CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / REGIONAL / All / ... / Minangkabau /
Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60902ac2511bf42a2d29fb55/ngabuburit-nan-irit-di-kota-paris-van-sumatera

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera

Sumber Gambar

Di tengah pandemi, tentu kita harus berhemat secara ekonomi. Hal ini dikarenakan kemungkinan terburuk bisa saja terjadi di kemudian hari. Bisa saja kita menyusul belasan juta orang yang kena PHK atau usaha yang selama ini dibangun harus gulung tikar karena daya beli masyarakat yang kian turun. Demi mempersiapkan masa dengan yang penuh persiapan kita harus menekan segala pengeluaran2 yang dirasa tidak perlu. Salah satu pengeluaran itu adalah ngabuburit.

Ada banyak kegiatan yang berguna untuk menghabiskan waktu agar waktu buka tidak begitu terasa. Namun sebagian kegiatan tersebut cukup memakan biaya yang tidak sedikit. Sebut saja bermain permainan di arena bermain seperti Tim*Zon*, Rental PlayStation atau Warnet. Begitupun dengan menonton bioskop atau bepergian ke Mall. Kegiatan2 tersebut tentu memakan biaya yang menurut ane tidak sedikit jumlahnya.

Ada kegiatan yang ane rekomendasikan buat gansis yang mau ngabuburit dengan irit meski virus kopit masih melanda. Selain bermanfaat untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa, kegiatan ini juga sehat dan mendatangkan pahala. Lah kok bisa? Biar ga penasaran, simak kisahnya emoticon-army

Meskipun ane lahir dan besar di ibukota, ane adalah pria keturunan minangkabau.Orang tua ane berasal dari kecamatan Mandiangin Koto Selayan yang terletak di Kota Bukittinggi. Namun dikarenakan taraf ekonomi keluarga ane biasa2 saja mendekati susah emoticon-Hammer membuat pulang ke kampung halaman adalah hal langka untuk kami. Dahulu harga tiket bis masih terjangkau dan jauh dibawah harga tiket pesawat. Makin kesini harga tiket bis dan biaya makan dll di jalan menuju Kota BukitTinggi yang kira2 menghabiskan waktu 1-2 hari perjalanan hampir sama dengan harga tiket pesawat sekali pergi ke Bandara Internasional MinangKabau. Itulah alasan mengapa terakhir kali kami pulang ke kampung halaman adalah pada tahun 2011, sebelumnya kami pulang pada tahun 2003. 8 tahun sekali kami pulang karena ekonomi yang tidak mencukupi emoticon-Berduka (S)

BukitTinggi alias Parijs Van Sumatera adalah kota terkecil ke-4 di Indonesia dengan luas wilayah 25,24 km2. Salah satu alasan Bukittinggi diberi julukan Parijs van Sumatra adalah karena kondisi alamnya. BukitTinggi menyuguhkan berbagai wisata alam berupa pesona alam yang memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Sumber

Kembali ke kisah ane 10 tahun silam emoticon-Cool. Ane akan berbagi sedikit cerita tentang perjalanan ngabuburit ane disana, tentunya sesuai tema kali ini yaitu ngabuburit nan irit. Salah satu yang ane rekomendasikan untuk dicoba adalah Ngarai Sianok.

Ngarai sianok mudah dicapai dari sisi manapun kota BukitTinggi, membentang luas mengitari berbagai destinasi2 wisata lain di sekitarnya, sebut saja wisata Goa Jepang, Janjang Seribu, Kebun Binatang Kinantan, Jam Gadang dll. Namun karena memasuki wisata2 sekitarnya mewajibkan kita membeli tiket masuk alias bayar, seperti untuk masuk kebun binatang, masuk goa jepang dan naik ke puncak jam gadang, jadi ane hanya akan menceritakan betapa seru dan menyenangkannya ngabuburit di Ngarai Sianok.

Ngarai Sianok adalah patahan lembah berupa dinding berketinggian 100 meter, dan lebar celah sampai 200 meter. Ngarai Sianok adalah lembah curam yang berhiasi hutan-hutan lebat di sekitarnya.Ngarai Sianok terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Palupuh. Ada begitu banyak angkutan umum atau angkot yang siap mengantar gansis ke ngarai sianok. Namun ane sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor atau biasa disebut Hond* (padahal mereknya belum tentu Hond* emoticon-Ngakak (S) ) oleh para Minangers maupun mobil pribadi agar bisa lebih menikmati pesona alam selama perjalanan menuju ke sana. Kalau tidak punya kendaraan pribadi, bisa meminjam kendaraan saudara atau kerabat gansis tapi jangan lupa minyaknya diisi ya emoticon-Ngacir . Ada banyak akses masuk menuju ngarai. Ada akses yang memang dilewati oleh kendaraan lalu lalang, di akses ini kita tinggal memarkirkan kendaraan kita dengan aman, lalu bersiap dengan indahnya panorama ngarai diiringi dengan sejuknya udara disekitar ngarai.

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera

Sumber Gambar ; Dokumentasi Pribadi

Ada juga akses yang membuat kita makin sehat di tengah ritual ibadah puasa yaitu janjang 1000 atau seribu dimana kita akan menuruni begitu banyak anak tangga yang konon katanya berjumlah seribu.

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera

Namun setelah ane coba, ternyata jumlahnya tidak sampai 1000, tapi ane lupa secara pasti detail angkanya emoticon-Gila . Selama trek 1.5 km ini kita akan disuguhkan dengan keindahan panorama alam yang bertubi-tubi yang membuat tiap langkah kaki dan mata memandang akan mengucap syukur betapa indahnya salah satu mahakarya ciptaan Allah Swt ini. Itulah alasan mengapa ane nyatakan kegiatan ngabuburit ini mendatangkan pahala 🙏 . Sesampainya di bawah, kita bisa menikmati aliran sungai yang jernih. Namun harap berhati2 jika ada air bah datang secara tiba2 apalagi saat musim hujan. Begitulah kata2 yang biasa ane dengar dari orang tua ane dan warga sekitar. Sayangnya saat 10 tahun silam ane ke sana airnya sedang surut karena sedang masa keramau panjang emoticon-Berduka (S). Di sekitar ngarai kita akan menjumpai beberapa fauna endemik seperti monyet, kera, babirusa dan jika beruntung kita akan menemui macan tutul, harimau sumatera atau ular emoticon-Matabelo

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera

Sumber Gambar ; Dokumentasi Pribadi

Ada juga akses untuk menikmati ngarai sianok dari kejauhan dan ketinggian namun demi keamanan bersama, kita akan dibatasi oleh pagar pembatas. Akses ini berada di sekitar pintu masuk goa jepang dan taman panorama. Dari sini kita bisa memandangi gunung merapi dan pegunungan singgalang secara lebih jelas.

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera

Ngabuburit Nan Irit Di Kota Paris Van Sumatera
Sumber Gambar ; Dokumentasi Pribadi

Mendekati waktu berbuka, ada sebuah rumah makan di sekitar ngarai yang menjajakan gulai itiak lado hijau atau gulai itik sambal hijau yang lezat namun karena ane saat itu ngirit jadi ane cukup berjalan menuju langgar / mushala / masjid terdekat untuk menikmati takjil gratis yang disediakan pengurus masjid. Jika ente beruntung dalam perjalanan menuju masjid / mushala / langgar, akan ada warga setempat yang menawarkan makanan mereka untuk berbuka bersama.

Sekian pengalaman ngabuburit ane nan irit di Ngarai Sianok 10 tahun silam. Ane minta maaf jika ternyata kisah tersebut sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang. Mohon koreksinya jika ada perbedaan kebijakan pariwisata di wisata ngarai sianok. Ane tidak menolak pemberian emoticon-Blue Guy Cendol (L) nan segar & rate *5 nan mewah dari gansis sekalian 🙏

Spoiler for Jangan BUKA nanti ADIKSI :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan 2 lainnya memberi reputasi
Kaya di shaolin2 tangganya banyak buat latihan silatemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Ngacir
profile-picture
luqman miracle memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di