CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bola Api Misterius Di Tanah Depok Dan Sejarah Setu Gugur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6091596afa0ef232f37350a3/bola-api-misterius-di-tanah-depok-dan-sejarah-setu-gugur

Bola Api Misterius Di Tanah Depok Dan Sejarah Setu Gugur

Dalam mitologi tanah air, kita sering mendengar tentang Banaspati yang biasanya sebutan untuk sosok wujud api dengan elemen panas sebagai bagian utamanya. Biasanya sosok Banaspati terbang rendah dilangit-langit senja hingga dini hari tiba. Dalam sebuah kelompok masyarakat, Banaspati juga identik dengan praktek ilmu hitam berupa santet.

Konon hanya segelintir orang yang mampu melihat objek bola api dari dunia lain tersebut, tetapi ada hal yang tidak lazim di Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok. Setiap orang dibuat terpana dengan kemunculan bola api misterius yang rutin datang setiap malam pergantian tahun.

Warga setempat menyebutnya Braja, fenomena misteri yang hingga kini belum jelas akal musababnya. Tak hanya satu atau dua bola api, ada puluhan Braja bersemayam di area Kelurahan Pasir Putih. Bagaimana bisa makhluk astral berbentuk bola api tersebut seolah menyapa ribuan warga pada setiap malam pergantian tahun.

1. Setu Gugur

Bola Api Misterius Di Tanah Depok Dan Sejarah Setu Gugur

Fenomena bola api atau Braja yang muncul setiap malam pergantian tahun di wilayah Pasir Putih menjadi ciri khas tersendiri bagi wilayah tersebut. Ditarik dari awal asal usulnya, fenomena magis ini tak bisa dilepaskan dari keberadaan bekas Setu atau Telaga yang dibangun pada masa kolonial Belanda.

Warga sekitar menyebutnya sebagai Setu Gugur, kini Setu tersebut hanya meninggalkan nama sebab tanggul utamanya jebol pada tahun 1966. Kini kawasan bekas danau seluas 9 hektar, dengan kedalaman 15 meter ini menjadi ladang yang penuh tumbuhan semak.

Di area tersebut terdapat sebuah aliran air yang menggenang pada sebuah bagian, ceruk inilah titik tengah Setu Gugur sebelum runtuh beberapa dasawarsa silam. Salah seorang sesepuh setempat menceritakan pada malam hari sebelum Setu Gugur jebol, Braja atau bola api muncul pertama kali sebagai syarat akan runtuhnya Situ.

Yang kala itu diperuntukan sebagai sumber irigasi pertanian sebagian wilayah Depok. Selang beberapa waktu lamanya, jejak Setu Gugur pun lekang dimakan usia. Namun aura magis masih kental ketara, konon di malam-malam tertentu ceruk bekas Setu Gugur mengeluarkan cahaya terang.

2. Bola Api Di Malam Pergantian Tahun

Bola Api Misterius Di Tanah Depok Dan Sejarah Setu Gugur

Video ini diambil pada saat malam pergantian tahun pada beberapa waktu lalu oleh warga yang ingin menyaksikan kemunculan Braja, dari remaja hingga orang tua saling memasang mata untuk menyaksikan peristiwa langka. Hingga riuh antusias mereka memuncak saat detak jam mendekati pukul 00.00.

Munculnya suara mercon memecah suasana, itulah pertanda jika tahun baru telah tiba. Saat langit-langit Depok dipenuhi semburan cahaya kembang api ada pemandangan berbeda di awang-awang Pasir Putih, Braja atau bola api misterius tiba-tiba muncul dengan terangnya. Bentuknya bulat sempurna, tampak kobaran api diseluruh sisinya.

{thread_title}


3. Napak Tilas Sejarah Pasir Putih

Menilik sejarah setempat, dahulu ketika Setu Gugur masih ada pemerintah kolonial Belanda sering mengadakan pertunjukan tari topeng betawi di Setu Gugur, kegiatan ini selalu diadakan rutin setiap tahun. Kemunculan bola api misterius sontak menimbulkan berbagai spekulasi, sebagian masyarakat juga percaya bahwa bola api yang muncul pada malam pergantian tahun adalah manifestasi dari pusaka yang dimiliki oleh seorang yang sakti.

Konon pusaka ini digunakan sebagai pondasi gaib Setu Gugur. Berjarak sekitar 50 meter areal bekas Setu Gugur terdapat makam kramat Eyang Nurisan, beliau adalah penyebar agama dari wilayah Banten. Beliau juga menjadi penggagas dibangunnya Setu Gugur guna mensejahterakan masyarakat kala itu, tak ayal hingga detik ini banyak peziarah datang dari berbagai daerah.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marilyn88
Halaman 1 dari 3
Wah loear biasa fenomena ini 🥺🧐
Ane pernah liat gan, pas habis sahur bersama gitu ane iseng lihat langit eh ada yang terbang cepet warna putih agak merah di langit gan.
Halah bola api paling juga drone bray,
Aye juga liat pas malem pergantian taun
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Pfffftttt temennya baby ngefet nih emoticon-Leh Uga
UFO bukan?emoticon-Leh Uga
Mitos lokal memang patut dilestarikan emoticon-thumbsup:
Ettt Depok meresahkan banget ya dari awal muncul covid sampe babi ngepet semua dari depok emoticon-Ngakak
profile-picture
jamesbondan007 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
lagi lagi Depok ...
#Mental mitos
Di depok lagi ini?
itu kaya kembang api yg blm meledak deh.. wkwkwk ane seumur umur blm pernah liat tuh banaspati dengan mata sendiri.. hehe
itu balon emoticon-Blue Guy Bata (L)
Kembang api mungkin, gak jadi duarr di langitt
Ane percaya sih, di Jateng namanya Kemamang emoticon-Takut
Depok lagi, Depok lagi emoticon-Leh Uga
bukannya emg ada kembang api yg turun merah pelan2 gitu ya gan? ane sering liat kok
Drone nya kelap kelip emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
itu genkidama bre

profile-picture
fachri15 memberi reputasi
ane pernah liyat dengan mata kepala ane sendiri, waktu kecil ane jalan sama Ibu... benda yang terbang berwarna merah tepat di depan ane gan.. kalau kata Ibu ane itu adalah pusaka yang terbang... dan dulu hal seperti itu sering banget gan kalau nggak malem selasa kliwon ya jumat kliwon....
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Depok? Skip ah...
emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di