CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609148865a70035090026930/ini-dia-alasan-kenapa-bus-dan-truk-memakai-gearbox-transmisi-manual

Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa truk dan bus memakai gearbox transmisi manual.

Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual



Hampir semua truk dan bus memakai gearbox transmisi manual. Mau shifternya shifter automatic ataupun manual, mau "3 pedal real man" atau 2 pedal, semua memakai gearbox manual, termasuk truk-truk premium seperti Scania atau Volvo yang menggunakan transmisi AMT seperti I-Shift maupun Opticruise.

Lantas, mengapa truk dan bus, tak terkecuali yang premium tidak memakai gearbox automatic seperti A/T standar, DCT ataupun CVT saja melainkan tetap memakai gearbox manual? 

Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual



Tentu, dibalik itu semua, ada alasan yang melatarbelakanginya Gansis. Nah, oleh karena itu, ane akan menjawab alasan yang melatarbelakangi penggunaan gearbox transmisi manual di bus dan truk.

1. Durabilitas

Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual



Sudah terbukti di lapangan bahwa umumnya, transmisi manual lebih durable dibanding transmisi otomatis, terutama di gearboxnya. Sebab, komponen dari gearbox transmisi manual lebih sederhana, sehingga menambah durabilitas dari gearbox transmisi manual tersebut.

Apalagi, dengan penggunaan bus dan truk yang akan jauh lebih sering daripada mobil biasa. Dalam satu tahun saja, bus dan truk bisa menempuh 100-300 ribu kilometer, sangat berbeda dengan mobil biasa yang menempuh jarak jauh lebih rendah daripada jarak yang ditempuh bus dan truk.

Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual



Tentunya, oleh karena penggunan bus dan truk sendiri oleh pemilik yang akan jauh lebih sering karena memang tujuan utamanya buat cari duit bukan buat disimpan, lebih cocok memakai gearbox transmisi manual, entah dengan sistem AMT maupun fully manual.

2. Efisiensi 


Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual



Untuk mencapai "cuan" yang maksimal, tentunya usaha butuh efisiensi yang baik. Jika efisiensinya baik, maka keuntungan yang bisa dinikmati akan lebih maksimal Gansis.

Tak terkecuali truk dan bus yang memang umumnya dipakai untuk "cari cuan". Gearbox transmisi manual memiliki efisiensi di segi konsumsi BBM yang lebih irit, walau memang tak akan seirit gearbox CVT. Konsumsi BBM yang lebih irit tentu akan membuat bus dan truk tersebut bisa berjalan lebih jauh. Tetapi tentu ini tergantung pengemudinya bagaimana, walau memang umumnya konsumsi BBM dari gearbox manual akan lebih irit dari gearbox otomatis konvensional.
 
Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual



Belum lagi, dengan perawatan yang lebih murah dibanding gearbox matic seperti DCT ataupun CVT. Perlu diketahui bahwa umumnya transmisi otomatis tak memiliki fitur engine brake, jadi kampas rem akan lebih cepat habis dan umumnya transmisi otomatis biaya mengganti olinya akan lebih mahal, belum lagi jika terjadi kerusakan.

Dengan gearbox manual, harga kendaraan juga bisa ditekan. Sebab, harga baru dari kendaraan yang memiliki gearbox manual dengan automatic umumnya akan lebih murah dengan gearbox manual. Sehingga, investasi akan menjai lebih murah, balik modal juga akan lebih cepat.

Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual



Jadi, itulah alasan kenapa bus dan truk memakai transmisi dengan gearbox manual. So, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star



profile-picture
profile-picture
profile-picture
BlueGuy.BuleGay dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Setuju kalo alasannnya cuan gan. Mungkin aja ya kalo matic perawatannya lebih mahalemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan jlamp memberi reputasi
Pada head tractor premium seperti volvo dan scania, kontruksi gearbox nya memang manual tersusun dari gigi 1-6 @ low range dan 6-12 @ high range, perbedaan nya adalah shifter sama clutch nya otomatis CMIIW
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan antzextreme memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual

pegel lah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anti.liberal
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
Transmisi yg tahan lama lbh bgs dlm efisiensi ekonomi dlm bisnis, gan.....
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di negara tetangga bus² yang lewat jalan tol kualalumpur - johor baru umumnya matic
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Berberapa truk dan bis di jepang pernah memakai transmisi AMT

Ada juga yang memakai transmisi otomatis, tapi jarang dipakai untuk truk dan bis
profile-picture
pulaukapok memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Manual memang lebih irit emoticon-Big Grin
ribet ah, enak matic ae lah emoticon-Leh Uga

profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
KARENA MAHAL. gitu aja ribet
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oohh jadi buat memangkas ongkos juga ya, iya sih kalo buat perusahaan gitu pasti nyari yang paling cost efficient
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mejeng dulu di trit busemoticon-Cool
kalo manual itu sebuah... karya seni 3 pedal.... emoticon-Angkat Beer kalo automatic itu hanya gas rem gas rem tidak ada seni disitu pilihannya hanya itu, namun di transmisi manual akan terasa sampai dimana kekuatan dari sebuah mesin tentunya...

profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Diubah oleh blezzernet
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jadi bis dan truck yg matic itu cuma shifter nya aja ya gan..
Mantab jiwa. Subcribe emoticon-Cendol Gan
banyak juga ya alsannya gan. nice inpoh
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Demi efisiensi dan kemudahan dalam perawatan pastinya
Bis againemoticon-Leh Uga
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Jadi inget cewe blonde yang mini, bawa trailer di gudang dulu tmp ane kerja.
Kecil, blonde, manis, suka digangguin supir laen, minta diajak ke kabinnya dia, hahahaa
Maap OOT
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
begitu toh.. pokoknya selama bisa ngirit kenapa engga yaa.. hehe
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di