CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MA Batalkan SKB 3 Menteri soal Aturan Seragam Sekolah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6094d8ce2f84903e7b283eb2/ma-batalkan-skb-3-menteri-soal-aturan-seragam-sekolah

MA Batalkan SKB 3 Menteri soal Aturan Seragam Sekolah

MA Batalkan SKB 3 Menteri soal Aturan Seragam Sekolah
Jakarta, CNN Indonesia -- Mahkamah Agung (MA) membatalkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang penggunaan pakaian seragam dan atribut bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah yang diselenggarakan pemerintah daerah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

MA memerintahkan Menteri Agama (termohon I), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (termohon II) dan Menteri Dalam Negeri (termohon III) mencabut SKB tersebut karena bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

"Mengadili, memerintahkan kepada Termohon I, Termohon II, dan Termohon III untuk mencabut Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 02/KB/2021, Nomor 025-199 Tahun 2021, Nomor 219 Tahun 2021," sebagaimana bunyi petikan putusan tersebut dikutip Jumat (7/5).

Perkara nomor: 17/P/HUM/2021 ini merupakan permohonan yang diajukan oleh Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat.

Adapun majelis hakim yang mengadili perkara ini diketuai oleh Yulius dengan hakim anggota masing-masing Irfan Fachrudin dan Is Sudaryono.

Hakim menilai SKB mengenai pakaian seragam bertentangan dengan Pasal 10, Pasal 11, dan Pasal 12 UU 23/2014 tentang pemerintahan daerah; Pasal 1 angka 1 UU 35/2014 tentang perubahan atas UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak.

Kemudian Pasal 1 angka 1 dan 2 UU 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan; dan Pasal 1 angka 1 dan 2, Pasal 3, dan Pasal 12 ayat (1) huruf a UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

"Dan karenanya tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat," ucap hakim.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan keputusan memakai seragam dan atribut agama harus menjadi keputusan guru, siswa dan orang tua sebagai individu. Dalam SKB itu disebutkan pemerintah daerah dan sekolah negeri tak boleh mewajibkan atau melarang murid mengenakan seragam beratribut agama.

Ia menegaskan agama apa pun tidak akan dilarang maupun diwajibkan menggunakan atribut tertentu di sekolah.

Untuk itu, ia meminta semua sekolah negeri segera mencabut aturan yang tak sesuai dengan SKB dalam waktu maksimal 30 hari. Jika tidak segera mengikuti, sekolah bisa disanksi.

Sanksi terhadap sekolah dapat diberikan pemerintah daerah berdasarkan mekanisme yang berlaku atau oleh Kemendikbud dengan menyetop pemberian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan pemerintah lainnya.

Sementara gubernur yang melanggar akan dikenakan sanksi oleh Kementerian Dalam Negeri. Kemudian, bupati atau wali kota akan disanksi gubernur.

Dalam hal ada pemda atau sekolah yang melanggar ketentuan SKB, Kementerian Agama akan memberikan pendampingan dan penguatan keagamaan dan praktik agama yang moderat dan menentukan pemberian dan penghentian sanksi.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menilai langkah ini merupakan respons dari kasus pemaksaan siswi memakai jilbab sebagai dalih aturan sekolah di SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat.

Ia mengakui masih banyak sekolah yang memiliki aturan yang mewajibkan atau melarang seragam dan atribut agama tertentu. Untuk itu, pihaknya menilai SKB ini penting diterapkan di lingkungan sekolah.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...eragam-sekolah

Akhirnya kembali bisa memaksakan kehendak oknum tertentu yg bertameng agama.

Mangstap MAemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Kalo SKB tentang pendirian rumah ibadah gimana kabarnya??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sanksinya cuma setop dana bantuan?
terus, apa gunanya menyandang status sekolah negeri?
mending cabut statusnya juga.emoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Semoga bisa diterapkan emoticon-Embarrassment





Semoga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suastana214 dan 4 lainnya memberi reputasi
Intinya pinter2 cari sekolah buat anak
Ane ga rela kalau anak ane sekolah di t4 yg isinya manusia2 intoleran apalagi soal agama (termasuk agama ane sendiri)

Dan syukurlah sekolah ciputra ngga demikian di t4 ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maria.olivia dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Surganeraka0101
jangan macam2 dgn kain gorden anti nyamuk demam berdarah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hehe
dikit dikit lama2 makin tergencet
ga heran, sejak derasnya pemahaman radikal masuk dan menyusup ke smp, sma, kampus sejak reformasi, yg dulunya kelas 1 smp, hari ini umurnya sekitar 35th, minimal sudah pegang jabatan menengah di pns, bumn, bumd.
yg kena pemahaman pas awal kuliah, hari ini umurnya sekitar 43th
buanyak bgt di pns, bumd, bumn, sekolah, kampus dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Kadrun sudah mewabah di mana-mana

kasihan pancasila mulai dilupakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 6 lainnya memberi reputasi
Ngoahahahahaha emoticon-Ngakak


Ngoahahahahaha emoticon-Ngakak


Gaswat nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suastana214 dan 6 lainnya memberi reputasi
Iseng2 search profilnya, yg yulis ga nemu...

MA Batalkan SKB 3 Menteri soal Aturan Seragam Sekolah
MA Batalkan SKB 3 Menteri soal Aturan Seragam Sekolah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh qulit.qulup
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Menuju indonistan yang beriman dan ber akhlak emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Gila, udah bagus nadiem melarang adanya paksaan utk berpakaian mengikuti model agama tertentu.
Malah dibatalkan.
Coba kalau tuh si hakim sama anaknya dipaksa pakai salib atau koteka, mau?
Sekolah negeri itu pake duit pajak seluruh rakyat, mau itu muslim ataupun non-muslim, malah mau dipaksakan berpakaian agama tertentu.
Gak ada harapan udah ini negara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rv76.
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ane pikir bawa ke MK apa hakim2 MA sudah gatel pengen dibatalin aja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suastana214 dan 3 lainnya memberi reputasi
Salah negara juga, pendidikan agama dimasukkan ke sekolah2.
Kementrian Agama diberikan anggaran 70an triliun per tahun.
Naik haji disubsidi 35an juta per jamaah.
Sekolah2 agama dan ustadz2 didanai.
Pasal penistaan cuma berlaku bila mengritisi yg mayoritas bukan minoritas.

Dan setelah semua itu, ngarep kalau negara ini gak perlahan2 menjadi indonistan?
Cuma dgn upaya menyebarkan paham islam moderat yg sudah difilter dan dipelintir2 sana sini?

emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yellowsskate.
Lihat 44 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 44 balasan
ga usa heran
negara yang sudah jadi mayoritas islam
memang seperti ini
hampir mustahil bisa diselamatkan lagi
pemaksaan dan intimidasi akan jadi makanan sehari hari

demokrasi sudah dikalahkan
tiada kebebasan dalam berpakaian

emoticon-Traveller

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanchespenda dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

Sama sekali tidak menjawab, mengenai kasus pemerkosaan pelecehan yang terjadi di pesantren
Di pesantren ceweknya bugil semua ?

...
Kalau ada kasus pedofil, itu berarti anak kecil harus dihilangkan semua ?

Kalau anak masih kecil dikirim jauh dari ortunya, itu berarti ortunya pedofil, yah ?


...
Dapat berapa koper dari orang jualan jilbab ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bingsunyata
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
SKB seragam sekolah samai di uji oleh MK sedang SKB pendirian rumah ibadah di biarkan, apakh oknum MA sudah ada kadrun ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
indonistan.. emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Tar kalo digigit nyamuk dbd gimana donk ?

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Takut digigit nyamuk anaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
SKB rumah ibadah jadi utk ajang persekusi..padaha UUD 28E bebas beragama

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di