CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Makin Bingung! Mudik di Wilayah Aglomerasi Juga Dilarang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609489ab0ba64602417ca45c/makin-bingung-mudik-di-wilayah-aglomerasi-juga-dilarang

Makin Bingung! Mudik di Wilayah Aglomerasi Juga Dilarang



Makin Bingung! Mudik di Wilayah Aglomerasi Juga Dilarang Foto: Penyekatan mudik di Tol Cikarang, Jawa Barat. (AP/Achmad Ibrahim)


Jakarta, CNBC Indonesia - Hari Pertama diberlakukannya kebijakan peniadaan mudik masih terdapat kebingungan di tengah-tengah masyarakat. Dari laporan yang diterima Satgas Penanganan Covid-19, terjadi penumpukan penumpang angkutan umum yang tidak bisa melewati pintu penyekatan akibat tidak memenuhi syarat perjalanan.


Terkait hal ini, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat memahami dengan baik kebijakan pelarangan mudik yang telah disosialisasikan sebelumnya.

Secara tegas, pemerintah melarang kegiatan mudik lebaran, apapun bentuknya baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi. Tujuannya mencegah secara maksimal terjadinya interaksi fisik yang menjadi cara virus bertransmisi dari satu orang ke orang lainnya.

"Untuk memecah kebingungan di masyarakat soal mudik lokal di wilayah aglomerasi, saya tegaskan bahwa pemerintah melarang apapun bentuk mudik, baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi."
"Namun, kegiatan selain mudik di suatu wilayah kabupaten/kota atau aglomerasi khususnya di sektor-sektor esensial, akan tetap beroperasi tanpa penyekatan apapun, demi melancarkan kegiatan sosial ekonomi daerah," Wiku dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/5/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Terkait kegiatan di sektor-sektor esensial ini, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap potensi penularan dalam satu wilayah. Karena operasionalnya telah diatur dalam kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kabupaten/kota maupun PKKM Mikro, baik melalui pengaturan kapasitas maupun jam operasionalnya.

Untuk lebih jelasnya, wilayah-wilayah aglomerasi yang dimaksud ialah di Sulawesi Selatan terdapat di Makassar, Sungguminasa, Takalar dan Maros. Di Sumatera Utara terdapat di Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo. Di Jawa Timur di Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan. Di Jawa Barat yang masuk wilayah Bandung Raya. Lalu yang masuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi). Di Jawa Tengah Semarang, Kendal dan Purwodadi serta yang masuk Solo Raya. Serta di DI Yogyakarta yang masuk dalam wilayah Yogyakarta Raya.

Masyarakat yang berkegiatan di dalam wilayah-wilayah tersebut tetap diwajibkan mematuhi ketentuan yang sudan ditetapkan. Dan bagi yang nekat melakukan perjalanan tanpa surat hasil negatif Covid-19 dan maupun surat izin pelaku perjalanan.

Aparat berwenang jelas akan menjatuhkan sanksi terhadap pelanggaran. Yakni bagi kendaraan travel gelap (plat hitam) dilakukan penahanan kendaraan selama masa peniadaan mudik oleh Polri dan penumpang dikembalikan ke daerah asal.
Lalu, untuk penyalahgunaan angkutan barang untuk mudik akan dijatuhkan sanksi berupa dilakukan penyitaan kendaraan oleh Polri dan pemberian sanksi berupa denda.

Bagi operator angkutan umum ataupun badan usaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) akan disanksi berupa dikeluarkan dari jadwal pelayanan dan dilarang beroperasi selama periode Idul Fitri. Untuk itu perusahaan angkutan umum diminta kerjasamanya untuk mengembalikan ke daerah awal pemberangkatan bagi para penumpang yang tidak memenuhi persyaratan perjalanan.

Dengan demikian, pada penumpang tidak terlantar dan menimbulkan penumpukan di pintu-pintu penyekatan. "Bagi siapapun yang berani melanggar kebijakan ini maka harus siap dengan konsekuensinya," tegas Wiku.


SUMUR

kemaren denger denger dr pondok aren ke ciledug aja pake SIKM yaa emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
waduh, jabodetabek juga kekny
Kalau dalam satu Kelurahan masih boleh kan ya
profile-picture
profile-picture
telkomselindiho dan semut025 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ye ambigu bet...kemarin mo kerja juga gitu.
Lintas kabupaten krn kerja dikawasan cikarang.
Lah mo masuk dicegat ditol, pdhl pake bus jemputan karyawan dan ada surat tugas sopir nya.
Ini masih ngeyel aja petugas yg menyitas pemudik.
Opo ndak lihatin karyawan pake seragam dan pasti beda jauh ma pemudik.
Lah usia remaja semua cantik2 lagi.
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wesly771 dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 37 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 37 balasan
Temen ane kerja di jakarta, mau pulang kerumahnya di depok dicegat polisi disuruh muter balik emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wesly771 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 27 balasan
njir.. apakabarnya gw yg rumah di bekasi kerja di bintaro.. sekali jalan lintas 3 kota haha..
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kaga kok
Asal aglomerasi nya ga disalah gunakan
Silahturahmi yg deket2 aja
Lagi kondisi gini
Tau dirilah
Sayangilah keluarga
Yang mo kerja juga pada disuruh puter balik kah? emoticon-Bingung
Diubah oleh vk4501h
Nelepon kan masih bisa ga perlu jalan-jalan kalau mau lebaran

itu yang dilapangan juga mesti paham lagi, mana yang mudik mana yang pergi kerja.

KRL aja yg tadinya sampai rangkas bitung sekarang cuman sampai Cikoya.
emoticon-Traveller
profile-picture
daimond25 memberi reputasi
kebjakan yg tidak dipikirkan matang2 ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pos_ronda dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Makanya hangan tolol
tindakan mereka semakin aneh, belom cukup untung kah jualan penyakit sampe vaksin
cuma gara2 ditanya kenapa masih ada yg mudik dijawab, mereka bukan mudik tapi pulkam
yg jadi masalah si penanya kenapa masih ada yg berpergian, bukan perginy kemana tujuanny dmn
coba anies yg lip service kek gitu
pasti dibilang gubernur jago ngomong lah

gua sih gk masalah sama orang yg buat statement masalah mudik pulkam tsb, tapi pemilihny ini yg bgst, ngerasa paling indonesia, paling bener
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sweet arsenic dan 13 lainnya memberi reputasi
yan aglomerasi itu yang susah.....acara ngumpul2 bareng antar komplek atau antar gang......kan tetep ngumpul2 jadinya......emoticon-Nohope
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dari presiden sampai satpol pp pun pasti bingung dengan keadaan sekarang, palagi wna india ada yg tembus
Mudik tdk sama dengan pulkam
Kerumunan beda dengan banyak orang
Mau kerja dianggap mudik
Mudik beda dengan wisata
Ngga boleh kemana mana tapi.....(ada tapinya)
Boleh bepergian asal bla bla bla

Jaga diri sendiri saja lah. Semuanya pada mumet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chang.nana dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
karena nggak pakai sistem yang benar. harusnya sejak awal PSBB, pemerintah buat database perusahaan yang boleh beroperasi selama masa pandemi berikut database pegawainya. semua pegawai yang kerja diberi 1 QR code yang tinggal di-scan oleh petugas penyekatan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Indonesia banget
ke mana aja ??
Apakah Sengaja dibuat bingung biar masyarakatnya tkt n diem drmh ? emoticon-Big Grin
Jangan kaget
profile-picture
HenriAja memberi reputasi
Biasa ajaj

Maho ke sebelah
emoticon-Cools
Diubah oleh mbambungz
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di