CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Diprotes soal BBM Naik, Edy Telepon Ahok Salahkan Pertamina
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609351912fcbb108aa29e41f/diprotes-soal-bbm-naik-edy-telepon-ahok-salahkan-pertamina

Diprotes soal BBM Naik, Edy Telepon Ahok Salahkan Pertamina

Diprotes soal BBM Naik, Edy Telepon Ahok Salahkan Pertamina

Medan, CNN Indonesia -- Diprotes warga soal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Gubernur Edy Rahmayadi menelepon Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki T. Purnama alias Ahok sambil melemparkan kesalahan.

Diketahui, BBM non-subsidi di Sumut naik Rp200 per liter sejak 1 April 2021. Kenaikan terjadi karena penyesuaian dengan perubahan tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) khusus bahan bakar non-subsidi dari 5,5 persen menjadi 7,5 persen di wilayah Sumut.

Hal itu sempat menuai protes warga dari berbagai kalangan. 

"Saya ditanya, 'Pak, kenapa Pertamina menaikkan minyak karena Pergub bapak?'," ucap Edy, menirukan perbincangan dengan warga, saat ditemui di di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Rabu (5/5).

"Saya juga tak tahu. Saya dikejar ditanya lagi. 'Bapak serius ini?' katanya. Serius, saya bilang. Apa yang kau maksud? Lalu dia jelaskan, oh, ini ternyata persoalannya," lanjut dia. 


Edy pun mengaku langsung menghubungi Komisaris Utama PT Pertamina Ahok. Saat itu, Edy menanyakan soal masalah harga BBM non-subsidi tersebut.

"Kalau ini persoalannya, Pertamina yang salah. Langsung saya telepon Ahok. Ahok saya telpon karena dia Komut Pertamina. 'Hei Ahok, kenapa klean naikkan BBM gara-gara Pergub ku? Lalu dijawab [oleh Ahok], 'enggak ada itu, Bang'," tutur Edy.

"Besoknya DPR rame, ya ampun. Berarti tak sama frekuensi kita. Akhirnya bahas itu terus habis energi. Saya anggap apa yang saya lakukan itu semua tahu. karena hal yang kecil tapi persoalan menjadi besar," urainya.

Edy lantas menjelaskan bahwa perubahan PBBKB itu terkait kondisi ekonomi Sumut yang mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi (PE) di masa pandemi.

Pada 10 Maret 2020, kata dia, pertumbuhan ekonomi Sumut masih 5,22 persen. Pada saat itu, provinsi provinsi lain sudah lebih dulu menaikkan PBBKB.

Namun, Sumut dan Aceh belum melakukannya. Dalam peraturan, PBBKB bisa dinaikkan sampai 10 persen.

"Tapi saat itu saya tak mau menaikkan, karena itu merupakan cadangan devisa saya selaku gubernur. Dari aturan itu diatur sampai 10 persen. Saya tinggal kapan mau saya lakukan saya pergub kan?" ujarnya.

Diprotes soal BBM Naik, Edy Telepon Ahok Salahkan Pertamina
Infografis Beda Strategi Subsidi BBM SBY vs Jokowi. (Foto: CNN Indonesia/Timothy Loen)

"Tahun 2020 untuk apa saya naikkan itu, karena cadangan saya. Harusnya itu tak perlu lagi dibahas, karena itu otomatis," dalih dia.

Pada 2021, lanjut Edy, perekonomian Sumut mengalami kontraksi 1,07 persen. Maka, ia mengeluarkan Peraturan Gubernur Sumut terkait perubahan tarif PBBKB khusus bahan bakar non-subsidi dari 5,5 persen menjadi 7,5 persen di wilayah Sumatera Utara.

"Begitu [PE] yang 5,22 persen, tahun 2021 dia minus menjadi 1,07 persen. Dari mana uangnya harus kita cari untuk menutupi ini? Oke saya naikkan PBBKB 2,5 persen, kita bikin pergub lalu komunikasikan dengan Komisi C," urainya.

"Oke, ditandatangani Komisi C, dapat Rp303 miliar. Jadi saya masih punya cadangan 2,5 persen lagi. Kalau ini tak terkejar lagi, saya naikkan lagi menjadi 10 persen," kata Edy.

Sebelumnya, Unit Manager Communication, Relations, & CSR Regional Sumatra Bagian Utara Taufikurachman membenarkan kenaikan harga BBM itu menyesuaikan dengan Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan PBBKB.

"Mengacu pada perubahan tarif PBBKB yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menjadi 7,5 persen, sesuai dengan surat edaran Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, per tanggal 1 April 2021, maka Pertamina melakukan penyesuaian harga khusus untuk BBM non-subsidi di seluruh wilayah Sumut," tutur dia, Kamis (1/4).

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...hkan-pertamina

Pak edy memang luar biasa.. emoticon-I Love Indonesia (S)

Dia yg bikin pergub kenaikan tarif pajak BBM non subsidi.. Tapi malah pihak pertamina yg d salahin.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wesly771 dan 49 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Halaman 1 dari 7
Mohon maaf. Ini gubernur tahu yg dipermasalahkan? Kok ngomong nyambung kemana mana?

Harusnya tinggal bilang pajak untuk daerah ane naikan jadi ente bayar lebih BBM buat kas daerah. Selesai itu cerita

Emang Pertamina dapat duit lebih dari kenaikan harga BBM non subsidi di Sumatra Utara? Kayanya sih tidak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wesly771 dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Betutubali
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Akhirnya gubernur turun gunung.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 4 lainnya memberi reputasi
Harga BBM naik gara-gara pergubmu pungo..
Bukan pertamina naikan harga dasarnya pergubmu...
Udah tanam ganja aja sana emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan

jadi intinya harganya naik, karena menurut aturan didaerah dia sendiri kan? kenapa ga dijelasin langsung aja sih sama yg nanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 6 lainnya memberi reputasi
Laah, koq bawa2 ahok.. Memang pemprovnya yg mo naekin demi pendapatan daerah kan.. Mpe muter2 ceritanya.. emoticon-Hammer2 emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 6 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Stronggg ini

pajak dinaikkin
tapi harga bbm nya gak boleh naik

yang bayarin pajeknya nanti siapa?
Pak edy kah?

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 8 lainnya memberi reputasi
dan masyaratknya pun manggut2emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Terus terang aja, singkat dan jelas, ini muternya sampe pertamina. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gentayaumal dan 6 lainnya memberi reputasi
Koclok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Gubernur pengangguran ga ada kerja cmn kritik sana sini kerjaanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 5 lainnya memberi reputasi
Dia sendiri yg naikin pbbkb jelas itu di bold dlm rangka bla bla bla....

Yg sebaelah menganut nistan yg satunya gotham city lama2 ambles ekonomi tau sendiri penyakit provinsinya g ad hub dgn bbm ap pertamina.
emoticon-Ngakak



profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Cosmoflip
pokoknya ahok/jokowi selalu salah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Kok jadi terlihat nubitol cem begini pak Edy? Ah sukak2mu lah itu emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
bentar, ini masalah pengurangan subsidi kan?
kalok itu sih gue setuju, mampu beli kendaraan kok minta disubsidi bensinnya, kan anjing.emoticon-Ngakak (S)
udahlah pake gas melon, kendaraan pun minta didiskon. kaum menengah bawah yang hidupnya pas-pasan aja jika tanpa subsidi dan mau berhemat tapi pura-pura kismin melarat.
memang pantas koq disuruh to hell bayar sendiri aja, tapi mbok yo nggak usah lempar-lemparan kesalahan gitu lah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
DAN YG PUBLIK TAU... INI SALAH AHOK...emoticon-Big Grin

eh capslock... males edit.. maap ye.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 8 lainnya memberi reputasi
makanya pilih gubernur jangan yg BEGOK....apalagi yg mirip di +21
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leosilalahi dan 6 lainnya memberi reputasi
"Hei Ahok, kenapa klean naikkan BBM gara-gara Pergub ku?"

orang ini sadar nggak dengan omongannya sendiri? emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh peyotpetot
Kebiasaan malak orang sih, ekonomi turun yg dinaikin harga bbm.

Beresin tuh tukang kutip setoran dr pengusaha, alhasil harga2 barang bakal turun.

Sebagian perputaran uang di medan utk menghidupi pengangguran tukang palak dan keluarga besarnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Edy Rahmayadi yah? gak heran sih... cuma modal ex-TNI saja... emang kalo udah TNI kenapa? Sumatera Utara kapan majunya kalo yg dipilih macem begini yg jadi Gubernur... emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di