CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Fotokopi KTP Jadi Bungkus Gorengan, Ini Wanti-wanti Dirjen Dukcapil
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60991654c4ea5a10d7315b5d/viral-fotokopi-ktp-jadi-bungkus-gorengan-ini-wanti-wanti-dirjen-dukcapil

Viral Fotokopi KTP Jadi Bungkus Gorengan, Ini Wanti-wanti Dirjen Dukcapil

Viral Fotokopi KTP Jadi Bungkus Gorengan, Ini Wanti-wanti Dirjen Dukcapil


Beredar foto fotokopi KTP yang berakhir menjadi kertas pembungkus gorengan. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingatkan bahwa fotokopi KTP tak boleh sembarangan dibuang karena rentan disalahgunakan.

Dilihat detikcom, Senin (10/5/2021) foto fotokopi KTP yang dipakai sebagai pembungkus gorengan itu diunggah akun @edwin_basuki. Akun tersebut mengunggah fotokopi KTP untuk mengomentari cuitan soal keamanan data pribadi.







Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh turut angkat bicara soal fotokopi KTP menjadi bungkus gorengan ini. Dia meminta fotokopi dokumen kependudukan dimusnahkan bila tak terpakai lagi.

"Seluruh elemen masyarakat wajib menjaga kerahasiaan data pribadi. Maka saya mohon betul masyarakat untuk tidak mengaplod dokumen kependudukan di media sosial. Kepada lembaga atau instansi yang menggunakan fotokopi dokumen kependudukan seperti KTP-el atau pun Kartu Keluarga sebagai persyaratan pelayanan, agar segera dimusnahkan dengan mesin penghancur dokumen bila tidak terpakai lagi. Jangan dibuang begitu saja, sehingga bisa dimanfaatkan atau disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," kata Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/5/2021).

Zudan menjelaskan dokumen kependudukan yang berisi data pribadi sangat riskan disalahgunakan. Dia meminta Dinas Dukcapil kabupaten/kota agar selalu berpedoman dengan Permendagri No. 104 Tahun 2019 tentang Pendokumentasian Dokumen Kependudukan.

"Pendokumentasian berkas permohonan layanan disimpan dan diarsipkan untuk kemudian dimusnahkan jika sudah masuk masa retensinya. Untuk berkas manual saya minta agar dikonversikan ke dalam bentuk digital sebelum dimusnahkan. Untuk memusnahkannya bentuk tim dan buat berita acaranya," ungkapnya.

Zudan menyarankan kepada lembaga pengguna data Dukcapil agar tidak perlu memfotokopi dokumen kependudukan seperti KTP-el dan KK sebagai syarat pelayanan. Dia mengajak instansi memakai card reader.

"Gunakan card reader, atau bagi instansi yang belum bekerja sama segera mengajukan permohonan pemanfaatan data kependudukan kepada Dinas Dukcapil terdekat," jelasnya.

Zudan mengaku sudah menurunkan tim untuk meneliti dari mana berkas fotokopi KTP dan KK yang kemudian dijadikan bungkus jajanan makanan kaki lima tersebut berasal.

"Misal ada entitas bisnis yang mempersyaratkan fotocopy KK atau KTP bagi calon nasabahnya, apakah itu leasing, bank, perusahaan multilevel marketing, atau lembaga lainnya. Saya sekali lagi mengimbau agar berkas fotokopi itu untuk dimusnahkan. Dukcapil pun melakukan hal yang sama, kalo ada KTP-el rusak agar segera dibakar untuk menghindari masalah seperti ini," tegasnya.


Sumber





This is Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Viral Fotokopi KTP Jadi Bungkus Gorengan, Ini Wanti-wanti Dirjen Dukcapil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh InReaILife
Halaman 1 dari 4
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Kearifan lokal budaya bangsa!

Harus dilestarikan emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ik54n54 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
di bank aja masih foto copy... jadi elektroniknya di bagian mana ya? emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Meh, setau ana, kerja sama dengan dukcapil data kependudukannya cuma sekabupaten doang, ga nasional.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
kudu dilenyapkan klo fotokopi ktp, jangan dibwang sembarangan. Data diri soal nya, ada tgl lahir dkk bisa untuk unlock data akun di perusahaan2 tertentu. emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Dulu kabarnya ektp nggak boleh difotokopi karena ada chipnya. Bisa rusak kl sering difotokopi. Tapi ya yg minta fotokopi instansi pemerintah/negara sendiri.. emoticon-Big Grin Ngurus surat di kelurahan/kecamatan, daftar sekolah, daftar bpjs, dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.buky dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Perbankan, samsat, Capil, bpjs
Kelurahan dinsos kecamtan, disnaker

Kalo mau ngurus sesuatu, jangan lupa ktpnya fotokopi dlu,

Program sia sia, kemendagri
Apa bedanya yg skrg ama yg kertas jaman dulu???

Ayolah jokowi
Bikin yg bemer bener elektronik misalnya sacem etoll, flazz dll
Bisa isi saldo duit,dan sediain juga alat pembacanya di instansi intansi diatas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Konspirasi kartel konglomerasi pengusaha fotocopy di seluruh samsat, kelurahan dan kantor disdukcapil seluruh indonesia emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh h.zhengweijian
Udah ektp aja masih ribet....fotocopy ijlni itu....trs fotocopy kk.
katanya terintrigrasi...perpanjang pasport aja masih foto copy ektp,kk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ableseaman dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jurumudi75
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Namanya ktp elektronik tapi tetap saja diminta fotokopi ktp kayak ktp kertas
emoticon-Wagelaseh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
Bukan hal aneh sih klo Indonesia emoticon-Traveller

Katanya doang ektp, tapi urusan administrasi ttp aja fotokopi emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biohex dan 3 lainnya memberi reputasi
Aman kok tenang aj,kan chipnya ga ikut kefotocopy emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

Sempak gajah
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan jurumudi75 memberi reputasi
Chipset integrasi kan ke server,
Device nya masih manusia yang butuh "Biaya Administrasi " juga
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
thepacemaker dan nowbitool memberi reputasi
Diubah oleh komentatorsadis
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Percayalah
Semakin canggih
Semakin banyak pula celahnya
Ane bukan anti kecanggihan
Hanya mengingatkan
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
E-KTP, tp pelayanan msh aja jadul...
Msh byk pelayanan publik yg minta photo copy KTP..
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan tukangkritikht memberi reputasi
Kalo ga pake fotokopi ya ga ada ceperan gan

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Indonesia tuh gampang beli teknologi, yang susah tuh penerapan lebih jauh dan perawatannnya.

Masih inget kan proyek e ktp skandal sampai trilliunan dan pengejaran pelaku skandalnya sampai jadi drama dan meme...

Sedih w, orang Indonesia agamanya yg islam kuat doa tapi kenapa kasus korupsi tuh kenceng banget?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biohex dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
duh.. ane tadi lupa bawa access card ke kantor, eh tuker ktp ane bre emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
GG syu..untung ga jdi gantungan kunci motor
Nek aku yo tak lebokke shredder lah emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh MirrorBoy
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di