CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Harus Ucapkan "Maaf Lahir Batin" Saat Lebaran? Pada Saudara yang Baru Jumpa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609b9f84804327231c2a964c/apa-harus-ucapkan-quotmaaf-lahir-batinquot-saat-lebaran-pada-saudara-yang-baru-jumpa

Apa Harus Ucapkan "Maaf Lahir Batin" Saat Lebaran? Pada Saudara yang Baru Jumpa

Apa Harus Ucapkan "Maaf Lahir Batin" Saat Lebaran? Pada Saudara yang Baru Jumpa

Hai GanSis! Lebaran kini masih beda kawan! Berbeda dengan lebaran tahun-tahun sebelumnya. Apa perbedaan yang paling terasa? Betul, tidak bisa mudik.


For you info nih Agan dan Sista, Terkait dengan tidak bisa mudik. Kaskus Kreator sedang ngadain kompetisi menulis yang mengajak GanSis untuk ceritain tentang tempat kenangan yang biasa dikunjungi saat mudik. Itung-itung untuk pengobat rindu kampung halaman.


Berhubungan saya tergolong kaum yang tidak pernah mudik saat Lebaran. Tapi saya menangkap spirit lebaran tahun ini, yakni "kenangan". Mengenang momen lebaran yang paling diingat. Karena tidak bisa saling bertemu, maka yuk salurkan kerinduan itu lewat tulisan.


Tradisi sungkeman, atau maaf-maafan. Karena saya muslim yang tinggal di Indonesia, maka tradisi baku saat lebaran ya itu, sungkem kepada orang yang lebih tua.


Awalnya saya tidak ada masalah sama tradisi sungkeman ini. Hingga ada momen-momen award yang terjadi, atau bahasa Indonesia nya canggung. Kenapa begitu? Baca sampai bawah ya..



Quote:



Pernahkah GanSis mengalami momen demikian? Kalau saya pernah. Sampai saya mulai berpikir apa ucapan lebaran hanya/harus berupa "mohon maaf lahir dan batin"?


Apa tidak bisa ya diganti "selamat lebaran" saja? Haha, memikirkannya saja uda terbayang suasana jadi makin kikuk. Karena itu tidak umum.


Yang umum memang mengucapkan "mohon maaf lahir dan batin". Mungkin orang-orang memang memikirkan sisi tradisinya. Tanpa memperhatikan makna dan bahasa yang terkandung.


Mungkin saya saja yang overthinking. Mempersoalkan mengucapkan "mohon maaf lahir dan batin" pada orang yang tidak pernah berjumpa sebelumnya. Bagi saya itu agak aneh, belum lagi bingung mikir *ini manggilnya apa, kakek, paman, mas atau mbak *eh.


Oke GanSis, tambahan info saja. Terkait ucapan baik yang diucapkan saat lebaran, Rasulullah SAW mencontohkan: 


Quote:



Jika mau baca topik terkait ini lebih rinci secara Agama Islam, ini referensi atau bisa Googling mandiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh riandyoga
Halaman 1 dari 4
Sekarang silaturahminya "sehat sehat ya, masih corona" Gitu aja wkwkwk
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan riandyoga memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Makan makan
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Ganti mohon masker lahir dan batin aja gan
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Budaya kaya gini, budaya asli mana si
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Ganti nafkah lahir batin aja
profile-picture
profile-picture
riandyoga dan online.addict memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Oh, kalo bgitu... Selamat hari raya idul fitri..... Mohon maaf lahir dan batin ya, gan...... emoticon-Shakehand2
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Sunah nya:
- Taqobballalohu minna waminkum (untuk banyak org)
- Taqobballalohu minna waminka (sambil bersalam kpada laki2, yang muhrim tentunya)
- Taqobballalohu minna waminki (sambil bersalam kpada kepada perempuan yang muhrim tentunya)

Jawabnya:
Na'am, Taqobballalohu minna waminkum/minki/minka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riandyoga dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ya basa basi aja, daripada gigi kering senyam senyum doang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riandyoga dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
maksud sodara yg baru jumpa bijimane,
apa yg gak pernah ketemu selama berabad²
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoPro dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Justru baguslah .. masih banyak orang yang salah tp g ngerasa salah .. kagak mau minta maaf.
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Apa perlu ane tampol duluan baru minta maaf?
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Kalo yg jarang ketemu ane cuma sungkem sama selamat lebaran aja sih. Sugeng riyadi kalo dalam bahasa jawa wkwk
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Quote:


Waaah... Papa memang sangat bijaksana...
emoticon-Wagelaseh
Apa Harus Ucapkan "Maaf Lahir Batin" Saat Lebaran? Pada Saudara yang Baru Jumpa
profile-picture
profile-picture
riandyoga dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mohon maaf lahir batin ya gan sis emoticon-Salaman
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
halah paan sih
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Ya umumnya gitu sih masak pas salaman nanti nggak ada berucap apapun
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Mending ngomong maaf lahir batin bre. Daripada nanya "kemaren pilpress milih siapa?" emoticon-Smilie
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Subannalloh

*بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرحْمَنِ الرحِيْم*
*السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ*

Dipenghujung Bulan Suci ini, ijinkan dengan segala kerendahan hati, kami sekeluarga mengucapkan,
*Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H*,
Teriring doa,

*تَقَبلَ اللهُ مِنا وَمِنْكُمْ تَقَبلْ ياَ كَرِيْم*

*Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita, dan semoga kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun depan, Aamiin yaa Rabbal 'aalamiin 🤲🏻*

*Mohon maaf lahir dan batin* 🙏
*وَ السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ*




Taqabbalallahu Minna Waminkum, mohon maaf lahir dan batin 🙏🏻🙏🏻🤗😘
profile-picture
profile-picture
riandyoga dan secer memberi reputasi
Diubah oleh h.zhengweijian
Missing link emoticon-Betty

Ketemu aja ga pernah, tau jg enggak, tiba2 br ketemu minta maaf emoticon-Betty
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Diubah oleh terjengkang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo salaman2 sambil ngucap maaf lahir batin kayaknya itu tradisi di indonesia deh. Idhul fitri sendiri kan sebenarnya artinya "kembali makan" krn udah melalui puasa sebulan, makanya kita makan2, masak ini itu
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di