CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Kunci Sabar Untuk Para Wanita di Tengah Puasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6090fab41636b25fe9551d91/kunci-sabar-untuk-para-wanita-di-tengah-puasa

Kunci Sabar Untuk Para Wanita di Tengah Puasa

Bener gak sih, makin menemui akhir dari bulan puasa, sabar kita malah makin kendor? Di awal Ramadhan pasti udah tertanam banget di otak dan hati kita kalau harus menjadi pribadi yang lebih baik di bulan suci ini dan setelahnya. Tapi, ternyata setelah dijalanin rasanya capek banget dan makin ada-ada aja hidup.

Kunci Sabar Untuk Para Wanita di Tengah Puasa

Photo by Idina Risk  from Pexels

Pekerjaan yang banyak, permasalahan keluarga, dan masalah pribadi lainnya, bikin gak bisa menyeimbangkan antara kesehatan hati dan otak. Menunda pekerjaan bukan lagi jadi jalan keluar, sist. Yang ada bisa bikin lebih stress di akhirnya. Kebanyakan pikiran ini bisa punya berbagai dampak bagi tiap individunya dan salah satunya adalah stress yang berpengaruh ke intensitas marah dan kesabaran.

Kalau di luar puasa kita bisa istirahat dan minum iced coffee di tengah panasnya Jakarta dan rumitnya permasalahah, di bulan ini kita cuma bisa tarik nafas dan wudhu terus sholat. Nah, untuk ngatasin masalah kesabaran dan supaya kita bisa terus damai sampai hari kemenangan, ane mau kasih beberapa tips nih yang bisa dijalanin kalo sabar udah mau habis atau supaya meminimalisir permasalahan yang datang:

1. Bilang “Nggak” kalau memang “Nggak”

Banyak banget manusia di dunia ini yang punya rasa gak enakan. Nah, perasaan itu yang biasanya bisa ngebebanin diri mereka sendiri. Bahkan dari mulai permasalahan pribadi sampai ke kehidupan sehari-hari. Ane saranin nih buat para Sista, coba ilangin secara perlahan perasaan gak enak itu. Jujur aja kalau ada sesuatu yang ngeganggu atau gak kalian sukain. Kalau gak cocok yang bilang gak cocok. Kalau kurang sreg, coba buat jujur dan cari jalan keluar supaya gak enek sendiri. Kalian sadar gak sih, kalau kita nyimpen unek-unek sendiri bisa bikin stok sabar kita jadi terancam? Ada baiknya, segala bentuk penolakan yang mau kalian lakuin, dengan bahasa yang halus dan sopan ya. Supaya gak ada hard feelings ke orang lain.

2. Jangan Memaksakan Diri Sendiri Dalam Segala Hal

Emang sih sebagai manusia pengennya bisa ngejalanin berbagai hal, apalagi buat kita para Sista yang super perfeksionis. Maunya segala hal yang dijalanin dengan baik dan benar, tapi nyatanya sebagai manusia kita gak bisa berbuat 100% di semua aspek dan bidang. Kalau kita gak maksimal dalam beberapa hal pada hari itu, ya gak apa-apa. Permasalahan dalam hidup yang datang mulai dari keluarga, pertemanan, dan yang lainnya jangan dibuat lebih berat lagi dengan ekspektasi masing-masing. Maka dari itu, ada baiknya sayang sama diri sendiri dan tau limit dari diri sendiri. Jadi apa yang kita kerjain, bisa diseimbangkan dan gak dilakukan secara terpaksa.

3. Sholat dan Berwudhu

Nah, di tengah siang bolong terus emosi lagi memuncak, daripada marah dan bikin pahala puasa berkurang, mending tarik nafas, berwudhu dan sholat, yuk! Segernya air wudhu bisa nyegerin kondisi badan kita dan bikin lebih semangat.. Eittss tapi janga diminum ya hehehe. Nah, daripada marah ke orang lain mending berdoa dan berdzikir dan tuangin segala keluh kesah kita supaya lebih tenang dan damai.

Kunci Sabar Untuk Para Wanita di Tengah Puasa

Photo By Dream.co.id

4. Tidak Mengurus Orang Lain

Banyak amarah dan rasa dengki datang saat mengurus orang lain yang bahkan kita gak kenal dan bukan jadi urusan kita. Mending kurang-kurangin deh, sist. Apalagi cuma sebatas ngurus public figure yang jauh bahkan gak kenal sama kita. Mungkin kadang rasanya gatel kali ya kalo gak ngomenin apa yang dilakuin sama orang lain, tapi coba deh dijaga dan tahan aja. Lama kelamaan pasti bakalan kebiasa jadi gak peduli sama hal yang gak penting.

Nah, itu dia beberapa tips personal yang ane punya buat para Sista, kira-kira nomor berapa nih yang udah dilakuin? Atau mungkin ada tips tambahan? Bisa langsung dibagiin di kolom komen, ya!




GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di