CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Didik J Sebut Buzzer Tutupi Kesalahan Penguasa: pada Saatnya, Roboh dalam Sekejap!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609a3cd547967727ef2a70c1/didik-j-sebut-buzzer-tutupi-kesalahan-penguasa-pada-saatnya-roboh-dalam-sekejap

Didik J Sebut Buzzer Tutupi Kesalahan Penguasa: pada Saatnya, Roboh dalam Sekejap!

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Didik J. Rachbini memberikan komentarnya terkait isu pendengung atau buzzer.

Hal itu ia sampaikan sebagai balasan atas cuitan seorang warganet pemilik akun @NKoeSaja yang bertanya perihal bagaimana cara memberantas para buzzer yang bekerja untuk penguasa.

“Kalau buzzersnya kerja untuk penguasa, ngeberantasnya gimana? Dipepet dikit bisa2 yg mepetnya yg dikepruk,” kata warganet tersebut.

Menanggapi hal itu, Didik Rachbini kemudian menjelaskan bahwa para buzzer tersebut sudah sangat dominan dan hampir tidak bisa diredam.

“Buzzer ini sudah sangat dominan dan hampir tidak ada yang bisa mengalahkan,” tulis Didik Rachbini seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari akun Twitter-nya @DJRachbini
pada Senin, 26 April 2021.

Dengan demikian, lanjut dia, muncul sebuah istilah bernama ‘Digital Dictatorship’.

“Sehingga bisa berwujud yang keren istilahnya digital dictatorship,” tuturnya.

Menurutnya, istilah tersebut diberikan karena para buzzer tersebut bisa berbuat apa pun, termasuk menutupi kesalahan dan membuat hal yang represif terkesan biasa saja.

“Karena bisa berbuat apa saja, menutupi kesalahan apa saja, membuat yang represif menjadi biasa,” ujarnya.

Ia pun menerangkan bahwa buzzer adalah entitas ekstra legal di dalam demokrasi yang ‘dipelihara’ oleh penguasa.

“Buzzer adalah entitas ekstra legal di dalam demokrasi, yang dipelihara oleh penguasas dan merusak demokrasi,” tutur Didik Rachbini.

Baca Juga: Sentil Jokowi dan Moeldoko Soal Buzzer dengan Narasi Bodoh, Rizal Ramli: Inilah yang Bikin Mas Tidak Populer!

Tidak hanya itu, ia juga menegaskan bahwa para buzzer tersebut digunakan penguasa untuk menopang kekuasaannya.

“Buzzer bukan civil society, bukan juga negara, tetapi dipakai oleh penguasa untuk menopang kekuasaannya,” katanya.

Lebih jauh, ia menegaskan bahwa sebuah kekuasaan yang berdiri di atas kekuatan buzzer akan mudah roboh dalam sekejap.

Sekali lagi saya tekankan, kekuasaan yang berdiri di artas kekuatan buzzer meskipun besar dan raksasa tetapi pada saat rubuh gampang rubuh dalam sekejap,” ucapnya

https://depok.pikiran-rakyat.com/nas...sekejap?page=3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
jaman dulu ngga kuat didebat pake fakta = dituduh komunis
jaman sekarang ngga kuat didebat pake fakta = dituduh buzzer

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Prediksi ane sih nanti di 2024 rejim Joko akan cerai berai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyunf dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Kalo udah kalah sih kalah aja. Gak usah teriak bizzar buzzer. Memangnya pihak lawan pemerintah gak ada buzzer ? Nunjuk kok 4 jari berbalik ke diri sendiri

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh khususfilm
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ya wajar, yang nggak setuju sama ente itu kalau bukan kopir ya anjim ya bajer.
gitu kan?emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 4 lainnya memberi reputasi
Bahasanya cuma ada 3
Tapir, bajer sama pekai
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iya in aja, dia ud plg benar sejagat, ga boleh salah 😒
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan i.am.legend. memberi reputasi
Jangan lupa pilih hidayat nurwahit dan didik rachbini sebagai gubernur dan wakil gubernur jakarta ya bray
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 3 lainnya memberi reputasi
Semua pihak pake buzzer kok, gak cuman penguasa doang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 6 lainnya memberi reputasi
Dipikir mereka yg bela pemerintah itu semuanya buzzer bayaran gitu?
Otak ente taroh maneee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Ekonom jadi pakar buzzer
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 3 lainnya memberi reputasi
Padahal si Didik Sendiri jatohnya jd Buzzer, Kalo emang debat ya debat ajah gak usah teriak bujar bajer, Tunjukin ajah kelemahan Pemerintah tp pake data dan fakta Real, jangan pake kepentingan Politik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
ngaku ekonom, tapi yg diurusi buzzers, malu gak tuh sama profesi ekonom? ekonom mah ngurusi data dan fakta, gak ada urusan sama buzzers.
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Simpatisan jkw lebih banyak dari bajer apbn tak akui, gimana mau kritik klo gitu situasinya dunia digital dikuasai bajer apbn dan non apbn
profile-picture
gesermeja memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalah didunia maya trus mewek. Memalukan hahaha
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan bontakkun memberi reputasi
Innallilahi wa innalilahi rojiun, telah berpulang ke rahmatulloh, guru kitak, ayahanda kitak, ustadz kita KH.Tengku Dzulkarnaen disebabkan oleh kunjungan tentara alloh saat safari dakwah di riau.

Semoga dilapangkan kuburnya dan keluarga yg ditinggalkan diberi kekuatan, almarhum dimakamkan sesuai protocol Covid sehingga tidak bisa disholatin berjamaah.

Ummat diingatkan untuk selalu menjaga kesehatan dan protocol covid, kenakan masker kalo mau mudik dan sholat berjamaah..amin2 YRA emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 3 lainnya memberi reputasi
Oohh...

Cuma opini...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 3 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Periode 1,
Periode 2 sampai sekarang
itu pun kegoncang pandemi & resesi ekonomi

belum roboh2
padahal katanya kalo pondasinya buzzer gampang roboh.

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yah liat aja kadrun2 yg suka komen di twitter yunarto, ade armando, liat postingan2nya, semua hina dan fitnah kafir, pemerintah, cina. Buzzer islamist menjijikan, bela agama dengan fitnah dan kata2 kotor, kaya pengikut setan!
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan galuhsuda memberi reputasi
Dick
wkwkwkkkkk
Sabar aja coy
2024 tinggal 3 taon lagi
Wkwkwkkk
Baru 2 taon udh nyerah ente ama bujer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 2 lainnya memberi reputasi
Menurut penerawangan Ane yg hobby tereak dan nuduh orang buzzer saat debat kalah justru adalah buzzer sejati.
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di