CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Inilah 5 Penyebab Rem Blong Pada Kendaraan Yang Harus Kamu Ketahui!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6094afddf155350bdc041a8e/inilah-5-penyebab-rem-blong-pada-kendaraan-yang-harus-kamu-ketahui

Inilah 5 Penyebab Rem Blong Pada Kendaraan Yang Harus Kamu Ketahui!


Inilah 5 Penyebab Rem Blong Pada Kendaraan Yang Harus Kamu Ketahui!

Kurangnya merawat kendaraan pasti akan menimbulkan berbagai permasalahakan. Salah satunya adalah rem blong yang akhir-akhir ini sering terjadi. Rem blong selalu menjadi faktor kecelakaan tertinggi yang terjadi pada kendaraan besar seperti truk dan bus. Namun, hal ini juga bisa terjadi pada kendaraan pribadi juga. 

 

Istilah rem blong digunakan saat sistem pengereman pada kendaraan tidak bekerja secara baik untuk mengurangi tingkat kecepatan kendaraan. Padahal, sistem pengereman menjadi salah satu hal yang penting untuk keselamatan berkendara.

 

Penyebab dari terjadinya rem blong pun bermacam-macam dan hal ini bisa dicegah. Berikut beberapa penyebab rem blong yang sering terjadi dan harus pengemudi harus memperhatikan hal ini.

 

1.     Minyak Rem Habis

Rem blong pada kendaraan terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah minyak rem yang habis. Hal ini akan membuat kendaraan tidak bekerja secara maksimal karena proses melaju mobil dibantu oleh minyak rem. 

 

Minyak rem menjadi hal yang penting dalam mengendarai kendaraan karena minyak rem akan memberikan tekanan ke piston atau kaliper agar bisa menekan kanvas. Mencegah habisnya minyak rem dengan mengecek minyak rem seminggu sekali secar rutin dan dapat mengisi kembali.

 

2.     Kanvas Rem Aus

Kendaraan akan menjadi kurang maksimal atau pakem saat pengereman karena kanvas rem yang Aus. Hal ini dapat menyebabkan pengemudi yang tidak bisa mengontrol laju kendaraan sehingga dapat membuat rem blong jika tingkat keausan kanvas rem sudah parah. 

 

Jika dirasa kanvas rem sudah aus dan memang sudah ada jadwal rutin untuk perawatan kendaraan, maka segeralah ke bengkel untuk menggantinya yang baru.

 

3.     Seal Piston Master Rem Rusak

Rusaknya seal piston master rem bisa dikarenakan karena usia penggunaan dan kualitas minyak rem yang tidak terlalu bagus. Kualitas dari minyak rem memang sangat berpengaruh. 

 

Maka dari itu, gunakanlah minyak rem yang sesuai dengan tipe dan merek kendaraan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

4.     Selang Minyak Rem yang Tersumbat

Biasanya, penyumbatan pada selang minyak rem dikarenakan banyaknya kotoran yang menumpuk pada minyak rem kendaraan. Kotoran pada minyak rem sendiri bisa muncul saat mulai mengisi minyak rem dan bisa juga masuk dari tangki cadangan.

 

Selain itu, kualitas minyak rem pada kendaraan juga akan mempengaruhi minyak menjadi kotor. Maka dari itu, kualitas minyak rem yang baik juga berpengaruh.

 

5.     Vapour Lock

Vapour lock merupakan menguapnya minyak rem yang disebabkan panasnya suhu. Hal ini berarti minyak rem akan mendidih dan menimbulkan gelembung udara atau uap pada sistem rem kendaraan. Gelembung udara dari minyak rem ini nantinya akan mulai mengendap dan kinerja pengereman mobil menjadi tidak maksimal.

 

 

Itulah beberapa penyebab gagalnya sistem pengereman kendaraan yang sering terjadi. Agar rem blong tidak terjadi, lakukan lah perawatan dan pengecekan kendaraan secara berkala di bengkel. Jangan sampai menunggu sistem pengereman rusak karena akan membahayakan keselamatan saat berkendara.

 

Dalam membantu dan mempermudah pengemudi dalam melakukan perawatan kendaraan, InovaTrack sebagai GPS Tracker dapat mengelola jadwal untuk perawatan rutin kendaraan secara terperinci dan akurat. Laporan dari InovaTrack dapat mengingatkan pengemudi untuk melakukan perawatan rutin sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi pada kendaraan.

 

Segera cek InovaTrack berserta fiturnya agar berkendara semakin efisien dan nyaman. Pemasangan gratis dengan teknisi yang handal pasti akan membuat kendaraan dan perjalanan semakin aman.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dodi401454 dan 2 lainnya memberi reputasi
pertamax
nais inpo gan..

intinya sih jgn ragu2 dtg ke bengkel..

sering2 cek gan.. mending bayar maintenance drpd bayar perbaikan..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
overheat gak masuk? ini rasanya paling sering.
profile-picture
jlamp memberi reputasi
kalo naek sepeda rem blong, masih bisa gesek ban pake sandal..
kalo truk?
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
gw dah pernah ngalamin kanvas abis... asli ngeri cok rem di teken gak berhenti harus teken bener2 kenceng dan laju kendaraan gw waktu itu 60 kpj gw hampir menabrak di belokan emoticon-Takut:
JANGAN PERNAH MENGENDARAI MOBILTERLALU KENTJANG DIJALANAN!!
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Alangkah baiknya sebelum berpergian apalagi mau pergi jauh cek dulu semua kondisi kendaraan nya gan agar nga terjadi hal menyeramkan 🙏
banyak jga ya gans penyebabnya, kalau mau perjalanan jauh sebaiknya memang dicek dulu kendaraannya, kalau tidak sehat malah nanti akan membahayakan diri kita sendiri
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baca baca begini rasanya pengen cek mobil dah.
ane pernah alami bawa motor, pas injak rem belakang bunyi 'cit' agak nyelekit di kuping. untungnya ane biasa bawa motor dengan kalem sekitar 40 - 50 km. pas menepi ane liat udah abis kanvas rem nya jadi ya udah lgsg bawa ke bengkel terdekat tuk ganti kanvas rem yang baru.

6. Overheat
7. (khusus full air di bus n truk) anginnya abis
Terutama Kalau jalan di daerah pegunungan yg kontur jalannya naik turun harus kudu hati2, kalau bisa setelah 2 jam jalan istirahat sebentar mendinginkan suhu rem.
kayanya meskipun ane udah baca threat ini, ane masih harus kebengkel kalo soal service rem. tapi makasih gan share informasinya emoticon-Cendol Gan
ini sih harus banget sering sering di cek gan sis agar situasi rem blong ini bisa terhindarkann


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di