CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Puasa non muslim, bagaimana sih ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6090f8c30ecd5631f92ff130/puasa-non-muslim-bagaimana-sih

Puasa non muslim, bagaimana sih ?

Puasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah meniadakan makan, minum dan sebagainya dengan sengaja (terutama bertalian dengan keagamaan). Di Indonesia, puasa identik dengan para sahabat yang beragama Islam pada bulan Ramadhan.

Tetapi banyak juga yang mengartikan puasa sebagai menahan diri, bisa dari makanan, minuman, keluar rumah ataupun bahkan tidak berbicara pun termasuk berpuasa lho, yaitu puasa bicara

yuk kita bahas puasa umat2 beragama terbesar selain Muslim ya

Puasa Umat Yahudi

Umat Yahudi melaksanakan puasa pada hari-hari tertentu, seperti tanggal 10 Tishri (Muharram), hari Sabat (sabtu), upacara pernikahan (nuptial), Yom Kippur, dan lainnya. Dan Serunya Puasanya umat Yahudi lebih ekstrem daripada umat Islam. Mereka bisa berpuasa –tidak makan, tidak minum, dan tidak tidur- selama satu hari penuh (24 jam) - damagenya maksimum emoticon-Hammer

Puasa non muslim, bagaimana sih ?

Klo di bandingin ama kita yg hanya 14 jam pasti terasa kan, eh tapi ada juga umat islam yang sampai 20 jam lebih, seperti misalnya di Norwegia 

buset,.. 20 jam emoticon-Beloemoticon-Hammer

Begitu juga di Rusia yaitu kota Murmansk 

Puasa non muslim, bagaimana sih ?


Puasa Umat Buddha

Dalam agama Buddha, puasa disebut sebagai Uposatha. Tanggal puasa bergantung pada aliran Buddha yang diikuti, namun mereka sama-sama mengikuti perhitungan kalendar Buddhis. Ketika berpuasa, umat Buddha masih diperbolehkan untuk minum namun tidak boleh makan.
Jenis puasa lain yang dilaksanakan oleh Buddhis adalah puasa vegetaris atau tidak boleh mengkonsumsi makanan yang berasal dari produk hewani dan tidak mengkonsumsi bawang-bawangan.

Puasa non muslim, bagaimana sih ?


Puasa Umat Hindu

Puasa dalam agama Hindu disebut dengan Upawasa. Upawasa ada yang wajib ada juga yang tidak wajib.
Upawasa yang wajib misalnya adalah Upawasa Siwa Ratri, umat Hindu tidak boleh makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam. Lalu puasa Nyepi, yang dilakukan dengan cara tidak makan dan minum sejak fajar hingga fajar keesokan harinya.

Puasa non muslim, bagaimana sih ?

Puasa lain yang dianggap wajib adalah puasa untuk menebus dosa yang dilakukan selama tiga hari, puasa tilem, dan purnama.

3 hari puasa damagenya puolll  emoticon-linux2



Puasa Umat Katolik

Dalam agama Katolik, masa puasa pra-Paskah berlangsung selama 40 hari, dihitung dari hari Rabu Abu hingga Jumat Agung. 

40 hari bro,.. 40 .. emoticon-Belo

Puasa non muslim, bagaimana sih ?

Umat Katolik mengenal istilah berpantang dan berpuasa. Berpuasa wajib bagi mereka yang sudah berusia 18 tahun. Saat berpuasa, mereka hanya diizinkan untuk makan kenyang sekali saja dalam sehari.
Sementara itu, berpantang wajib untuk mereka yang berusia 14 tahun ke atas. Berpantang dilakukan dengan cara menghindari diri dari melakukan hal-hal yang disukainya, misal makan daging, garam, atau merokok.

Umat kristen protestan 

Ada 3 jenis puasa utama dalam orang Kristen yang diutarakan dalam Alkitab, yaitu:

Puasa Biasa: Pantang segala makanan keras dan lembut namun tidak berpantang air.
Puasa Penuh: Tidak makan dan tidak minum yang biasanya tidak harus dilakukan lebih lama yaitu tidak lebih dari 3 hari, sebab tubuh seseorang akan menjadi kering saat tidak mendapat air selama lebih dari 2 hari.
Puasa Sebagian: Membatasi makanan dan bukan berarti tidak makan apapun sama sekali.

Puasa non muslim, bagaimana sih ?

Puasa Umat Konghucu


Puasa dalam kepercayaan Konghucu juga merupakan cara untuk mensucikan diri dan melatih diri, baik itu untuk menjaga perilaku dan perkataan. Puasa Konghucu ada dua jenis: puasa rohani dan jasmani.
Puasa rohani dilakukan dengan menjaga diri dari hal-hal yang dianggap asusila.

Sementara puasa jasmani dilakukan pada bulan Imlek.
Puasa dilakukan dengan cara berpantang makan daging secara bertahap, ada yang hanya sehari, dua hari, dan seterusnya hingga berpantang permanen.

Permanen pantang emoticon-Belo

Pada tanggal 8 bulan pertama Imlek, dilakukan puasa penuh dari pukul 05.30 hingga 22.00.


Puasa non muslim, bagaimana sih ?



Demikian puasa2 yang di lakukan oleh umat2 beragama besar di dunia

Nah jadi bukan hanya kita yang muslim yang berpuasa ya guys, tetapi umat beragama lain pun memiliki ibadah puasa. 


Ask : kenapa TS bikin trit puasa tapi gambarnya orang lagi mau makan 
Ans : inikan bulan puasa, agan2 tambah pahalanya apabila melihat orang makan tapi tidak berminat, dan semakin tebal imannya hingga nanti bedug maghrib... emoticon-Stick Out Tongue 


emoticon-Cool

untuk agan2 yang tajir quota, silahkan stream youtubenya : 






profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 42 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Ada gak temen kalian yang non muslim ikutan puasa ?


feedback dari kaskuser di page belakang :


Quote:



Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Cek trit ane yang laen gan : Sejarah Animasi Kartun
profile-picture
stopplay memberi reputasi
Diubah oleh andree.hehasaaa
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Puasa setau gw juga dari kata upwasa.

Klo ada dalilnya lebih mantap nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stopplay dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Puasa Atheis : dilakukan jika tidak memiliki uang, untuk durasi nya tergantung tanggal gajian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
calvinn28 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
intinya menahan diri dari hawa nafsu kan emoticon-Ngacir
profile-picture
andree.hehasaaa memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Nambah pengetahuan nih, thanks infonya gan
profile-picture
stopplay memberi reputasi
Thx gan, nambah pengetahuan ane. Kl dibaca2 yg agan tulis itu, tujuan puasa emg menahan nafsu diri sendiri. Bagus utk pengendalian diri. Ane jg pernah baca di mana gt lupa, puasa itu bagus utk kesehatan. Jd emg sebaiknya makin sering berpuasa makin bagus. Senin-kamis misalnya. Sekalian buat nahan nafsu dan ngurang2in dosa, ga berbuat yg merugikan org lain.
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Ada pula puasanya kepercayaan kejawen gan, ada puasa mutih, puasa ngebleng, dll 😇
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terakhirx dan 2 lainnya memberi reputasi
Warung makanan tetap buka ketika mereka sedang berpuasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ndrbzz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
makanya klo ada yg bilang apakah smua agama itu sama yaa cuma sama di sama2 mengajak kebaikan selain itu beda emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

Puasa Pantekosta

temen saya yang pantekosta puasa seri nya agak ngeri

jadi caranya puasa, dimulai gak makan dari pagi sampai terbenam, berikutnya nambah dari matahari terbit sampai jam 7, gitu terus sampai dari matahari terbit sampai terbit lagi itu hari terakhir

jadi lebih extreem kayaknya, tapi temen saya oke aja sih.
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Info aja kalau Katholik kalau masalah puasa di perboleh untuk memilih opsi mau puasa beneran (sama kaya muslim gitu) atau puasa pantangan yaitu jangan makan daging atau jajan.
Puasa mah emg bnyk
Umat samawi y slah 1ny
Slain itu y Buddha jg puasa kan
Ane pernah jalanin puasa 3 hari 3 malam di tengah keluarga pada gak puasa, dan lingkungan teman gak ada yg puasa. Rutinitas sehari-hari tetap dijalanin walau aslinya lemes dan puyeng.
Ga perlu ada yg tau kecuali kalo ada yg nawarin makan nah mau gak mau ane harus nolak dan kasih tau alasannya.

Semoga nanti-nanti ane dikasih kekuatan lagi untuk lakuin lagi, buat ucapan syukur udah bisa hidup dan dijagain selama ini tujuannya gan.
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Setau ane umat kristen ada yang namanya puasa pantangan, dimana seseorang masih bebas makan dan juga minum tapi harus menghindari makanan yang menjadi pantangannya, biasanya yang dipantangin itu makanan yang enak dan paling di gemari.
knp bahasan puasanya hanya bersifat yg dapat dimakan dan diminum?
berpuasalah setiap hari untuk tidak melakukan dosa sampai akhir hidup.
karena dosa memutuskan hubungan dengan Tuhan.
sekalipun TIDAK ADA SATU MANUSIAPUN yg tidak berdosa, namun berusahalah, mintalah kekuatan agar dapat hidup berkenan kepadaNya.

Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane juga puasa kalo makanannya kurang pas di lidahemoticon-Ngakak
temen gw Nasrani , puasanya 24 jam gak makan apa apa , tapi boleh minum aer putih secukupnya.
profile-picture
missv4pendeta memberi reputasi
Ternyata setiap agama punya ritual puasanya masing² yah gan 😁
Apakah ada semacam sahur sebelum mulai berpuasa?
Macem2 ya puasa di berbagai agama. Ane tau ada puasa pantang juga tuh di katolik, tapi lupa teknisnya dan kapan waktunya emoticon-Matabelo
profile-picture
stopplay memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di