CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ahli Sidang Rizieq: Sakit Tapi Mengaku Sehat Itu Bohong
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6092e5c1b67b074ae33294ae/ahli-sidang-rizieq-sakit-tapi-mengaku-sehat-itu-bohong

Ahli Sidang Rizieq: Sakit Tapi Mengaku Sehat Itu Bohong

Ahli Sidang Rizieq: Sakit Tapi Mengaku Sehat Itu BohongJakarta, CNN Indonesia -- Ahli hukum dari Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah mengatakan seseorang yang mengaku sehat namun mengaku sakit dan dipublikasikan secara meluas termasuk kategori berbohong.
Hal ini disampaikan Trubus saat bersaksi sebagai saksi ahli di sidang lanjutan perkara pemalsuan tes swab di RS Ummi dengan terdakwa Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (5/5).

Pernyataan Trubus bermula ketika Jaksa memberikan sebuah contoh kasus yang menunjukkan seseorang sakit.
Namun, orang tersebut justru membuat pengakuan masih sehat dan dipublikasikan secara luas.

"Misalnya saya sakit. Saya kan tahu saya sakit apa, lalu saya publikasikan ke orang bahwa saya tidak sakit, saya sehat-sehat saja. Kenapa harus ditanya? Karena ada faktor penyebab. Kenapa umumkan? Apakah itu melanggar norma, bagian hoaks, memanipulasi fakta?" tanya jaksa kepada Trubus.

Trubus lantas menjawab bahwa informasi tersebut tak sesuai dengan fakta. Bahkan, bisa masuk dalam kategori berbohong.

"Itu berarti menyampaikan suatu informasi yang tidak sesuai fakta. Bisa saja untuk tujuan rekayasa, ada yang ditutupi, atau disembunyikan. Kalau itu yang terjadi, kategorinya bohong," kata Trubus menjawab.

Trubus lantas menjelaskan bahwa berbohong kepada publik sudah masuk dalam pelanggaran hukum. "Nah, itu ada pidananya," ujar Trubus.

Setelah itu, Jaksa kembali menanyakan kepada ahli dengan mengaitkan contoh kasus tersebut dengan Pasal 14 ayat 1 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana yang juga didakwakan kepada Rizieq dalam perkara ini.

"Karena keterangan saya diketahui orang, karena saya sakit, ada orang lain mengetahui, lalu ada yang keberatan, apakah itu melanggar norma, apakah itu bagian dari pasal Pasal 14 ayat 1. Karena ada yang keberatan?" Jaksa kembali bertanya.

Trubus lantas menjawab bahwa pasal 14 Ayat 1 bisa terpenuhi dalam contoh kasus tersebut karena ada saksi yang menyatakan bahwa itu bohong.

Menanggapi itu, Rizieq meminta majelis hakim agar berbagai jawaban Trubus dalam Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) kasus kabar bohong tes swab di RS Ummi untuk dicabut.
Rizieq memprotes bahwa penyidik telah menggiring jawaban saksi ahli melalui pelbagai pertanyaannya dalam BAP tersebut.

"Saya tak ragukan keilmuannya, teori dan kompetensinya bagus sekali. Artinya penyidik yang menyodorkan. Saya hanya jelaskan penyidik ini menggiring dan mengarahkan saksi ahli. Maka itu saya mohon [jawaban di BAP] nomor 13, 14 dan 15 huruf a sampai i itu semua jawaban terhadap fakta," kata Rizieq.

Rizieq menilai seorang ahli yang dihadirkan penyidik seharusnya menjawab berdasarkan keahliannya dan kompetensinya.
Ia mengkritik bahwa penyidik justru menggiring ahli untuk menjawab terkait fakta-fakta saat melakukan BAP.

Rizieq lantas mencontohkan poin 13 dan 14 dalam BAP yang dijawab ahli merupakan jawaban menyangkut fakta.

Poin 13 jawaban ahli dalam BAP menyimpulkan bahwa Rizieq terkonfirmasi covid-19 dan diabetes melitus.
Sementara itu, poin 14 jawaban ahli dalam BAP menyatakan bahwa ucapan Rizieq, Direktur RS Ummi Andi Tatat, menantu Rizieq Hanif Alatas masuk dalam keterangan bohong.

"Saya tak salahkan saksi, saya sampaikan ini jawaban terkait fakta. Kami tolak fakta ditanyakan kepada saksi ahli. Karena ini langsung menyebut," kata Rizieq.

"Ini kesimpulan terhadap fakta. Apa-apa terkait fakta tolong diabaikan," tambahnya.


Diketahui, Rizieq Shihab sempat membuat pernyataan dalam sebuah video terkait pelayanan RS Ummi. Video itu lantas diunggah ke kanal YouTube resmi milik RS Ummi.

Dalam video tersebut, Rizieq mengaku hasil pemeriksaannya baik dan akan pulang dari RS Ummi karena merasa sudah segar.

Dalam dakwaannya, jaksa menilai pernyataan Rizieq itu tidak sesuai dengan hasil tes yang menunjukkan bahwa Rizieq telah dinyatakan positif Covid-19.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...t-itu-bohong/2

Fakta=yang benar terjadi atau keadaannya berkesesuaian.

Simple kogemoticon-Cool

Anda terkena virus koronak dan itu masuk kategori pasien sakit.
Sekalipun anda merasa sehat tapi uji klinisnya ada terpapar koronak yg berbahaya bagi tubuh anda emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ubingaskus dan 23 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 3
Hmmm ya bener sih. Kalo sakit ngakunya sehat itu berarti berbohong emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Rizieq bohong ?
Gak kaget kok emoticon-Big Grin

Rizieq doa untuk keburukan ?
Biasa aja sih emoticon-Smilie

Rizieq mengutuk ?
Bawaan lahir kok emoticon-Smilie

=====

Rizieq mikirin konsekuensi perbuatannya ?
Wow, keajaiban alam emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 19 lainnya memberi reputasi
Koq tidak kaget ya...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dinguserectus3 dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:


mampus itu satu RS kenak emoticon-Leh Uga

kadrun apalagi rajanya kalok bikin susah orang emang niat emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 7 lainnya memberi reputasi
phd boongan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 3 lainnya memberi reputasi
Saat orang terbiasa melakukan kebohongan, maka saat dia bohong pasti kekeh bilang itu ga bohong karena kriteria bohong bagi orang tersebut sudah beda dengan kaidah norma masyarakat yg beradab.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angkatantua dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sifat iblis tapi ngaku ngulamak itu juga bohong.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Nah dia ketemu drMerc trus lanjut ke rs ummi berarti berasa sakit n dibuktikan test pcr positif tapi justru berusaha tutupin

Ngakunya sehat bugar, artinya sengaja berbohong


Dia lupa bhw jangan berbohong ada dlm taurat nabi Musa, perintah Auloh

Sungguh maha benar sang cucu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh takebeer212
Emang tabiat PENDUSTA akan selalu BERDUSTA

Ciri orang munafik ada tiga:

- kalau berkata DUSTA
- kalau berjanji INGKAR
- kalau diberi amanah KHIANAT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan 6 lainnya memberi reputasi
Ahli Sidang Rizieq: Sakit Tapi Mengaku Sehat Itu Bohong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
harusnya jaksa bisa giring ke pertanyaan tentang SOP penanganan orang kontak erat dengan terkonfirmasi positif covid
langsung skak mat itu

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Udah cepetan sidang putusan kek, fakta udah terpampang jelas dan udh diakui terdakwa

Masukin ke bui lamaan dikit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 4 lainnya memberi reputasi
Bibib bebas mau jujur atau bohong. Mungkin gak dpt dosa kali krn turunan nabi emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan kakekane.cell memberi reputasi
Dia pulang aja ada yang sengaja mempersulit.... bohong tapi didiamkan saja
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Berbohong itu memang salah satu karomah dan mukjizat yang dimiliki beliau emoticon-Salaman
profile-picture
apawaal memberi reputasi
dasar pinokio!
petruk!
kang bohong!
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Karomah bibib
sedang sakit tapi segar bugar

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan servesiwi memberi reputasi
Yes!

Ahli Sidang Rizieq: Sakit Tapi Mengaku Sehat Itu Bohong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
dari pembelaan HRS ini, harus diakui lah, HRS ini memang pinter.

kalo seandainya dulu HRS ini sekolah hukum, bisa jadi lawyer handal ini.

apa pun yang diucapin HRS, pasti udah bikin kejet kejang kelonjotan termehek mehek para cebong penjilat kobokan isi-tanah.

dasar cebong, makhluk tak utuh, kepala dan badan nyatu, tek beleher, kayak babi.

cebong pantas disebut babi aer.

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
dik.n4n4s dan parmitu212 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Fakta koq diabaikan emoticon-Cape d...
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di