CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mudik di Jabodetabek Dilarang, Wali Kota Tangerang: Kami di Lapangan Bingung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609493c45bef796beb6f3930/mudik-di-jabodetabek-dilarang-wali-kota-tangerang-kami-di-lapangan-bingung

Mudik di Jabodetabek Dilarang, Wali Kota Tangerang: Kami di Lapangan Bingung

Mudik di Jabodetabek Dilarang, Wali Kota Tangerang: Kami di Lapangan Bingung

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat ditemui di RSUD Kota Tangerang, Selasa (12/1/2021) siang.


TANGERANG, KOMPAS.com - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengaku bingung dengan adanya pernyataan Satgas Penanganan Covid-19 tentang larangan mudik aglomerasi Jabodetabek. "Ini yang kami lagi bingung. Karena kemarin waktu rapat sama Menteri Dalam Negeri, mudik boleh di wilayah aglomerasi," ungkap Arief melalui sambungan telepon, Kamis (6/5/2021) malam. "Trus sekarang tiba-tiba ganti. Tapi itu masih pernyataan ya, kami menunggu edarannya aja," sambung dia.



Pria 44 tahun itu menyebut, Pemerintah Pusat harus memiliki peraturan yang tegas serta jelas perihal mudik di wilayah aglomerasi. "Tegas dan jelas artinya ada ketegasan dan kejelasan. Jadi enggak rancu. Kami yang di lapangan bingung jadinya," urai Arief. Meski demikian, Arief menekankan, kebijakan larangan mudik di wilayah Jabodetabek untuk keamanan dan keselamatan warga. "Apapun kebijakannya, tentu untuk keamanan dan keselamatan," kata politikus Demokrat itu. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito sebelumnya mengatakan, mudik di dalam wilayah aglomerasi (pemusatan kawasan tertentu) dilarang dilakukan pada 6-17 Mei 2021. Akan tetapi, pemerintah masih memperbolehkan beroperasinya kegiatan sektor esensial di wilayah aglomerasi.

"Untuk memecah kebingungan di masyarakat soal mudik lokal di wilayah aglomerasi, saya tegaskan bahwa pemerintah melarang apapun bentuk mudik, baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/5/2021). "Perlu ditekankan bahwa kegiatan lain selain mudik di dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi khususnya di sektor esensial akan tetap beroperasi tanpa penyekatan apapun," lanjutnya. Baca juga: Larangan Mudik, Polisi Paksa Putar Balik 1.070 Kendaraan di Tol Cikupa dan Cikarang Barat Hal ini menurut dia demi melancarkan kegiatan sosial ekonomi daerah.

Wiku menyebutkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya potensi penularan Covid-19 di dalam satu wilayah aglomerasi. Sebab, operasional kegiatan sosial ekonomi telah diatur dengan regulasi PPKM mikro. Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan setiap orang yang bepergian sekitar kawasan aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) tidak memerlukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). "Pergerakan di dalam kawasan aglomerasi tidak perlu SIKM," kata Syafrin saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (6/5/2021).

SIKM hanya diperlukan untuk pergerakan orang keluar daerah aglomerasi. Bagi setiap orang yang hendak keluar Jabodetabek, kata Syafrin, diwajibkan untuk melengkapi dokumen perjalanan dengan SIKM.

Selain itu, pelaku perjalanan juga diminta untuk membawa hasil tes Covid-19 dengan hasil non reaktif untuk rapid test antigen, dan negatif untuk hasil tes PCR. "Nanti penyekatan rekan-rekan kepolisian akan meminta tolong dibekali dengan hasil rapid test antigen," ucap Syafrin. Syafrin juga menjelaskan, penyekatan akan dilakukan sesuai dengan titik yang ditentukan oleh pihak kepolisian.

Untuk transportasi umum, pemeriksaan dokumen perjalanan selama larangan mudik 6-17 Mei 2021. "Siapapun yang akan mengajukan pembelian tiket itu harus menunjukan SIKM kemudian dites kesehatannya, jika memenuhi itu maka yang bersangkutan boleh melintasi," ucap dia.

SUMUR


duhhh kasihaannn yaah yg dibawahh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Mudik di Jabodetabek Dilarang, Wali Kota Tangerang: Kami di Lapangan Bingung
Yang penting pakek masker woi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ayangKFC dan 33 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Walikota aja bingung apalagi rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satriadama dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Lagi kondisi gini
Covid masih tinggi
Tetangga seperti india sedang gawat
Ya baiknya silaturahmi yg dekat2 saja sama tetangga
Sayangi keluarga
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan Jazed memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Linglung
Pemerintahan yang mencla mencle emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satriadama dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gimana ga bingung lah
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ketika pemerintahnya bingung
dan masyarakatnya masa bodo
.....
.....
.....
.....
tinggal berharap saja jangan kek indihe


emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satriadama dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Udah lah gak biarin aja sih, hidup kok jadi ribet begini gegara virus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satriadama dan 4 lainnya memberi reputasi
emg koronak masih ada?emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
durexz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yg mau mudik keluarin duit ekstra ajalah untik memenuhi persyaratan yg diminta. Duit...duit...duit...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satriadama dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Serba kacau emoticon-Cape d...
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Cuma bisa ngelus dada n wkwkwk emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
satriadama dan aloha.duarr memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gagap. Pdhl udh jauh" hari planning ngatasi pemudik di lebaran tahun ini. 2 kali lebaran.lihat nt hasilnya kek mana.
profile-picture
profile-picture
satriadama dan biawakman memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Udah aturan gak jelas, petugas yang dilapangan juga bertindak ga jelas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satriadama dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Ngakak +62
profile-picture
leonmika memberi reputasi
lapangan apa pak?

lapangan bola, basket, badminton, atau apa emoticon-Hammer2
Yaa gmn istana jg bingung mengelola pemerintahan, yg penting keluar peraturan dl deh...perihal aplikasi lapangan urusan nanti...yg penting keliatan kerja dl..
Dungu gpp, yg penting keliatan kerja..emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan 4 lainnya memberi reputasi
Bodo amat
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tidur aja
profile-picture
daimond25 memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di