CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mengapa Truk dan Bus Memakai Mesin Diesel? Inilah Beberapa Alasannya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60923a7474f0c96ac9578fb1/mengapa-truk-dan-bus-memakai-mesin-diesel-inilah-beberapa-alasannya

Mengapa Truk dan Bus Memakai Mesin Diesel? Inilah Beberapa Alasannya!

Mengapa Truk dan Bus Memakai Mesin Diesel? Inilah Beberapa Alasannya!

Ada dua jenis mesin dalam dunia otomotif, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Mesin bensin terdapat pada kendaraan kecil seperti mobil, sedangkan mesin diesel digunakan pada kendaraan besar seperti truk dan bus.
 

Mesin diesel sendiri memang dikenal khusus untuk kendaraan besar seperti truk dan bus. Tak jarang, masih banyak yang belum mengetahui mengapa kendaraan besar memakai mesin khusus tidak seperti kendaraan biasa. Maka dari itu, berikut beberapa alasan mengapa mesin diesel digunakan pada kendaraan truk dan bus di Indonesia.

 

1.     Torsi Tertinggi

Mesin diesel sendiri dikenal sebagai mesin pekerja keras karena daya yang diperlukan untuk menjalankan kendaraan besar seperti truk dan bus pastinya sangat besar. Daya yang besar itu dapat bisa menjalankan truk dan bus dalam kecepatan lambat. Torsi dari mesin diesel pun berasal dari rasio kompresi.

 

Terdapat lima faktor utama mengapa mesin diesel menghasilkan torsi besar yaitu rasio kompresi, laju pembakaran, turbo, densitas energi, dan panjang stroke. Itulah mengapa mesin diesel memerlukan kompresi yang besar karena mesin diesel memiliki prinsip semakin tinggi kompresi maka semakin besar torsi yang dihasilkan. 

 

2.     Efisiensi Bahan Bakar

Mesin diesel yang menggunakan solar memang lebih hemat dari pada mesin bensin biasa. Hal ini dikarenakan bahan bakar yang digunakan saat fase pembakaran saja. Semakin tinggi suhu, maka percikan pengapian cepat akan menghasilkan daya yang besar untuk kendaraan berat. Pembakaran inilah dianggap paling efisien karena solar merupakan bahan bakar yang dapat dibakar pada suhu sedang. 

 

Selain itu, mesin diesel dapat memangkas biaya bahan bakar karena tidak perlu mengisi tangki terlalu sering dan bahan bakar solar relatif lebih murah dibandingkan bahan bakar mesin. 

 

3.     Perawatan Mudah

Selain hemat dalam bahan bakar, mesin diesel juga unggul dalam hal perawatan karena komponennya tidak serumit mesin bensin biasa. Material yang digunakan pun sangat kuat yang mayoritas menggunakan baja dan dapat beroperasi lebih lama. Hal ini juga menguntungkan karena mesin diesel lebih minim masalah. 

 

Selain itu, mesin diesel dapat digunakan untuk jangka panjang dibanding mesin bensin meskipun harganya lebih mahal. Maka, itulah mengapa mesin diesel lebih tangguh dan tahan lama yang cocok untuk perjalanan jauh baik kantar kota dan provinsi.

Itulah beberapa alasan mengapa mesin diesel digunakan pada kendaraan besar yang umumnya selalu membawa muatan yang beratnya beribu kilogram. Maka dari itu, kendaraan besar sama sekali tidak cocok menggunakan mesin bensin yang pastinya bahan bakar akan lebih boros dan menguras biaya operasional.

 

Dalam mencegah pemborosan bahan bakar dan biaya operasional berlebihan dalam perawatan kendaraan besar bermesin diesel, InovaTrack sebagai GPS Tracker sangat cocok untuk dipasang di kendaraan besar. Fitur bahan bakar yang dimiliki InovaTrack dapat mengukur konsumi bahan bakar kendaraan besar berdasarkan durasi dan jarak tempuh perjalanan, apakah sesuai atau tidak. 

 

Hal tersebut juga akan menguntungkan pemilik kendaraan berat karena akan memangkas biaya bahan bakar yang berlebihan. Selain itu, jika terdeteksi bahwa bahan bakar tiba-tiba habis di beberapa titik, maka pemilik kendaraan besar dapat mengetahui penyebabnya. Apakah terjadi pencurian bahan bakar atau pengemudi yang membuat boros.

 

Segera gunakan InovaTrack sebagai GPS Tracker di kendaraan besar dan dapatkan berbagai keuntungannya untuk bisnis!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
345uki dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh inovanews
4. durability mesin diesel yang LUAR BIASAemoticon-I Love Indonesia (S)
Minusnya, asepnya item banget, apalagi kalo lagi bejek gas, bisa jadi media eksekusi koruptor di ruang hukuman.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emang solar lebih bagus sih dari bensin. kadang penasaran juga kenapa mobil biasa banyakan bensin daripada diesel.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Torsinya gede bikin pembuangan asapnya gede juga.. sayangnya solar di indo kualitasnya masih jelek.. pas sudah jadi kombinasi maut.. di jalan tiap akselerasi dikit langsung fogging asep wkwk
Perawatan lebih mudah ya buat kendaraan berat kayak gitu
Sekarang bukan hanya bis n truk yg pake diesel, kendaraan pribadi juga, tuh kek innova reborn diesel...emoticon-Ngacir


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di