CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6096f2d90148232d66383210/klarifikasi-mendag-perihal-pidato-jokowi-tentang-bipang-ambawang-menu-khas-kalimantan

Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan

Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
Mengenal Bipang Ambawang, makanan khas Kalimantan yang disebutkan Presiden Jokowi saat pidato


Indonesia, terdiri dari banyak sekali daerah yang tersebar dari ujung pulau terbarat hingga ujung pulau paling timur.
Memiliki ragam adat kebudayaan, agama, seni, bahkan juga makanan khas tradisional yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Di tengah keberagaman yang mewarnai Indonesia yang kaya ini, tentu saja kita semua harus ikut bangga ya GanSis.
Sebab meskipun kita berbeda daerah dengan suku-suku yang juga tidak sama namun kita menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan di bawah Bhineka Tunggal Ika.

Membahas tentang perbedaan, persamaan, dan rasa cinta terhadap daerah-daerah yang ada di Negara kita Indonesia, tengah heboh diperbincangkan salah satu makanan khas dari daerah Kalimantan karena pidato dari Presiden Jokowi yang penuh kontroversi.


Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan


Di dalam pidato Presiden Jokowi yang diunggah oleh akun YouTube resmi Kementerian Perdagangan RI pertanggal 5 Mei 2021, memperlihatkan Presiden Jokowi merekomendasikan beberapa jenis makanan khas tradisional dari daerah sebagai obat rindu kampung halaman karena belum dapat mudik lebaran.

Namun dari salah satu makanan yang disebutkan muncul nama menu Bipang Ambawang yang membuat heboh warganet.

Apa sih Bipang Ambawang?
Mari kita lihat faktanya di bawah ini!


Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan


Bipang Ambawang, adalah makanan khas dari daerah Kalimantan yang merupakan menu olahan babi panggang.
Makanan ini sudah ada sejak zaman dulu, namun baru dikenal oleh masyarakat luas setelah Presiden Jokowi menyebutkan dan merekomendasikan menu ini untuk dipesan melalui online sebagai obat kerinduan akan kampung halaman karena tidak dapat mudik lebaran.

Melihat video tersebut pun banyak warganet yang dibuat heboh, sebab baru mengetahui bahwa Bipang Ambawang adalah babi panggang, dan bagaimana mungkin babi panggang direkomendasikan untuk dimakan saat moment lebaran.

Melihat kehebohan yang berkembang di media sosial, kementerian perdagangan pun memberikan klarifikasi atas pidato yang disampaikan Presiden Jokowi.

Mereka menyatakan bahwa pidato tersebut merupakan pidato dalam rangka peringatan Hari Bangga Buatan Indonesia.
Sehingga Presiden Jokowi menyebutkan beberapa jenis makanan dalam bentuk mempromosikan kuliner Nusantara yang beragam dengan penikmat yang juga berasal dari masyarakat yang beragam.


Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan


Quote:


Melihat penjelasan dari Menteri Perdagangan tentu tidak ada yang salah dari apa yang disampaikan oleh Pak Jokowi di dalam pidatonya GanSis.
Masyarakat Indonesia memang beragam, jadi kita semua juga harus memahami keberagaman yang ada.

Nampaknya pidato tersebut heboh karena memang ada sedikit miskomunikasi antara maksut dari pidato dan juga pemahaman dari warganet yang menangkap pesan dengan sudut pandang yang berbeda ya GanSis.

Namun setelah adanya klarifikasi ini kita semua paham apa tujuan dan maksud dari pidato dalam rangka Hari Bangga Buatan Indonesia, yaitu mempromosikan berbagai macam menu khas dari daerah-daerah yang ada di Indonesia.


Spoiler for Klarifikasi Menteri Perdagangan:


Oke GanSis, itulah fakta dan klarifikasi seputar Pidato Presiden Jokowi, Peringatan Hari Bangga Buatan Indonesia, dan juga menu Bipang Ambawang khas Kalimantan.

Semoga dapat menjawab pertanyaan atau kebingungan dari warganet atas berita heboh yang tengah beredar di media sosial.

Oke, terima kasih telah singgah dan sampai jumpa di thread ane yang lain

Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan

Penulis: @masnukho ©2021
Narasi: Ulasan pribadi

Sumber gambar & referensi
1, 2, 3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
emoticon-Matabelo ini yang lagi heboh
profile-picture
profile-picture
restubass dan dalledalminto memberi reputasi
emoticon-Cape d... jangan dicoba ya kalau yang emang gak boleh
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
nah kali ini alasanya lebih masuk akal daripada sebelumnya
lagian netizen baper amat, dikiranya mudik tradisi islam.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Kalao gadabyg salah mendag ga perlu nyebokin juga kali,

Biasa aja padahal awalmya

Sampe salah satu kementrian nyebokin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
djokovickw1 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Oh ini yg lagi heboh tentang bipang. Maaf kudet, nih
profile-picture
profile-picture
tulip.putih dan masnukho memberi reputasi
biasalah pengalihan isu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
masnukho dan restubass memberi reputasi
belom pernah nyoba makan itu menuemoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan masnukho memberi reputasi
kelompok onoh pas lagi jaman babi ngepet mendadak hilang ... eh sekarang pas keluar bipang, mendadak pada bermunculan ....

kelakuan template banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gini aja kok heboh, biasa aja kaleeemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aroesi dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rubah007
Babi panggang untuk makanan lebaran. Mantap pak presemoticon-Marah

Masih mending vladimir putin yg lebih paham kalo mayoritas warga negara kita itu gak makan babiemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bipang rasanya gimana brayy?
Enak ga brayy buat lebaran emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Cape d... sebelum itu udah heboh gan, gara-gara ada satu video dari warganet

Quote:

emoticon-Ngakak iya om

Quote:

emoticon-Matabelo emang lagi ada isu apa lagi gan?

Quote:

emoticon-Matabelo ane juga
profile-picture
ushirota memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo emang iyabgan mereka bisa hilang?

Quote:

emoticon-Ngakak belum tau di semua medsos lagi bahas ini

Quote:

emoticon-Matabelo maksutnya pak pres bukan gitu
Kan udah dijelasin

Quote:

emoticon-Ngakak mana ane tahu, kan ane sukanya tempe
Emg knp klo babi panggang?

Temen gw batak kristen juga lebaran. Menikmati liburan lebaran.
profile-picture
profile-picture
Jazed dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
keqnya enak nih... pengen nyoba akh
emoticon-Ngacir2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Wah ini yg lagi heboh, Ane dengernya netral aja.
Alesannya.
1. Negara kita memang beragam suku dan budaya
2. Yang pulkam bukan cuma umat muslim doang.
3. Kuliner daerah kita juga banyak.

Cuma sinisme publik itu kenapa kuliner non hal di sempilin saat momen menjelang lebaran, jadi terdengar tidak etis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo ane bingung mau jawab apaan

Quote:

emoticon-Matabelo nah kita satu pemikiran gan, ane juga anggepnya gitu
Kalau menurut ane, besok lagi pak jokowi kalau nerima apa apa dari bawahan akan lebih baik jika dibaca dulu, jika ada hal yang sekiranya bakal mengundang keributan, tambahi atau diapain sehingga tidak menimbulkan multitafsir. Jangan sampai kesan yang dulu bahwa saya tandatangan tapi saya tidak membacanya jadi muncul lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baned2015 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Jipang kalii ahh🤣
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di