CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mengapa Kebanyakan Truk & Bus Memakai Rem Tromol? Ini Dia 2 Alasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6092bcce9ae1fe5cf21b9eed/mengapa-kebanyakan-truk--bus-memakai-rem-tromol-ini-dia-2-alasannya

Mengapa Kebanyakan Truk & Bus Memakai Rem Tromol? Ini Dia 2 Alasannya

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia. Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa kebanyakan truk dan bus masih memakai drum brake atau rem tromol.

Mengapa Kebanyakan Truk & Bus Memakai Rem Tromol? Ini Dia 2 Alasannya



Jikalau melihat spesifikasi sebuah truk dan bus, seperti HIno FG 235 TI, Fuso FN Series, dan Hino RK8 R260, Gansis akan menemukan bahwa truk dan bus tersebut memakai rem tromol di semua rodanya.

Sementara, jika melihat LCGC zaman sekarang seperti Karimun Wagon R atau Toyota Agya yang notabene adalah mobil-mobil "murah", diketahui bahwa LCGC-LCGC tersebut sudah memakai rem cakram di bagian depan.

Mengapa Kebanyakan Truk & Bus Memakai Rem Tromol? Ini Dia 2 Alasannya



Lantas, mengapa sebuah LCGC sudah memakai rem cakram di bagian depan sementara truk dan bus yang sudah ane sebutkan tadi menggunakan rem tromol di keempat rodanya? Nah, oleh karena itu ane akan menjawabnya di thread ini.

1. Kekuatan Pengereman


Mengapa Kebanyakan Truk & Bus Memakai Rem Tromol? Ini Dia 2 Alasannya



Sudah tak bisa dibantah lagi kalau truk dan bus punya G.V.W yang jaaaauhhh lebih berat dari mobil-mobil biasa. Misalnya, Karimun Wagon R yang memiliki bobot kosong sekitar 850-875 kilogram dan memiliki G.V.W sekitar 1,35 ton.

Sementara, truk-truk medium duty 4x2 memiliki G.V.W sekitar 15-16 ton. Tentunya, ini saja sudah melebihi 11x lipat G.V.W dari LCGC seperti Suzuki Karimun Wagon R. Belum lagi, apabila di-overload, tahu sendiri kan kalau mobil barang sering di-overload bahkan hingga dimuat 20 ton untuk 4x2.

Mengapa Kebanyakan Truk & Bus Memakai Rem Tromol? Ini Dia 2 Alasannya



Untuk mencapai pengereman yang optimum, dibutuhkan rem yang lebih kuat. Nah, ini dia alasan utama mengapa truk dan bus memakai rem tromol. Rem tromol memiliki kekuatan pengereman yang lebih baik daripada rem cakram karena cakupan kampas dari rem tromol itu sendiri lebih banyak. 

2. Efisiensi


Mengapa Kebanyakan Truk & Bus Memakai Rem Tromol? Ini Dia 2 Alasannya



Perlu diketahui bahwa biaya pembuatan rem tromol lebih murah daripada rem cakram. Yup, itu faktanya. Biaya pembuatan yang lebih murah membuat harga dari truk dan bus tersebut yang digunakan buat "cari duit" lebih murah pula.

Tentu, hal ini mengakibatkan investasi yang diperlukan untuk sebuah truk maupun bus akan lebih kecil. Alhasil, balik modal pun akan diraih dengan waktu yang lebih singkat Gansis.

Mengapa Kebanyakan Truk & Bus Memakai Rem Tromol? Ini Dia 2 Alasannya



Bukan hanya itu saja. Setahu ane, rem tromol membutuhkan perawatan yang lebih efisien daripada rem cakram. Pastinya, hal ini juga menambah untung pengusaha, sehingga pengusaha bisa makin sukses dengan waktu yang lebih singkat.

Nah, itu dia 2 alasan kenapa kebanyakan truk dan bus masih memakai rem tromol. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 12
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KS06
Halaman 1 dari 2
Performance >< Durability = <;))))><
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Untuk kecepatan tinggi kemampuan melepas panas lebih buruk pada rem drum makanya kendaraan kecil lebih baik pakai rem cakram... Dan penampang gesekan tromol yang luas cukup kuat menahan beban berat. Ada beberapa bus yang sudah memakai rem cakram depan.. kayak volvo B11R.
Cmiiw.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Klo soal panas?cepet panas trs ngelos remnya antara cakram atau tromol?Dgr2 klo truk beban berat lbh byk pke engine break ketimbang ngerem pke kaki (rem tromol/cakram)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Karimun wagon R, belakangnya juga tromol. Btw, ini mobil asyik dibawa sruntulan dalam kota emoticon-Ngakak
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Mejeng di deket kursi supir dulu.. emoticon-Cool
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Truk pake tromol ninja gan wkwk
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ninjes dan jiresh memberi reputasi
hahaha oalah gitu toh, soalnya selama ini gw kalo denger kata2 pengereman pake tromol agak gimana gitu, cuma alesannya tromol dipake buat kendaraan heavy duty biar mengcakup semua toh emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
jiresh dan mc7kaskus memberi reputasi
Klo pake cakram bis akan melintir klo dri kecepqtan tinggi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Menarik sekali
profile-picture
jiresh memberi reputasi
faktor biaya murah, kalau cakram mahal
profile-picture
jiresh memberi reputasi
jedjak emoticon-Paw
profile-picture
jiresh memberi reputasi
kalah sama sepeda sekarang udah banyak yg pake rem cakram
profile-picture
jiresh memberi reputasi
cukup menarik
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Judulnya 3, isinya cuma 2.. emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bloody.calliber dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane baru tau nih mengenai truk pakai rem tromol. Jadi keinget berita kemaren truk yang terbalik gegara rem blong.. tengkyu for sharing this thread gan,.
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tambahan yang nomor 3 : biaya perawatan rem tromol di truk dan bis ini lebih murah dibanding rem cakram.

Ada juga yang memakai rem cakram pada truk dan bis, tapi jarang dipakai.

@ulungrinjani bisa tambahin dulu
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg ke tiga apa gan emoticon-Bingung
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Hino series biasanya kalau ngerem ada suara nguuuuk nya kaya seret gitu. Ane sering merhatiin di sr, eka mira. Entah apakah faktor perawatan atau emang remnya gampang bunyi.
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
rem bus dan truk sekarang itu rem angin, jauh lebih kuat dari tromol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sky aji dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pernah ngerjakan actros rem belakang macet ternyata udah cakram...
Actros 2636 seingatku
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan jiresh memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di