CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Perketat Larangan Mudik 2021, Pemudik Memilih Jalur Air?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609b80e68c881c42cb24d400/pemerintah-perketat-larangan-mudik-2021-pemudik-memilih-jalur-air

Pemerintah Perketat Larangan Mudik 2021, Pemudik Lewat Jalur Air?


 Awal Mei lalu terdapat 
dua unggahan berupa video dan foto yang menyebutkan adanya pemudik melalui jalur air karena jalur darat telah diperketat penjagaannya. Diperketatnya penjagaan jalur darat ini merupakan bentuk dari larangan mudik Lebaran 2021 yang sebelumnya telah diumumkan oleh pemerintah.

Video berdurasi 1 menit diunggah oleh akun Facebook Farmana Coa pada Rabu (5/5). Tangkapan gambar tersebut memperlihatkan tangkapan gambar sebuah kapal melalui jalur sungai dan dipenuhi oleh pemudik yang membludak.

Mudik lewat darat di jaga ketat dan di larang lewat ' terpaksa banting stirr ' mudik lewat sungai


Pemerintah Perketat Larangan Mudik 2021, Pemudik Memilih Jalur Air?

Sumber Foto: Kompas.com.

Unggahan ini sontak menyita perhatian warganet khususnya pengguna Facebook. Hingga Sabtu (8/5), video tersebut sudah mendapat 47 komentar dan 6.300 likes.

Di sisi lain dengan kasus serupa, sebuah foto menampilkan sejumlah orang berenang melalui jalur laut. Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Juju Damacai.

Di karnakan jembatan dengan tujuan surabaya madura (SURAMADU) di tutup.
Terpaksa PEMUDIK menggunakan jalur laut..
Nabeng aman ekoh...

Pemerintah Perketat Larangan Mudik 2021, Pemudik Memilih Jalur Air?

Sumber Foto: Facebook.  

Ia mengklaim bahwa foto tersebut adalah pemudik yang berenang menuju Madura karena jembatan Suramadu ditutup dampak dari larangan mudik 2021.

Seperti yang kita ketahui, pemerintah telah memberlakukan larangan mudik di tahun 2021 ini untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Namun, segelintir orang tetap tidak mematuhi larangan tersebut.

Lantas, apakah video dan foto tersebut dapat dibuktikan kebenarannya?

PEMERIKSAAN FAKTA

Hansip Hoax telah melakukan pemeriksaan fakta terkait informasi mengenai klaim Covid-19 tersebut dengan melansir dari situs [url=https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/08/203000665/hoaks-mudik-lewat-sungai-karena-jalur-darat-dijaga-ketat?page=all#:~:text=Kesimpulan-,Informasi%20yang%20menyebut%20bahwa%20pemudik%20melalui%20jalur%20sungai%20karena%20penjagaan,dengan%20pelarangan%20mudik%20Lebaran%202021.]Kompas.com[/url] dan Merdeka.com.

Video mudik jalur sungai yang disebar tersebut merupakan video lama yang diunggah pada 27 November 2013 silam, dan tidak ada kaitannya dengan pelarangan mudik Lebaran 2021.

Video itu pertama kali diunggah oleh akun YouTube Tebegaya Tampan dengan judul Journey to Sungai Ambawang 6yang merekam aktivitas warga sewaktu menaiki kapal dan melintasi sungai Ambawang di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Berikut video lengkapnya. 

Sedangkan untuk foto pemudik yang melalui jalur laut di Jembatan Suramadu tersebut adalah foto prajurit Marinir yang berenang menyeberangi Selat Madura pada tahun 2016. Jauh sebelum larangan mudik Lebaran 2021.

Pemerintah Perketat Larangan Mudik 2021, Pemudik Memilih Jalur Air?

Sumber Foto: Merdeka.com

Sama seperti wilayah lainnya di Indonesia, Kalimantan Barat, Surabaya dan Madura juga menerapkan pelarangan bagi masyarakat yang hendak mudik atau melakukan perjalanan.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum juga telah membenarkan bahwa jembatan Suramadu ditutup sebagai bentuk dukungan larangan mudik Lebaran 2021.

"Ini dilakukan untuk meminimalisir mobilitas masyarakat saat larangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, di tengah pandemi Covid-19," ujarnya pada situs Liputan6, Senin (3/5).

KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya Gan, berdasarkan pemeriksaan fakta yang dilakukan Hansip Hoax menyatakan bahwa kabar mengenai pemudik melalui jalur air tersebut adalah informasi yang salah alias Hoax.

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hansiphoax
Halaman 1 dari 2



Pemerintah Perketat Larangan Mudik 2021, Pemudik Memilih Jalur Air?


bahan fitnah dibuat tahun 2016

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan Jazed memberi reputasi
Diubah oleh boniedog2



emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Trus, yg nyebar gambar hoaxnya, ga dikarungin?

Klarifikasi wajib, karung jangan lupa dibawa..


emoticon-Leh Uga
Jalur aer ditutup, gali tanah yak mpret, demi mudik apapun jadih. emoticon-Ngakak
Quote:


Terimakasih sharingnya.
Saya turut mendoakan agar para pelanggar aturan dan tukang ngeyel akan aturan prokes dan aturan lainnya bisa terhindar dari bahaya covid19, tapi tolong jangan diulangi, kita perlu berjuang bersama untuk mengatasi covid 19 ini.

Minal Aidin wal faidzin untuk semua kaskuser apabila ada kesalahan dalam kata dan tulisan.

Wassalam. wr wb.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aluwungs dan 2 lainnya memberi reputasi
Gk hoax gk makan
Pada bae lewat laut kena sekat juga bre emoticon-Leh Uga
ya ampun sampe lewat air begituemoticon-Wakaka
Hahahaha hoaxnya gak ngotaxemoticon-Ngakak
intinya ada kesadaran masing2 individu, penyekatan hanya sarana aja
profile-picture
Somad.Monyong memberi reputasi
Seneng banget bikin hoax ya
Tidak semudah itu ferguso
Gue kira pakai bebek air gitu.
manfaat mudik apa to ?? kalo sekarang manfaatnya ketutup ama penyebaran covid yg makin menjadi-jadi ..

kalo pake alasan sudah g ada kerjaan ,ngapain kagak dari kemaren2 ,ngapain nunggu momen lebaran aja ..

ngomong opo iki emoticon-Hammer2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Udah pasti yg nerobos kadrun2 bebel laknatulloh

Pdhal udah jelas2 junjungannya kadrun si tengku Dajjul zulkarnaen tewas disantap kopid

Nabi Muhammad sendiri perintahkan jgn keluar masuk kalo ada wabah. Malah diabaikan

Entah siapa sebenernya yg dijunjung dalam endas kopongnya kadrun ?? Taik cepiritnya dajjal mungkin

emoticon-Betty
profile-picture
yurikaede memberi reputasi
Banyak juga yang lolos jalur darat
Lewat jalur laut kaya mafia hongkong emoticon-Ngakak
Coba mukanya mirip India atau China pasti boleh lewat emoticon-Smilie
Terlalu barbar sih kalo berani mudik sampil renang dari surabaya ke madura.. emang kuat renang sejauh 5km? Tentara aja kesusahan apalagi orang biasa.. udah tenggelam kayanya wkwk
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di