CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Inilah Mengapa Kebanyakan Bus Dan Truk Pakai Mesin I6, Kenapa Gak V6 Saja?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6096bc6a75d8b3681951d1b2/inilah-mengapa-kebanyakan-bus-dan-truk-pakai-mesin-i6-kenapa-gak-v6-saja

Inilah Mengapa Kebanyakan Bus Dan Truk Pakai Mesin I6, Kenapa Gak V6 Saja?

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan kenapa kebanyakan truk dan bus memakai mesin I6 atau mesin 6 silinder inline, dan tak menggunakan mesin V6.

Inilah Mengapa Kebanyakan Bus Dan Truk Pakai Mesin I6, Kenapa Gak V6 Saja?



Jika melihat-lihat spesifikasi sebuah bus atau truk, misalnya Hino SG 260 TH, akan terlihat bahwa mesin truk tersebut menggunakan mesin 6 silinder inline. Sama seperti kebanyakan truk atau bus lainnya, seperti Scania K410IB, Mitsubishi Fuso 220PS, dsb.

Disitu akan terlihat, bahwa truk atau bus kebanyakan menggunakan mesin 6 silinder inline, bukan V6. Mesin 6 silinder inline adalah mesin 6 silinder dengan posisi piston searah dan segaris, yang menjadi satu. Sementara, mesin V6 adalah mesin 6 silinder dengan posisi piston sedikit "berlawanan" serta terpisah.

Inilah Mengapa Kebanyakan Bus Dan Truk Pakai Mesin I6, Kenapa Gak V6 Saja?



Mungkin, hal ini menimbulkan sejumlah pertanyaan yang bikin Gansis penasaran. Kenapa truk dan bus tak menggunakan mesin V saja, tetapi menggunakan mesin dengan konfigurasi I atau Inline.

Nah, oleh karena itu, ane akan menjawabnya di thread ini. Tentu, ane menjawab untuk memuaskan rasa penasaran Agan dan Sista, serta berbagi informasi seputar dunia bus, truk dan otomotif Indonesia.

1. Torsi


Inilah Mengapa Kebanyakan Bus Dan Truk Pakai Mesin I6, Kenapa Gak V6 Saja?



Sudah bukan rahasia lagi bahwa truk dan bus lebih membutuhkan torsi yang sangat besar dibanding tenaga yang sangat besar, karena beban sangat berat yang harus dipikulnya. Hal ini juga merupakan alasan utama mengapa truk dan bus menggunakan mesin diesel dan tidak menggunakan mesin bensin.

Torsi sendiri adalah kekuatan untuk memutar sebuah roda. Misalnya, sebuah truk mempunyai mesin dengan torsi 60kgm atau sekitar 600nm, maka truk tersebut memiliki kekuatan putar sebesar 60kg, dikalikan dengan konfigurasi rasio transmisi dan gardan, misalnya transmisi 8,000 dengan rasio gardan 7,666, berarti hasilnya kekuatan putar di roda mencapai 3,679 ton.

Inilah Mengapa Kebanyakan Bus Dan Truk Pakai Mesin I6, Kenapa Gak V6 Saja?



 Dengan mesin 6 silinder segaris, tentu torsi bisa ditingkatkan. Mesin 6 silinder segaris memiliki torsi yang kurang lebihnya lebih tinggi ketimbang mesin V6. Hal ini akan sangat membantu ketika berjalan di tanjakan.

2. Efisiensi


Inilah Mengapa Kebanyakan Bus Dan Truk Pakai Mesin I6, Kenapa Gak V6 Saja?



Bus dan truk kebanyakan dipake buat cari duit, bukan buat gaya-gayaan atau penggunaan pribadi. Itulah mengapa efisiensi sangat penting, sebab ya itu, kebanyakan dipakai buat cari duit.

Mesin inline 6 silinder memiliki kehematan bahan bakar yang lebih baik dari mesin V6. Hal ini disebabkan bentuknya yang "segaris", tak seperti mesin V6 yang terpisah dan tak menyatu.

Inilah Mengapa Kebanyakan Bus Dan Truk Pakai Mesin I6, Kenapa Gak V6 Saja?



I6 juga memberikan efisiensi di segi biaya perawatan yang lebih rendah. Selain itu, harga dari mesin juga bisa ditekan karena komponen yang tak sebanyak mesin V6. Walau memang, I6 memiliki kekurangan di dimensi yang jauh lebih besar, tetapi mengingat bus dan truk mempunyai dimensi ruang mesin yang superbesar hal ini tentu tak menjadi masalah.

3. Kenyamanan


Inilah Mengapa Kebanyakan Bus Dan Truk Pakai Mesin I6, Kenapa Gak V6 Saja?



Getaran pada mesin V6 karena memiliki 6 silinder yang berbentuk V, terbagi menjadi 3 silinder di tiap sisi, akan jauh lebih terasa ketimbang mesin inline 6 atau I6, atau kalau bahasa Indonesianya itu mesin 6 silinder segaris.

Meski hal ini tak terlalu penting pada truk, tetapi ingat bahwa hal ini sangat penting pada bus. Mengingat bahwa bus membawa penumpang, dan penumpang sangat membutuhkan kenyamanan, lebih nyaman tentu akan lebih baik.

Inilah Mengapa Kebanyakan Bus Dan Truk Pakai Mesin I6, Kenapa Gak V6 Saja?



I6 memiliki gerakan piston yang sangat seimbang. Keseimbangannya sangat baik, karena ketika 2 piston di kedua sisi terluar ada di bawah, 2 piston di kedua sisi diantara piston tengah dan luar ada di bagian tengah, 2 piston di kedua sisi bagian tengah ada di atas. Hal ini sangat berpengaruh ke getaran yang akan lebih minim.

Jadi, itu dia alasan kenapa bus dan truk kebanyakan memakai mesin I6 dan bukan V6. So, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 1
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star


profile-picture
profile-picture
profile-picture
345uki dan 41 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Bus dan truk memiliki ruang mesin cukup besar, sehingga 6 silinder segaris masih enteng dipasang kalau lebih dari 8 lebih cocok menggunakan konfigurasi V karena lebih kompak.

Tentunya bener kata TS, mesin truk/ bus nggak perlu aneh-aneh karena yang penting torsi kuat dan tenaga besar, juga kekuatan bahan lebih diutamakan.

Contohnya pada truk Volvo "raksasa" FH 16 pakai konfigurasi V10..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gonugraha76 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Ane baru tau kalo V6 ternyata ukurannya lebih kecil dr I6

Thanks infonya
profile-picture
profile-picture
Ruuko dan jlamp memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
mantap infonya gan
ane baru tahuemoticon-Big Grin
cek takjil di kulkas ganemoticon-Toast
profile-picture
MAQ375 memberi reputasi
ooo begitu
biasanya suka ada orang yang suka ganti misalnya tempelan alphard jadi vellfire ,mungkin kalau mau v6 tinggal di ganti aja tempelannya emang ga boleh kak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Nice info, gan.... Gak heran bis2 n truk nya lbh bnyk yg pake cc mesin yg gede2 pula.....
i6 lebih alus sih vibrasinya maka kebanyakan mesin i6 ga pake counter balance shaft, beda ama v6 di blocknya pasti ada counter balance shaft.
profile-picture
profile-picture
blues... dan jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mangstab penjelasannya gan, sedikit ngasih info ke ane yang awam emoticon-Big Grin
Paling penting emang kenyamanan sih yang harus di prioritas kan
masalah kenyamanan, namanya body bongsor, tetep aja limbungemoticon-Ngakak
yah meskipun ane kurang faham tentang mesinnya, pake mesin itu mungkin juga krn banyak angutan yang berat berat juga yah gan.. jadi pas ditanjakan jadi enteng.
oh gitu ya bre, thanks infonya bre emoticon-Toast
pake boxer aja gan, ala2 subaru.
Kenapa sih bus atw truck pakenya mesin diesel dibanding mesin bensin?
terus kelebihan mesin V cylinder apa bray?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane sih gak paham permesinan ya.. Cuma okelah buat nambah wawasan.. Hehe
Ane jadi tau gans bedanya.... Makasi sharingnya
ane baru tahu. . . segaris . .. :mantab
Post ini telah dihapus oleh KS06
og geto
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di