CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Bandung /
Kerupuk Gurilem Cililin, Biar Jadul Rasa Mantul !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6094cae196412e5f727f45af/kerupuk-gurilem-cililin-biar-jadul-rasa-mantul

Kerupuk Gurilem Cililin, Biar Jadul Rasa Mantul !

Kerupuk Gurilem Cililin, Biar Jadul Rasa Mantul !


Assalamualaikum Agan dan Sista. Jumpa lagi dengan ane. Ane harap Gansist semua selalu sehat dan penuh berkah rejeki melimpah. Aamiin....


Bicara tentang usaha kecil di Bandung adalah juara dalam bidang kuliner. Dari yang sangat tradisional hingga modern ada. Jika yang modern biasanya konsumennya adalah para anak muda, tapi yang tradisional bukan berati peminatnya adalah orang-orang jadul. Justru yang tradisional inilah yang paling banyak dicari di Bandung.


Makanan tradisional biasanya masih orisinil dalam hal rasa. Belum tercampur aneka rasa modern yang kadang tabrakan dengan lidah.

Kerupuk Gurilem Cililin, Biar Jadul Rasa Mantul !
Sumber : gambar

Nah, bagi peminat kerupuk, ada nih salah satu jenis kerupuk tradisional yang legen banget. Namanya adalah kerupuk Gurilem. Sekilas dari nama sih terdengar jadul ya, apalagi jika melihat bentuknya, mun ceug urang Sunda mah, buladig gitu. Alias jelek. Namun jangan salah, meskipun penampilan jadul dan ketinggalan jaman, soal rasa masih juara. Gurilem berasal dari kata Gurih Pelem. Sering juga disebut sebagai kerupuk cacing.


Usaha kecil kerupuk Gurilem banyak berkembang di daerah Cililin Bandung Barat. Salah satunya adalah Pak Yayat. Pak Yayat memulai usaha kerupuk Gurilem polos atau belum dibumbui ini sejak tahun 1985 Dalam sehari membutuhkan bahan baku sebanyak 1 kuintal lebih tepung tapioka. Dan yang sangat penting adalah usaha pembuatan kerupuk Gurilem ini melibatkan tenaga kerja masyarakat sekitar. Sehingga sangat menopang perekonomian daerah, terutama pada masa pandemi yang serba sulit seperti saat ini.


Kerupuk Gurilem Cililin, Biar Jadul Rasa Mantul !
Sumber : gambar


Pembuatan kerupuk Gurilem ini masih sangat tradisional, menggunakan bahan alami, tenaga kerja setempat dan pastinya dengan menggunakan sinar matahari untuk mengeringkan kerupuknya saat menjemur.


Kerupuk buatan Pak Yayat dalam sehari produksi bisa mencapai 5000 liter Biasanya dijual lagi ke pabrik dengan harga 350 ribu untuk 500 liter. Dari pabrik ini lah kerupuk akan dibumbui dan didistribusikan. Namun, jika Gansist hendak membelinya langsung di tempat pembuatan kerupuk Gurilem, silahkan datang ke Centra Kerupuk Gurilem di Kampung Pasir Meong Desa Cililin Bandung Barat. Tentunya Gansist bisa memperoleh harga yang lebih murah daripada membeli di toko pusat oleh-oleh. Nah, di sentra kerupuk Gurilem inilah Gansist bisa membeli kerupuk Gurilem sekaligus membumbuinya sesuai dengan rasa yang Gansist inginkan.


Usaha kecil seperti ini, sejatinya sangat membantu perekonomian masyarakat. Oleh karena itulah, mari kita dukung UMKM yang ada di sekitar kita.


Kerupuk Gurilem Cililin, Biar Jadul Rasa Mantul !
Sumber : gambar


Cukup sekian thread dari ane, semoga bermanfaat.


Terimakasih


Sumber Tulisan : Opini Pribadi dan disini
Sumber Gambar : Tercantum
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan zeuskraetos memberi reputasi
Selalu pejwan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di