CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Apa Saja Jenis Ban? Ini Dia 4 Jenis Ban dengan Penggunaannya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60923b533179c9316109f342/apa-saja-jenis-ban-ini-dia-4-jenis-ban-dengan-penggunaannya

Apa Saja Jenis Ban? Ini Dia 4 Jenis Ban dengan Penggunaannya!

Apa Saja Jenis Ban? Ini Dia 4 Jenis Ban dengan Penggunaannya!
Pada dunia otomotif, ban termasuk hal yang paling penting untuk kendaraan. Pasalnya, setiap kendaraan pasti membutuhkan roda agar bisa berjalan dengan mulus. Selain itu, ban memiliki fungsi yang vital sebagai alas kendaraan. 

 

Setiap jenis kendaraan pun pastinya menggunakan jenis ban yang berbeda-beda berdasarkan fungsi dan penggunaannya. Contohnya, ban yang digunakan pada mobil untuk sehari-hari dan mobil balap tentunya berbeda. Maka dari itu, berikut ada beberapa jenis ban sesuai fungsi agar tidak salah memilh!

 

1.     Ban Tubeless

Kebanyakan dari kendaraan sekarang telah menggunakan ban tubeless. Ban ini tidak perlu menggunakan ban dalam karena dirancang khusus yang dapat menahan udara.

 

Ban jenis ini juga tidak mudah kempes atau bocor karena dilengkapi oleh lapisan dalam, sehingga saat ban tertusuk oleh benda tajam, maka ban ini tidak langsung kempes. thread dan liner ban akan langsung mencengkram benda tajam tersebut dengan kuat sehingga tidak ada udara yang keluar dari ban.

 

Selain itu, ban ini juga sangat awet dibanding ban biasa sehingga aman dipakai saat hujan. Yang terakhir, ban ini juga dirasa lebih nyaman saat menikung.

 

2.     Ban Bias

Jenis ban bias juga termasuk jenis ban yang banyak dipakai karena ban ini memiliki panas yang berpusat di bagian tengah dan memiliki tapak yang lebih tebal. Hal ini memungkinkan untuk ban bias dalam menahan bobot yang lebih berat dan umumnya digunakan pada kendaraan komersial yang berukuran besar. 

 

Ban biar memiliki struktur benang yang membentuk diagonal atau menyilang, sehingga ban ini hanya berbeda di konstruksinya. Selain itu, ban ini relatif mudah ditemukan dengan harga terjangkau.

 

3.     Ban Radial

Ban radial cocok untuk kendaraan yang membawa penumpang karena lebih ringan dan memiliki daya cengkram yang lebih baik pada permukaan jalan.  Selain itu, ban jenis ini tahan untuk dipakai di kondisi yang panas saat memacu kendaraan pada kecepatan tinggi.

 

Ban jenis ini memiliki lapisan serat yang menyilang lingkar pada ban. Sayangnya, harga ban ini relatif jauh lebih mahal dari ban bias karena biasanya digunakan untuk para penggemar motor balap.

 

4.     Ban RFT (Run Flat Tyre)

Jenis ban ini dapat berjalan pada kecepatan tertentu meski keadaannya dalam tekanan angin 0 atau kempes. Ini merupakan keunggulan dari ban RFT karena jenis ban lain mungkin akan rusak dan tercabik-cabik apabila kondisinya kempes dan bocor. 

 

Meskipun ban ini dapat digunakan dalam 80 km/jam dalam kondisi kempes, namun harga ban ini adalah 2-3 kali lipat lebih mahal dari ban biasa. 

 

Beberapa jenis ban diatas tersebut merupakan jenis-jenis ban yang biasa dipakai dan memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Gunakan ban yang sesuai dengan tipe kendaraan agar kualitas berkendara semakin baik dan nyaman ya. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa secara rutin ban jika akan digunakan untuk perjalanan jauh. 

 

Dalam menjaga kondisi ban, ada baiknya untuk melakukan pengecekan dan perawatan pada ban. Salah satunya adalah dengan menggunakan InovaTrack sebagai GPS Tracker kendaraan yang akan menjadwalkan hari perawatan kendaraan. Jadwal tersebut dibuat otomatis secara akurat oleh InovaTrack berdasarkan durasi dan jarak tempuh yang sudah dilalui kendaraan.

 

Otomatis, InovaTrack akan membuat efisien dan mengurangi biaya operasional untuk perawatan kendaraan. Yuk, segera pasang InovaTrack. Gratis untuk uji coba juga!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 2 lainnya memberi reputasi
Gue ubek ubek nih Velg, ternyata punya Smart-Brabus..
Cakep juga sih.
profile-picture
profile-picture
inovanews dan davecchio memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ban vulkanisir enjoyer
1. Ban H/T atau High Terrain dipakai untuk permukaan jalan rata dan keras. Ban HT tidak cocok di jalan berlumpur, tanah licin, kerikil, berpasir, berbatu licin.
2. Ban A/T atau All Terrain, dapa digunakan di jalan aspal maupun berlumpur hanya gripnya sedikit kurang karena kompromi dua alam.
3. Ban M/T atau Mud Terrain. Sesuai namanya ban ini diperuntukkan untuk jalan licin, berlumpur karena kembangannya yang besar dan kasar. Tidak cocok di jalan aspal karena komponnya soft sehingga berisik dan akan cepat habis bila tidak dalam habitat aslinya.
Cmiiw
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pakai ban tubeless kalau ane emoticon-Matabelo
Diubah oleh indramamoth
wah ane baru tau nih ada jenis jenis ban ginii ane tau nya cuma ada ban kering sama ban basah aja sih
Ane cm taunya Ban TT dan TL doank emoticon-Hammer


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di