CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
Laris Manis Tanjung Kimpul, Prancis Resmi Terima Pesanan 30 Unit Rafale dari Mesir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6095f42dba7266430942efee/laris-manis-tanjung-kimpul-prancis-resmi-terima-pesanan-30-unit-rafale-dari-mesir

Laris Manis Tanjung Kimpul, Prancis Resmi Terima Pesanan 30 Unit Rafale dari Mesir

"Laris manis tanjung kimpul",kata-kata ini rasanya pas untuk menggambarkan keadaan Prancis sekarang, terutama di industri pertahanannya. Pasalnya Mesir resmi memesan 'lagi' 30 unit jet tempur Rafale dari Negeri Napoleon tersebut.

Dikutip dari reuters.com (4/5/2021), kabar pengadaan 30 unit Rafale tersebut telah disiarkan oleh Kementerian Pertahanan Mesir pada hari Senin lalu. Sementara di dalam negeri Prancis, penjualan Rafale ini sempat memicu kontroversi, pasalnya Presiden Emmanuel Macron mengatakan pada bulan Desember 2020, bahwa ia tidak akan melakukan penjualan senjata ke Mesir jika terkait dengan isu hak asasi manusia.

Sementara disisi lain, Macron tidak ingin melemahkan kemampuan Mesir untuk melawan tindakan terorisme di kawasan itu. Pernyataan yang kontradiktif kemudian menuai kecaman dari para kritikus, karena Prancis sendiri kini justru menjual Rafale ke Mesir.


Laris Manis Tanjung Kimpul, Prancis Resmi Terima Pesanan 30 Unit Rafale dari Mesir

Ilustrasi: greekcity.com



Pihak Kementerian Pertahanan Mesir mengatakan kesepakatan pembelian 30 Rafale itu, nantinya akan dibiayai melalui pinjaman luar negeri yang akan dibayar kembali selama 10 tahun, tetapi tidak diungkapkan rinciannya lebih lanjut. Pembayaran lewat pinjaman bank juga sedang dijalankan Prancis dalam rangka memuluskan penjualan Rafale ke Ukraina.

Prancis sudah jadi pemasok persenjataan utama ke Mesir mulai tahun 2013-2017, termasuk penjualan 24 pesawat tempur dengan opsi 12 unit tambahan. Kontrak-kontrak tersebut kabarnya sempat macet, termasuk kesepakatan untuk lebih banyak Rafale dan kapal perang yang berada pada tahap lanjutan.

Kabarnya, hal itu berkaitan dengan masalah pembiayaan, karena ada kekhawatiran tentang kemampuan Kairo untuk membayar kembali pinjaman yang dijaminkan, meski itu dengan dukungan aset negara. Kembali ke berita pembelian 30 unit Rafale, kabarnya dana yang disepakati kedua negara mencapai nilai US$ 4,5 miliar.


Laris Manis Tanjung Kimpul, Prancis Resmi Terima Pesanan 30 Unit Rafale dari Mesir

Ilustrasi: Dassault Aviation



Mesir menandatangani kesepakatan untuk membeli 24 Rafale pertamanya pada awal tahun 2015, terdiri dari 16 Rafale B/DM (kursi ganda) dan 8 Rafale C/EM (kuris tunggal). Pengiriman dimulai pada akhir tahun 2015 dan berlangsung hingga akhir tahun 2017. Dalam paket pembelian 24 unit pertama tersebut, mereka melengkapi Rafale dengan persenjataan yang komplit. Mulai dari rudal MBDA MICA sampai Exocet AM39 (rudal anti-kapal).

Dengan tambahan 30 unit Rafale, kedepannya Mesir akan mengoperasikan total 54 unit Rafale. Bagi sebuah negara, jumlah jet tempur tersebut sudah termasuk ideal untuk kebutuhan menjaga ruang udaranya. Sebagai tambahan, Mesir menjadi negara pertama di luar Prancis yang membeli Rafale sejumlah 24 unit. Selain Mesir, ada Qatar dengan jumlah pembelian 36 unit, serta terakhir ada nama India yang juga setuju untuk membeli 36 Rafale.

Jika kita membahas kekuatan udara Mesir, bisa jadi hal tersebut akan membuat netizen overproud di Indonesia iri. Pasalnya, selain membeli Rafale, Mesir juga sukses melakukan pengadaan 21 jet tempur Sukhoi Su-35. Sampai saat ini prosesnya masih berjalan, 5 unit Su-35 kini telah diterima Mesir.


Laris Manis Tanjung Kimpul, Prancis Resmi Terima Pesanan 30 Unit Rafale dari Mesir

Komposisi jet tempur milik Mesir.

Ilustrasi: @Muna_25



Selain nama beken Rafale dan Su-35, saat ini Mesir juga masih mengoperasikan F-16 Fighting Falcon, Mirage-2000 serta MiG-29M2 (MiG 35). Ditambah komposisi jet tempur tersebut, tentu sudah cukup bagi Mesir untuk menjaga kedaulatan negaranya. Meski punya jet tempur "gado-gado", tentu biaya operasional yang dikeluarkan tidak lah sedikit. Mesir harus memesan suku cadang pesawat dari Amerika Serikat, Rusia serta Prancis. Tentu harga suku cadangnya akan berbeda-beda.

Jika keuangan Mesir tidak stabil, pembelian 30 Rafale ini bisa jadi blunder, apalagi mereka membelinya lewat sekema pinjaman luar negeri. Jika tidak bisa melunasi pinjaman, maka aset Mesir yang akan jadi taruhannya. Menarik melihat perkembangan pembelian Rafale oleh Mesir, jika mereka sukses menuntaskan 30 unit pesanannya, maka kekuatan mereka akan semakin diperhitungkan. Jika gagal, tentu hal tersebut akan jadi aib yang sulit untuk dilupakan.

Nah, demikian sedikit informasi menarik dari Negeri Piramid gan, semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan baru buat agan sekalian. Jangan lupa untuk menuliskan opini kalian mengenai proses pengadaan 30 unit Rafale oleh Mesir kali ini. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal hingga akhir, sampai jumpa lagi di pembahasan alutsista selanjutnya emoticon-Angkat Beer




Referensi: 1.2.3
Ilustrasi Gambar: google image dan berbagai sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Laris Manis Tanjung Kimpul, Prancis Resmi Terima Pesanan 30 Unit Rafale dari Mesir

Melihat etalase jet tempur yang dimiliki Mesir, bikin iri karena mereka punya penempur nomor wahid. Tapi juga bikin ngeri, kalau membayangkan total biaya operasionalnya emoticon-Hammer2 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:

nah lho... ada acara rewel segala kan
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jagotorpedo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Angkatan Udara Mesir dengan Fighter ala Gado-gado gini apa gak pusing ya maintenance dan logistiknya..
tapi ya maklumlah mesir "di seberang jalan" ada Israel si wahyudi menanti...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Baca2 dlu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Jujur ya, sampai sekarang ane menganggap posisi Mesir sama seperti posisi negara2 lain seperti Indonesia yang alutsistanya tergantung dari negara maju. Pemilihan Rafale menjadi kontroversi lebih karena " tidak punya pilihan lain yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran ". Ni pesawat mahal tapi lebih mudah dibeli dan lebih bebas pakainya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 3 lainnya memberi reputasi
Serasa seperti telapak tangan...kalo lancar ok, kalo gagal bayar yah ambyarrremoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Selama negrimu banyak warga dan hukum dholim, selesai sudah.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
kalau menurut ane sih pesawat tempur pabrikan rusia jauh lebih unggul karena cantelan bomb dan missile nya jauh lebih banyak serta jauh lebih manuver dibandingkan pabrikan lainnya.

selain itu pun pabrikan rusia tidak ikut urusan dalam negeri para pembeli produknya mau digunakan untuk membantai separatis atau pemberontak sekalipun.

terlebih USA, mereka pasti larang untuk dipakai membombardir gerombolan separatis dan pemberontak dalam negeri pembeli produk pesawat tempurnya. karena biasanya itu ada kepentingan mereka juga terhadap gerombolan separatis dan pemberontak terkait dengan negara pembeli produknya. terlebih jika dipakai untuk membombardir negara-negara sekutu dekat USA yang mengganggu kedaulatan negara pembeli produk pesawat tempurnya. Harus izin USA dulu untuk mengaktifkan fitur tempurnya.

kalau masih nekat menggunakan produk USA untuk membombardir para separatis dan pemberontak atau negara sekutunya, pasti akan diembargo tuh untuk suku cadang dan perawatannya.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
profile-picture
jlamp memberi reputasi
jadi ini jawaban mesir karena tetangga sebelahnya beli F-22 emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Versi ekspor pasti disunat fitur mirip type 209 emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Maaf salah kamar emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pedagang pesawat sih seneng aja dagangannya laku.. lah yang beli sampe gadai aset negara segala..

Tapi kayaknya blok situ pada jor joran saingan alutsista yak..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Belum perang aja udah laris kek jual kacang.
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sebanyak itu kah perlunya? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
Apakah Indonesia bs jadi Penonton yg kapan aja bs kena Lontong nyasar jenis TomHawk ...
Korupsi pantas di kasih lontong sayur ampe meletus
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wwiiih rafale m, berawak dua, bermesin satu tapi ganda, gan ini sama dengan griphon c nda ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Buatan kafir eh dipake emoticon-Betty


Barang siapa menyerupai suatu kaum.. emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty

Makan tuh standar ganda emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh terjengkang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Pak Macron pernyataannya kontradiktif, bikin bingung emoticon-Big Grin



Quote:


semoga gak memberatkan keuangan negaranya gan, untuk antisipasi Israel dengan F-35 nya, komposisi terbaik Mesir saat ini adalah Rafale dan Su-35 emoticon-Ngacir



Quote:


tapi mereka masih boleh beli Su-35 yang diharamkan oleh AS om, kenapa bisa demikian ? apa karena posisi Mesir sendiri yang dianggap rawan konflik ? cmiiw emoticon-linux2


Quote:


ngeri gan kalau bahas utang luar negeri emoticon-Big Grin


Quote:


solusinya gimana gan ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Gembok nih ? emoticon-Ngacir
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di