berkisar antara 15-20 ribuan per orang. Namun, jika Gansist mendatangi pada saat libur sekolah atau libur lebaran seperti saat ini harga tiket masuk berkisar 24-30 ribu. Lain lagi jika Gansist adalah wisatawan mancanegara, kena tiket yang lumayan mahal, lho. Sekitar 110-150 ribu.

Tiket parkir masih wajar, untuk mobil adalah 10 ribu dan motor 3000.


3. Transportasi
Untuk transportasi, jika Gansist berniat menggunakan sarana umum dan berangkat dari terminal Tirtonadi, bisa menggunakan bus, salah satunya adalah Bus Rukun Sayur, ongkos ke lokasi terminal Tawangmangu sekitar 10-20 ribu rupiah. Dari terminal Tawangmangu Gansist bisa menggunakan angkot/jasa ojek/jalan kaki juga bisa atau menyewa kuda juga bisa. Namun, sekarang tak perlu repot, Gansist bisa menggunakan jasa ojek online. Kalau ane sih, berhubung jarak dari rumah orang tua hanya sekitar 15 km, ane lebih suka memakai motor, sensasinya seperti sedang touring ke gunung, medan yang berkelak-kelok dan banyaknya tanjakan serta turunan membuat adrenalin lumayan terpacu.


4. Kuliner
Kuliner khas pegunungan yang dipenuhi udara dingin, wedang ronde salah satunya. Sensasi jahenya enak, segar dan hangat di badan. 1 gelasnya di hargain sekitar 8 ribu rupiah. Ada satu lagi kuliner yang khas banget, yaitu sate kelinci, 1 porsi sate kelinci seharga 20-30 ribu rupiah. Sebenarnya ada satu lagi kuliner yang ada disana, sate landak. Namun, ane ga pernah mencobanya, karena membayangkan binatang landak saat hidup sudah merasa eneg.

5. Panorama
Kalau ane boleh bilang sih, panorama Grojogan Sewu jos gandos deh. Air terjun setinggi 80 meter ini terletak di bawah, sedangkan pintu gerbang lokasi terletak di bagian atas. Untuk menuju lokasi Gansist harus meniti anak tangga sejumlah ratusan buah dan untuk kembali lagi pun Gansist harus meniti anak tangga yang banyak tersebut. Jika dijumlahkan sebanyak 1250 anak tangga. Mungkin itulah kenapa disebut Grojogan Sewu karena untuk menuju lokasi membutuhkan anak tangga sejumlah Sewu atau seribu lebih.

Air Terjun Seribu Tangga Nan Eksotis, Grojogan Sewu Tawangmangu
Sumber : dokumentasi pribadi

Air Terjun Seribu Tangga Nan Eksotis, Grojogan Sewu Tawangmangu
Sumber : dokumentasi pribadi


Disekitar lokasi air terjun, Gansist akan banyak menemui monyet yang bebas berkeliaran kesana kemari. Selain itu, disediakan pula sebuah kolam renang untuk anak-anak yang ingin berenang di kolam. Jika Gansist ingin berenang langsung di bawah air terjun juga boleh asal tahan dengan dinginnya air saja.


Air Terjun Seribu Tangga Nan Eksotis, Grojogan Sewu Tawangmangu
Sumber : dokumentasi pribadi

6. Mitos
Mitos yang berkembang di Grojogan Sewu adalah jika Gansist datang bersama pasangan ( pacar ) maka akan pegat alias putus. Apakah Gansist berani mencoba? Entah benar atau tidak, yang jelas ane pas kesana sudah punya pasangan halal plus berbuntut juga.


Air Terjun Seribu Tangga Nan Eksotis, Grojogan Sewu Tawangmangu
Sumber : dokumentasi pribadi

Demikian simpel review dari ane. Semoga bermanfaat bagi Gansist yang sedang mencari lokasi wisata alam di sekitar Solo yang ramah di kantong namun indah dipandang mata.


Sampai bertemu di thread ane selanjutnya.

Matur Nuwun


Sumber Tulisan : Opini Pribadi
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi dan tercantum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 13 lainnya memberi reputasi
Pejwan always
profile-picture
abahaquarius memberi reputasi
Terakhir ke grojogan sewu tahun 1999/2000 emoticon-Traveller
profile-picture
angga_nero memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Grojogan Sewu penuh kenangan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Udah lama gak ke sini. Dulu kalo ke grojogan sewu pasti mampir beli sate kelinci emoticon-Matabelo
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Salah satu Aor terjun keren, banyak memori di sana, hehehe
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pernah ke sana, ane takut sama monyet.

Pas turun menuju grojogan sewunya sih senang nggak berasa capek, pas balik ... Wadidowww dengkul berasa mau copot, kapok deh.
profile-picture
profile-picture
mintcandy12 dan VitaArkana memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane lebih doyan kulinernya yakni sate kelinci. Ntabs emoticon-thumbsup
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
tempat kenangan,selagi kumpul keluarga saat Nyokap masih ada. terakhir tahun 2005.
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pernah kesana 2 kali bre, tempatnya emang bagus sihemoticon-Traveller
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo sama Grojogan Sidoharjo jauh ya gan jaraknya?
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Turunnya sih senang,,, Mo pulang, naik nya hadeh...
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kok Mau ngeliat keindahan alam dari Tuhan aja pake bayar ya? Lucu ya negeri ini, morot duit dari bangsanya sendiri.


Ngaca dikit kek malaysia tuh , masuk penang nasional park kagak bayar , boleh kemping malah, tp ya harus registrasi klo misal ada apa2 kan bisa terdata. Keamanan terjamin dijaga pula 24jam.

Trus ada yg protes kome ane : "Eh jgn gitu dong, uang hasil retribusinya kan dipake utk pemeliharaan disana juga", lha trus anggaran dari pemerintah selama ini kemana? Dipake buat apa? Gak yakin tempat spt itu tdk ada anggaran dr pemerintahnya.

Dahlah , duit duit duit aja kalian pikirin.

Ups ane lupa jg, kadang mau sholat aja pake bayar. Iya, narok motor bentar aja ada kang parkir masjid minta duit, padahal dijaga jg enggak. Sama aja kek solat itu bayar jdnya emoticon-Malu (S)

"Yee 2rb perak aja pelit amat lu, jgn gitu dong.. " Woy elu jg hrsnya mikir, klo dgn ibadah aja ada oknum yg maunya begini, nih negara jelas2 udah dijajah ama bangsanya sendiri . Get the point!

emoticon-Traveller
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Diubah oleh terjengkang
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalau perjalanan jalan kaki sampai nanjak tangga yg banyak, gue nyerah. Lutut dah kopong
emoticon-Malu
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo tawangmangu suka nyate yg diterminalnya itu bre
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dah lama nggak ke sini jadi pengem ngadem kesini lagi dah
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Tiket masuk nya buat wisatawan mancanegara, lumayan mahal banget ya..
Unik juga ke air terjun nya harus gempor lutut dulu.. hahaha
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Poin ke-6 baru denger ada mitos pegatan kalo bawa pacar ke situ, cerita dibaliknya bijimana itu? 😁
Kalo ke candi prambanan ada mitos persis gitu karna dongeng yg melatari pembuatan candi tsb kan 😉
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
mata airnya dari mana nihh.... gunung lawu?
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantul....tempatnya bersih....sayangnya masih pandemi.....setelah pandemi harus didatangi ni tempat
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di