CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / REGIONAL / All / ... / Solo /
Wisata Wayang Kulit Tersembunyi di Solo! Warisan Budaya Bangsa!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609a2f969c6cf71b25485b69/wisata-wayang-kulit-tersembunyi-di-solo-warisan-budaya-bangsa

Wisata Wayang Kulit Tersembunyi di Solo! Warisan Budaya Bangsa!

Solo terkenal dengan budaya dan keseniannya. Luangkanlah waktu untuk menikmati keindahan budaya dan kesenian tersebut. Salah satu yang bisa kita nikmati dan direkomendasikan ketika berkunjung ke Solo adalah berwisata ke Sanggar Wayang Kulit Balai Agung. Kita tidak hanya mendapatkan nuansa seni dan budaya yang menyenangkan, tetapi juga diskusi-diskusi yang diselenggarakan di dalamnya.

Wisata Wayang Kulit Tersembunyi di Solo! Warisan Budaya Bangsa!

Kesenian wayang kulit merupakan kesenian tradisional Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Wayang berasal dari kata ‘Ma Hyang’ yang memiliki arti menuju kepada roh spiritual, Dewa atau Tuhan YME.

Pertunjukan wayang di Indonesia secara umum mengambil cerita dari Mahabharata dan Ramayana, namun ada juga modifikasi-modifikasi cerita ataupun tokoh yang dilakukan oleh dalang untuk keperluan dan kepentingan tertentu. Keindahan wayang kulit tidak hanya terdapat pada pertunjukannya saja, namun juga pada keindahan rupa dari kerajinan wayang kulitnya.

Wisata Wayang Kulit Tersembunyi di Solo! Warisan Budaya Bangsa!

Keindahan rupa dari kerajinan wayang kulit dan proses pembuatannya dapat kita temukan di Sanggar Wayang Balai Agung Surakarta. Sanggar ini berlokasi di Pasar Kliwon, Gajahan dan berada tidak jauh dari alun-alun kidul (utara) kota Surakarta. Gedung yang berada di bawah pohon beringin ini menyimpan harta karun pengetahuan yang tak ternilai. Siapa sangka di balik gedung yang terkesan tertutup ini pembuatan wayang kulit bisa dilihat mata telanjang.

Wisata Wayang Kulit Tersembunyi di Solo! Warisan Budaya Bangsa!

Tempat ini terbuka untuk dikunjungi wisatawan. Di sini juga bisa membeli wayang untuk oleh-oleh. Selain pembuatan wayang kulit, Balai Agung juga merupakan tempat belajar tempat pedhalangan. Tak hanya itu, lanjutnya, deretan gamelan juga bisa dibeli sebagai souvenir. Pada sanggar ini, pengunjung dapat menyaksikan proses pembuatan wayang kulit dari mulai proses pemilihan kulit, proses penggambaran pola wayang, perendaman kulit, pengukiran kulit, proses penambahan aksesoris, pengecatan dan finishing wayang.

Wisata Wayang Kulit Tersembunyi di Solo! Warisan Budaya Bangsa!

Balai Agung Solo telah lama dikenal menjadi produsen wayang kulit. Sejak tahun 80-an tempat ini menjadi satu-satunya produsen wayang kulit di Keraton Kasunanan Surakarta. Wayang Solo sendiri terdiri dari enam jenis, yakni Wayang Purwo, Wayang Madya, Wayang Gedhog, Wayang Klithik, Wayang Mena, dan Wayang Beber. Penjenisan wayang ini dibedakan menurut cerita atau lakon yang dibawakan oleh wayang.

Wayang Purwo menceritakan tentang kisah Mahabarata dan Ramayana, Wayang Madya berkisah tentang Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang, Wayang Gedhong tentang Babat Kediri, Wayang Mena dengan kisah dari Arab, Wayang Klithik merupakan wayang yang terbuat dari kayu, dan Wayang Beber yang merupakan wayang yang terbuat dari kain.

Dalam pembuatan wayang kulit terdapat dua proses penting, yaitu tatah dan sungging. Tatah merupakan proses pemahatan atau pengukiran ornamen-ornamen wayang pada kulit yang telah diproses sebelumnya. Sedangkan sungging adalah proses pewarnaan pada wayang yang telah ditatah Sebagai bahan produksinya, Balai Agung membuat wayang kulit yang terbuat dari kulit kerbau dari Nusa Tenggara.

Wisata Wayang Kulit Tersembunyi di Solo! Warisan Budaya Bangsa!

Dalam proses pembuatannya, wayang kulit membutuhkan waktu berhari-hari bahkan bulanan untuk menghasilkan satu karya, tergantung dari besar kecilnya wayang. Selain itu, ketelitian tinggi untuk membuat wayang kulit mutlak diperlukan. Ornamen-ornamen yang cukup kecil dan banyak membutuhkan kesabaran ekstra tinggi dalam membuatnya. Tak heran bila harga yang ditawarkan juga cukup mahal.

Selain melihat proses pembuatan wayang kulit, pengunjung juga dapat membeli wayang kulit di Sanggar Wayang Balai Agung. Harga wayang kulit di Balai Agung berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 10 juta tergantung pada ukuran dan jenis wayang. Wayang yang disungging dengan prodo emas harganya bisa dua kali lipat dari wayang biasa. Prodo emas adalah cat yang dicampuri kandungan emas 18 karat. Hasil kerajinan wayang Balai Agung mampu bertengger di berbagai negara Eropa seperti Belanda dan Jerman.


Quote:

Quote:


Terima Kasih

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Indonesia Bangga


Sumber:
Opini Pribadi
dan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
standalone17 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh biohazard89
Wayang kulit mahal juga ya.emoticon-Jempol
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Perlu dilestarikan nih budaya daerah seperti ini
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di