CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengapa Petir Bisa Mengeluarkan Suara Keras, Sampai Bikin Jantung Mau Copot?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60945829e9e5d7366d055881/mengapa-petir-bisa-mengeluarkan-suara-keras-sampai-bikin-jantung-mau-copot

Mengapa Petir Bisa Mengeluarkan Suara Keras, Sampai Bikin Jantung Mau Copot?

Mengapa Petir Bisa Mengeluarkan Suara Keras, Sampai Bikin Jantung Mau Copot?

Ppernah gak sie ente bertanya-tanya kenapa sih petir bisa mengeluarkan suara keras sampai bikin kita kaget? Sebenarnya pertanyaan ini dulu kita pernah pelajari di sekolah tepat nya di perpustakaan karena jujur ane pas pelajaran tentang ilmu pengetahuan alam gak pernah di kasih pertanyaan ini dari guru atau di kurikulum pada zaman nya.

Sehingga ane dapat jaman ini dari buku perpustakaan dan internet, jadi pertama tama petir itu adalah fenomena pelepasan muatan listrik akibat perbedaan potensial(muatan positif dan negatif) yang lebih tinggi antara awan dengan lingkungan untuk mentralkan kondisi.

Mengapa Petir Bisa Mengeluarkan Suara Keras, Sampai Bikin Jantung Mau Copot?

Jadi bagaimana sih petir menciptakan suara yang bikin kita kaget dan jantungan? Nah kuncinya pada suhu bre, dan suhu petir itu memiliki suhu yang cukup panas sekitar 30.000 derajat selcius atau gampang nya setara sama panas permukaan matahari, hm buset dah. Jadi inget di Indonesia kayak nya Cuma dukun ponari yang bisa tahan sama panas nya di samber petir dan malah jadi punya kekuatan magic lagi.

Nah kembali lagi ketopik disaat petir menyambar, petir itu sendiri melewati udara disekitar dan membuat udara tersebut mengalami perubahan suhu yang sangat ektrem. Dan karena pemanasan udara secara ekstrem akan membuatnya mengembang secara eksplosif sehingga tercipta-lah suara sangat keras, bre.

Mengapa Petir Bisa Mengeluarkan Suara Keras, Sampai Bikin Jantung Mau Copot?

Itu terjadi karena udara memuai ketika terkna panas dan membuat volumenya meningkat secara ekstrem. Dan terciptakan lah sebuah ledakan udara yang berutun yang sangat keras. Suara yang tercipta pun cukup bervariasi tergantung bentuk petir. Jika petir nya vertical, maka suara nya cukup keras tapi hanya sekali. Tapi jika petir nya bercabang, maka suaranya menggelegar secara beruntun.

Spoiler for video suara petir menyambar:


Nah itu dia bre, penjelasan mengapa petir bisa bersuara keras sampai bikin kita deg-degan waktu denger nya. terimakasih sudah membaca, jangan lupa tulis pendapat kalian tentang petir di kolom komentar dan semoga bermanfaat.

Penulis: novaajinugroho

Sumber referensilink


profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh novaajinugroho
Halaman 1 dari 2
jadi seperti itu bre, penjelasan nya
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
jadi inget ponari emoticon-Leh Uga
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
serem juga ya emoticon-Takut (S)
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
lumyan tambah wawasan
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iya sih ane denger sekali auto deg degan takut
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kekuatan ppanasnya gede banget ya ...makanya kalau tersambar petir sampai ada yang terbakar juga.
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Oouw, sekarang eike bisa tidur dengan tenang emoticon-Embarrassment
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
satu lagi bre yg bisa bertahan dari petir, Gundala
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sekarang memang sudah hampir memasuki musim kemarau gan, tapi masih sering hujan. Sehingga tetap waspada saja agar ketika terjadi petir-petir bisa di rumah saja atau di tempat yang pas.
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mantapp gan penjelasannya, nanti ane kasih tau nenek ane deh. soalnya kalo ada petir yang beruntun doi bilangnya lagi ada tsunami, tapi kalo bunyi kenceng tapi sekali ada yang kesamber gann ahaha tp bercandann ajeeemoticon-Cendol Gan
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ternyata begini toh
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Anak IPS nyimak gan...thank u infonya
Mengapa Petir Bisa Mengeluarkan Suara Keras, Sampai Bikin Jantung Mau Copot?
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
tapi thanos kena petir mjolnir yg di pegang steve rogers cm geli2 doang ya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
buset panas bngt
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
The Flash
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo mau lebih jelas lagi tanya sama atta halilintar n gundala putra petir
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Diubah oleh isu152
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ooh macem tu yaa..

selama ini sih ga pernah kepikiran jg.. haha..

tp makasi gan inponya..

emoticon-2 Jempol
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
nih gan, setau ane kekuatan petir atau kilatan itu bisa sampe 1,21 GigaWatt
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ponari suet, keringatnya membuat semua orang bahagia

emoticon-Toast
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Menurut ane, suara petir itu suara paling keren di planet bumi emoticon-Jempol
profile-picture
novaajinugroho memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di