CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Pesona Embung Walitis di Kaki Gunung Sumbing
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6092bd41a51ca71d10281b51/pesona-embung-walitis-di-kaki-gunung-sumbing

Pesona Embung Walitis di Kaki Gunung Sumbing

Pesona Embung Walitis di Kaki Gunung Sumbing
Pesona Gunung Sumbing memang luar biasa. Di setiap kaki nya terdapat berbagai tempat yang menarik yang memanjakan segala indra.  Tempat-tempat indah itu bertebaran di sekitar Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Dan kali ini agan, ane ajak di kaki gunung Sumbing di sekitar Temanggung, Jawa Tengah.

Pesona Embung Walitis di Kaki Gunung Sumbing

Sebut saja Namanya Kecamatan Selopampang gan. Disana ada Desa bernama Jetis.  Di desa paling atas dan tepatnya di ujung atas desa, ada pohon tertua. Pohon itu terletak  di hutan Rasamala. Namanya Pohon Walitis. Ane pengen sih jalan-jalan kesana, tapi karena keterbatasan waktu. Ane pun terbuai dengan sebuah Embung. Ane pun segera memarkirkan kendaraan ane, tepat diatas Embung.

Pesona Embung Walitis di Kaki Gunung Sumbing

Embung adalah  penampungan air. Ada yang menyebutnya waduk. Embung ini  bertebaran di seantero pulau jawa atau bisa jadi di seluruh Indonesia. Namun mungkin namanya bukan Embung kali ya. Lokasinya biasanya ada diatas gunung. Untuk persediaan air ladang pertanian warga. Tapi dalam perjalanan waktu, Pemandangan di sekitar Embung itu cantik-cantik, hingga jadilah lokasi wisata. Baik lokasi wisata alam maupun lokasi wisata berfoto.  Salah satu Embung yang menjadi destinasi wisata itu terletak di desa Jetis.

Pesona Embung Walitis di Kaki Gunung Sumbing

Embung Walitis namanya. Sebuah tulisan besar terlihat. Tapi Ane juga melihat prasasti bertuliskan Embung Jetis. sepertinya awalnya namanya Embung jetis karena terletak di Desa Jetis, Selopampang, Temanggung, Jawa tengah. Namun kemudian karena ada perubahan yang signifikan, Nama walitis ini dijadikan nama embung jetis karena lebih khas. Lebih-lebih ada pohon Walitis di Hutan Rasamala, tak jauh di Embung Walitis.

Pesona Embung Walitis di Kaki Gunung Sumbing

Embung ini dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) dan Masyarakat Sadar Wisata Jetis. Tempatnya romantis. Pemandangannya sangat asri dan indah, Lebih-lebih kalau Sunrise. Dari Embung Walitis ini kita bisa menikmati tujuh gunung sekaligus. Gunung-gunung itu antara lain Gunung Ungaran, Gunung Andong. Gunung Telomoyo, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Giyanti dan Gunung Sumbing.

Pesona Embung Walitis di Kaki Gunung Sumbing

Fasilitas di Embung ini juga cukup lengkap. Di Embung Walitis terdapat fasilitas sebagai berikut : Gardu Pandang berbagai tingkatan, beberapa Gazebo, Warung, Area permainan anak dan Becak air. Embung Walitis sangat digemari pengunjung saat sunrise dan sunset. Lebih-lebih saat weekend, lokasi  Embung ini akan lumayan cukup ramai. Oleh karena Embung Walitis ini merupakan wisata andalan di Kecamatan Selopampang,  Kabupaten Temanggung.

Pesona Embung Walitis di Kaki Gunung Sumbing


Kalau agan-agan kepengen main ke Embung Walitis, Ingat ya gan lokasinya Jetis, Selopampang, Temanggung, Jawa Tengah. Agan bisa mengikuti petunjuk arah yang ada di internet atau tanya warga.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tulip.putih dan 4 lainnya memberi reputasi
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
Viewnya bagus tapi mengapa gunungnya di sebut gunung sumbingemoticon-Bingung
profile-picture
anomadeni memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
anomadeni memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sejuk kayanya ya gan, pemandangannya indah.. di desa ane juga ada embung sebagai penampung air irigasi pertanian, ada rencana juga sih mau dijadikan wisata tapi entah kapan.. smg segera terwujud. aamiin..
profile-picture
anomadeni memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mayan deket nih dari rumah, besok deh mampir kalau waktu mengizinkan hehe
profile-picture
anomadeni memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
tempat kayak gini hampir bisa dipastikan ada perahu bebek-bebekannya emoticon-Ngakak
profile-picture
anomadeni memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Setiap lihat pemandangan gunung yang penuh dengan tanaman hijau, rasanya mata ini adem ngelihatnya, 7 gunung bisa dilihat sekaligus.. woow keren ya
profile-picture
anomadeni memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pemandangannya memang mantaff nih gan..
Bisaa dijadikan wacana dan siap diagendakan nih gan buat refreshing otak..
profile-picture
anomadeni memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bagus banget nih embung walitis, ane mau banget kesana. Semoga aja deh bisa segera main kesana hehehehe
profile-picture
anomadeni memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap gan thanks infonya
bagus banget ini gan, bisa deh ini kalo waktu ke Temanggung main dulu kesini sebentar buat nenangin pikiran
Baru ya gan
Hemmm nambah wishlist ane nih, mumpung lg di kampung semoga bisa sowan

Yg bansari sama kandangan aja belum kesampaian emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di