CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Alat Penyelamat Hidup Pasien Kanker, Dengan Metode Teknologi Microneedles
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609159b41da94f33223d48af/alat-penyelamat-hidup-pasien-kanker-dengan-metode-teknologi-microneedles

Alat Penyelamat Hidup Pasien Kanker, Dengan Metode Teknologi Microneedles

Alat Penyelamat Hidup Pasien Kanker, Dengan Metode Teknologi Microneedles
Foto tikus percobaan | mediexpose.com

Sebuah tim peneliti di Chinese General University of Hong Kong telah mengembangkan sebuah teknologi medis dengan menggunakan jarum Microneedles, dimana sel punca (Stem Cell) yang merupakan sebuah sel yang belum terspesialisasi dan juga memiliki karakteristik berbeda dengan sel tubuh lainnya, yang dapat dikirim ke lapisan dermis yang merupakan lapisan dalam di bawah kulit.

Para ilmuwan juga memastikan bahwa jarum mikroskopis ini telah membuka harapan hidup di masa depan bagi penderita penyakit kanker. Metode Microneedles dapat digunakan untuk metode pengobatan beberapa penyakit terutama berbagai jenis kanker.

Penelitian teknologi Microneedles ini dipimpin oleh Zhou Chengyi yang merupakan asisten profesor di departemen teknik biomedis universitas. Mereka telah berhasil melakukan eksperimen pada tikus, dan hasilnya memiliki respons yang signifikan terhadap kanker yang di idap tikus percobaan tersebut.

Alat Penyelamat Hidup Pasien Kanker, Dengan Metode Teknologi Microneedles
Foto tikus percobaan | mediexpose.com

Jarum ini mirip dengan sepotong kulit dan panjangnya tidak melebihi satu milimeter dan bekerja dengan sistem teknologi pendinginan. Melalui jarum ini, sel-sel hidup disimpan di dalam jarum untuk dimasukkan dengan cara menyuntikkan ke dalam lapisan kulit dermis yang terletak di bawah epidermis.

Profesor Zhou mengatakan bahwa terapi sel induk adalah metode pengobatan yang menjanjikan untuk memberantas penyakit tumor karsinoid. Namun dia menambahkan bahwa mekanisme ini terhambat oleh banyak kendala yang saat ini belum terselesaikan.

Alat Penyelamat Hidup Pasien Kanker, Dengan Metode Teknologi Microneedles
Foto tikus percobaan | mediexpose.com

Dia menjelaskan bahwa proses pemasukan sel-sel ini cukup menyakitkan, nyeri dan berefisiensi denyut rendah. Sebelum disuntikkan jarum di isi sel induk, kemudian jarum langsung disuntik ke kulit tempat kanker atau tumor berada. Sel induk yang di masukkan ke jarum dilepaskan ke dalam kulit dermis. Jarum ini juga dapat disimpan di lemari es untuk jangka waktu hingga beberapa bulan, atau sesuai masa waktu berlakunya.

Tim peneliti menyatakan bahwa inovasi baru tidak hanya sebatas penghantaran sel punca, tetapi melalui inovasi baru ini dapat menghantarkan beberapa bahan lain seperti: protein, DNA, dan vaksin.

Dan pengembangan teknologi ini masih terus dikembangkan agar memiliki tingkat keakuratan yang maksimal.



Referensi: 1. thehealthnewsexpress.com - Scientists invent cryomicroneedles for intradermal therapeutic cell supply

2. mediexpose.com - Scientists invent cryomicroneedles for intradermal therapeutic cell delivery
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Bermanfaat gaes
profile-picture
Sambelterasi052 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ht sepi bener.

Semoga beneran bisa sembuhin kanker
profile-picture
Sambelterasi052 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah ni prinsip kerja futon rasenshuriken, microneedles
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Tapi ini belum teruji ke pasien manusia kan ya??emoticon-Bingung
Serem juga klo dicoba...
Pejwan,,,
emoticon-Cool
Masih panjang perjalanannya hingga dapat perijinan medis se-dunia dan kepentingan2nya....
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jadi kankernya dimsukin sel sehat gitu? gimana sih? gak ngerti
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mau pakai barang cina?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wahh ini baru mantab, gunakan teknologi u/ kemajuan dunia...
Semoga difasilitasi pemerintah china dan dapat dibagikan ke negara lain
Masih tahap percobaan. Semoga bisa untuk penderita kanker darah dan kanker tulang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semoga menjadi titik temu bagi penderita kanker, amin
Tambah maju ya, semoga bisa berhasil uji teknis ke manusia

Gua berdoa bagi siapapun yg sedang sakit cancer

Takut....Semoga Tuhan selalu senantiasa memberikan kesehatan bagi kita semua...
Jangan lupa ucap syukur sob kalo lu bangun pagi walau blm banyak uang...tapi Tuhan masih memberikan kesehatan pada kamu.


Tetangga gua..mkaya raya bingit tapi kena kanker...ya uang kayak ga berharga gitu deh...demi bertaham hidup.


Tuhan Kasihanilah kami orang berdosa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
weidenfeller dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semoga terus berkembang dan berhasil penelitiannya.
Bermanfaat
Semoga bener2 bisa dikembangkan dan efektif mengobati kanker. Tapi menyakitkan gitu ya emoticon-Matabelo
Hemm ujicoba edo tensei..yg bangkit si tikusnya..emoticon-Sundul Up
semoga bener bisa nyembuhin kanker
suka ga tega sama yg sakit kanker emoticon-Frown
Semoga bs bnr" bisa mengobati kanker dan teruji keafdolannya 😂🤲
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di