CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sedih, Tanpa Sadar Kita Menciptakan Dinding Ponsel Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6093ab0463c29d126232e3ff/sedih-tanpa-sadar-kita-menciptakan-dinding-ponsel-ini

Sedih, Tanpa Sadar Kita Menciptakan Dinding Ponsel Ini

Sedih, Tanpa Sadar Kita Menciptakan Dinding Ponsel Ini

Agan dan Sista pertama kali punya ponsel tahun berapa? Apakah 15-20 tahun yang lalu? Tentu bentuk dan fungsinya sudah jauh berbeda dengan ponsel yang dimiliki sekarang, kan? Dulu fungsi utama ponsel benar-benar untuk berkomunikasi. Sekarang fungsi ponsel bukan sekadar untuk itu lagi. 
 
Fungsi Ponsel Zaman Now
 
Berdasarkan data Indonesia Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh firma riset DEKA yang dikomisikan Western Digital Corp fungsi ponsel zaman now beragam. Riset terhadap 1.120 responden di 6 kota besar Indonesia yang meliputi Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, serta Makassar terungkap beberapa fungsi utama ponsel saat ini.
Sedih, Tanpa Sadar Kita Menciptakan Dinding Ponsel Ini  Agan dan Sista dapat melihat info grafis di atas, ponsel pintar saat ini sering digunakan untuk:

1. mengambil gambar atau berfoto
2. menelepon
3. chatting
4. merekam video
5. mengakses media sosial.
 
Ponsel ternyata sudah mengambil alih fungsi kamera. Tidak mengherankan apabila jumlah foto yang diambil setiap tahunnya mencapai triliunan dan terus meningkat. Keypoint Intelligence, perusahaan penyedia informasi produk menyebutkan bahwa umat manusia akan mengambil 1.440.000.000.000 foto pada tahun 2021. Artinya 1,4 triliun foto! Pengambilan foto tersebut sekitar 91,4% dengan menggunakan ponsel. Sisanya barulah kamera digital dan komputer tablet.  
 Sedih, Tanpa Sadar Kita Menciptakan Dinding Ponsel Ini

Ciptakan Dinding
 
Lima fungsi ponsel di atas sadar atau tidak seringkali membuat kita asyik sendiri. Abai dengan lingkungan sekitar, termasuk keluarga sendiri. Sebagian orang fokus pada konten di ponselnya sehingga lupa, mereka sendang bersama keluarga di rumah, bahkan di ranjang bersama pasangan.
 
Kesyikan dengan ponsel menciptakan dinding. Pemisah diri dengan orang lain bahkan keluarga tercinta. Raga bersama namun jiwa dan pikiran entah di mana. Apabila seseorang berhitung, bisa jadi kebersamaannya dengan keluarga lebih sedikit daripada waktu yang dihabiskan untuk kelayapan di dunia maya.
 
Satu pusat penelitian psikologi bekerja sama dengan Ogilvy, pernah meluncurkan kampanye iklan untuk menggambarkan dinding pemisah akibat penggunaaan ponsel. Dinding telepon memisahkan pasangan, serta orang tua dan anaknya. Miris kalau kita pikirkan secara mendalam.
 
Iklan yang Bikin Sedih

Tiga iklan yang pernah dirilis tahun 2015 itu menggambarkan berbagai anggota keluarga terhalang oleh "dinding ponsel pintar": seorang ibu menjelajahi toko daring untuk melihat-lihat sepatu dan mengabaikan putrinya, seorang ayah menonton video sehingga tidak menyadari kegiatan putranya, dan seorang istri mengirim pesan saat berada di ranjang ketika suaminya terbangun.

Sedih, Tanpa Sadar Kita Menciptakan Dinding Ponsel Ini Sedih, Tanpa Sadar Kita Menciptakan Dinding Ponsel Ini Sedih, Tanpa Sadar Kita Menciptakan Dinding Ponsel Ini

Iklan itu dibuat oleh Donghai Liu saat bekerja di Ogilvy sebagai direktur kreatif. Pesan dalam iklan menggambarkan masalah screen time yang berlebihan di China, sekaligus masyarakat global pada umumnya. Satu kalimat yang menyertai visual iklan: The more you connect, the less you connect  (semakin Anda terhubung, semakin sedikit Anda terhubung). Hal ini terkait perilaku kita yang sering kelayapan di dunia maya sehingga memutuskan hubungan langsung dengan orang-orang terdekat.
 
Benar sekali, semakin sering kita terhubung dengan banyak orang, makin banyak interaksi dengan netizen, makin sedikit waktu interaksi kita dengan keluarga. Terlebih jika netizen yang dimaksud dari seluruh dunia. Perbedaan waktu memungkinkan kita berinteraksi selama 24 jam. Kapan lagi waktu untuk keluarga.
 
Saatnya membatasi diri. Ciptakan waktu tanpa ponsel di rumah. misalnya pukul 18.00 sampai dengan 21.00. Waktu itu paling beharga, tidak bisa kembali. Dan kita hanya punya waktu yang terbatas bersama anak, saudara, atau orang tua kita.

Sumber
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Foto banner ucc.co.ug


emoticon-Toast

emoticon-Cendol Gan



BOLEH BACA JUGA



profile-picture
profile-picture
profile-picture
krstnadi dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Kokonata
Halaman 1 dari 4
Quote:


Makanya pake nokia jadul emoticon-EEK!

Sedih, Tanpa Sadar Kita Menciptakan Dinding Ponsel Ini

Oonphone emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krx48 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Vandisk.
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Sedih, Tanpa Sadar Kita Menciptakan Dinding Ponsel Ini
Jauh terasa dekart, dekat terasa jauh. Ya gitulahhh
profile-picture
agus774 memberi reputasi
Yaa ini bagian dari penyakit modern
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalau penggunaannya berlebihan jadi banyak orang nolep sekarang 😂
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
diri kita sendiri yang bisa mengendalikan, jangan malah sebaliknya dikendalikan teknologi emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Paling males sama orang yang makan sambil main hape emoticon-DP
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ngeri sih kalau ini ya kan gansiss.. Hiksss..
Kita manusia harus punya mindset yang baik akan kegunaan ponsel pintar dan bagaimana relasi kita dengan keluarga... Semangat
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gw kalo weekend pengen rasanya ngematiin hape. Biar bisa full istirahat tanpa risau ada kerjaan.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nilai² moral tergerus oleh medsos

emoticon-Cool
Sebisa mungkin waktu2 acara penting ane menahan diri dari megang hape
profile-picture
risky.jahat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cukup miris sih
profile-picture
mr.croovooc memberi reputasi
Pejwan,,,
emoticon-Cool
Thanks cendolnya gan
Ponsel atau smartphone sekarang sudah tidak terpisahkan dari kehidupan para milenial
Gak bawa ponsel ke kondangan, arisan, rapat, kerja, dll udah bingung sendiri
Di restoran pada pakai ponsel semua
Satu tempat beda dunia
Acara rutin melepas penak
Kaaur + ponsel + kuota = you know lah
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
datang, baca, lupakan
emoticon-Cool
Ya sudahlah
Sama kejadiannya sm ane, tiap ketemu sm bokin mlh sibuk dgn HP nya, sempat ane tegur mlh dia yg lebih marah, serba salah akhirnya mlh ane yg minta maaf.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Suka banget ilustrasinya, ngena 🙄
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sayang banget sebenernya ya.. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
secer memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di