CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Inilah Alasan Mengapa Truk Dan Bus Zaman Dulu Setirnya Besar, Bukan Sembarangan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60940b6c1a3ef411b52b93bd/inilah-alasan-mengapa-truk-dan-bus-zaman-dulu-setirnya-besar-bukan-sembarangan

Inilah Alasan Mengapa Truk Dan Bus Zaman Dulu Setirnya Besar, Bukan Sembarangan

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa truk dan bus zaman dulu setirnya besar.

Inilah Alasan Mengapa Truk Dan Bus Zaman Dulu Setirnya Besar, Bukan Sembarangan



Jika melihat truk dan bus zaman dahulu, truk dan bus Eropa terutama seperti Mercedes-Benz OF 1113, OH 1521, Mercedes Tepak, atau Mercedes-Benz OH 1525, Gansis akan menemukan bahwa setir dari bus dan truk tersebut diameternya sangat besar.

Tetapi, jika melihat truk dan bus zaman sekarang, terlihat bahwa setirnya mengecil. Bisa dilihat dari ukuran setir milik truk Mercedes-Benz Axor, Actros, bus Mercedes-Benz terbaru, Scania K410IB, dan lain sebagainya.

Inilah Alasan Mengapa Truk Dan Bus Zaman Dulu Setirnya Besar, Bukan Sembarangan



Tentunya, hal ini mungkin menimbulkan pertanyaan. Mengapa bus dan truk zaman dahulu setirnya besar dan zaman sekarang setirnya lebih mengecil? Nah, oleh karena itu, ane akan membahasnya di thread satu ini.

1. Truk Dan Bus Zaman Dahulu Tak Memiliki Power Steering


Inilah Alasan Mengapa Truk Dan Bus Zaman Dulu Setirnya Besar, Bukan Sembarangan



Tentu, truk dan bus zaman dahulu masih mengandalkan "steering by power" atau tanpa power steering. Dengan ukuran ban yang sangat besar (R20-R22,5), setir akan menjadi sangat berat.

Untuk mengakalinya, produsen memasangkan setir yang besar. Setir yang besar akan membantu meringankan sistem "Steering By Power" yang ada di truk atau bus tersebut Gansis.

Inilah Alasan Mengapa Truk Dan Bus Zaman Dulu Setirnya Besar, Bukan Sembarangan



Logikanya sih seperti gigi transmisi. Dengan rasio yang semakin besar, tentu akan semakin ringan tetapi semakin banyak putaran yang harus dilakukan. Sebaliknya, dengan rasio yang rendah, akan semakin berat tetapi semakin sedikit putaran yang harus dilakukan.

Jikalau ada power steering pun, rata-rata power steering truk dan bus zaman dulu setahu ane masih tak seringan sekarang. Jadi, akan lebih baik jika mengandalkan stir dengan dimensi yang besar.

2. Safety


Inilah Alasan Mengapa Truk Dan Bus Zaman Dulu Setirnya Besar, Bukan Sembarangan



Sebenarnya, walaupun sudah mengecil, setir truk dan bus zaman sekarang juga dibuat lebih besar ketimbang setir mobil biasa. Hal ini juga bukan tanpa alasan, dan itu adalah safety. Ini berlaku baik pada setir bus dan truk zaman dahulu maupun setir bus dan truk zaman now. 

Jika setir truk dan bus dibuat seperti setir mobil zaman sekarang, hanya bergeser sekitar 2-3cm saja truk dan bus akan langsung "bergoyang". Berbeda dengan setir berdiameter besar yang tak se-sensitif setir mobil yang berdiameter kecil.

Inilah Alasan Mengapa Truk Dan Bus Zaman Dulu Setirnya Besar, Bukan Sembarangan



Tentunya, hal ini berpengaruh ke aspek safety. Jika terlalu sensitif, tersenggol sedikit saja bus atau truk akan oleng. Hal ini pastinya dapat membahayakan nyawa orang-orang yang ada di dalam bus atau truk. Utamakan keselamatan atau safety first, begitu isi banner-banner yang sering dipasang di proyek-proyek.

Nah, itu dia 2 alasan mengapa bus dan truk terutama zaman dahulu setirnya besar. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 1
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 36 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Pict pertama kayak setir mercy 917 ganemoticon-Ngakak
Baru tau ane alesannya buat safety ganemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
d112za dan jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Biar gak bisa banting stir belok mendadak dan oleng
profile-picture
profile-picture
Gailham dan d112za memberi reputasi
Ane baru tau kalo mekanisme power steering kyk gitu
profile-picture
d112za memberi reputasi
kayaknya kerenan yang setir gede gan. Lebih lakik bgt. Mainnya otot.

Kalau setir kecil kayak nyetir Honda Jazz mobil favorit para mahmud dan mahasiswi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d112za dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Power steering pada mobil-mobil sekarang gan, jadi memang lebih ringan. Untuk jaman dulu memang belum ada jadi berat dan butuh setir besar. Maka penting untuk saat ini memperhatikan power steering sistemnya.
profile-picture
d112za memberi reputasi
Pantesan jaman dulu supir truk keker badannya... Lah sekarang bocil udah bisa pada nyetir..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d112za dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Setir segede Tampa emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albertferdinand dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Itu lah kenapa supir truk pasir tangan nya berotot.
Habis angkat pasir goyang setir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abunsaurus dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pasti gede2 ya otot supir dulu, muter ban segitu beratnya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jlamp dan nowbitool memberi reputasi
Kalo mobil di balap F1 stirnya bisa sampai rasio 1:1 dgn ban
Makanya bis AKAP tidak dipakein stir racing kek di F1 biar manuvernya tidak tambah ugal2an 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Sopir jadul be like: emoticon-Big Grin
Spoiler for :
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 109arnold memberi reputasi
patas patas patas stir besar
emoticon-Jempol
mantabh gan infonya... ternyata seperti itu toh alasannya...
jadi tau banyak gan...
dulu ane pernah naek bus apa gw lupa tapi setirnya pke bekas mobil hijet, gile nih supirnya gue pikir emoticon-Ngakak
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
baru tau ane gan, kalo bis jaman sekerang udah di lengkapin airbag blm ya stirnya?emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semakin canggih semakin ringkas setirnya jaman now
Iyha yah gan 🤣, baru sadar ane kalo setir bus dulu sama sekarang beda 😂
Bus sumber slamet atau sumber kencono gitu gak ya???
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Hoo, iya sih, sepertinya kalo stir kecil bakal lebih banyak putaran, sensitifitasnya tinggi
Saya udah tau
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di