KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Mengikuti Kursus Online Gratis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608f8b3597ffad614a359371/pengalaman-mengikuti-kursus-online-gratis

Pengalaman Mengikuti Kursus Online Gratis


Pengalaman Mengikuti Kursus Online Gratis
Selama masa pandemi, pelatihan, program sertifikasi, assessment jarak jauh hingga kursus online kian menjamur. Hal ini disebabkan oleh pembatasan kegiatan yang bisa menimbulkan keramaian atau kerumunan. Nah, 
kursus online certification bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengembangkan kompetensi diri dan persiapkan karirmu kuasai keterampilan digital.


Data Google Trend Indonesia yang dilansir dailysocial.id menunjukkan bahwa sejak Maret 2020, kursus, pelatihan dan workshop online mengalami kenaikan pencarian. Ya, himbauan untuk di rumah saja mendorong pelatihan dan kursus online menjadi salah satu alternatif kegiatan untuk dilakukan.



Manfaat Mengikuti Kursus Online


Selain karena pandemi, teknologi yang berkembang pesat pun menjadi awal lahirnya berbagai kursus online. Kursus dan pelatihan online juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya mendukung pengembangan diri atau personal development, di mana nantinya akan berdampak positif pada karir Anda.



Pengembangan kompetensi diri adalah hal yang penting untuk dilakukan setiap karyawan, termasuk leader. Mengapa begitu? Karena perusahaan pasti ingin setiap karyawannya memiliki potensi diri yang luar biasa untuk dipertahankan. Talenta unggul inilah yang nantinya diharapkan dapat mendukung kesuksesan perusahaan.



Untuk mahasiswa, kursus atau 
pembelajaran daring juga berguna dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Ada banyak kursus online Indonesia yang bisa diikuti sesuai dengan bakat dan minat Anda. Beberapa kursus juga menawarkan sertifikasi online yang berguna untuk Anda dalam menguasai keterampilan tertentu.


 


Keunggulan Mengikuti Kursus Online



Pengalaman Mengikuti Kursus Online Gratis

Tempat Belajar Flexible


Mengikuti kursus online sama artinya dengan Anda tidak perlu hadir langsung ke tempat kursus. Anda bisa mengikutinya di mana saja, termasuk dari rumah. Dengan bermodalkan perangkat komputer ataupun smartphone disertai koneksi internet yang stabil, Anda pun bisa belajar dengan nyaman.



Memilih Materi yang Diinginkan


Jika diamati, ada banyak kursus online Indonesia yang menawarkan berbagai materi pembelajaran sesuai minat Anda. Mulai dari kursus online pengembangan diri, kursus bahasa Inggris, kursus memasak, hingga sertifikasi IT.



DailySocial dan platform mobile survey JakPat menemukan bahwa hampir 59,7% dari 1447 responden mengikuti pelatihan online untuk menguasai hard skill seperti belajar 
bahasa pemrograman Java
 atau coding, design dan lain sebagainya.



Hemat Waktu dan Biaya


Kursus online umumnya memiliki jadwal yang lebih fleksibel, sehingga Anda lebih mudah mengatur jadwal. Online course juga efektif bagi Anda yang memiliki kesibukan lain, seperti kuliah atau bekerja. Harga kursus online juga lebih terjangkau karena tidak perlu membayar biaya sewa tempat, kemudian menghemat biaya transportasi dan lain sebagainya.



Materi Bisa Diulang-ulang


Anda tidak perlu mencatat terlalu detail ketika mengikuti pelatihan online. Mengapa bisa begitu? Karena Anda bisa menangkap layar presentasi melalui komputer maupun smartphone.



Beberapa kursus online biasanya juga memberikan salinan materi kepada Anda. Ada yang berupa video, file PDF atau slide presentasi yang dapat dipelajari kembali hingga Anda benar-benar menguasainya.



Belajar Lebih Fokus


Mengikuti kursus tentu memiliki tantangan tersendiri. Anda bisa saja terganggu dengan hal lain. Misalnya saja seperti peserta lain yang malah asyik mengobrol selama pembelajaran, sehingga menyebabkan Anda tidak fokus dalam mengikuti pelatihan. Oleh sebab itu, dengan mengambil kursus online, Anda akan lebih berkomitmen untuk berkonsentrasi pada materi yang diajarkan.


 


Tips Memilih Kursus Online yang Tepat


Walau banyak jasa pelatihan dan kursus online yang ditawarkan, Anda harus mengetahui kursus online mana yang kredibel dan sesuai. Simak beberapa tips memilih kursus online yang tepat seperti berikut ini.



Tentukan Tujuan dan Jadwal


Sebelum mengikuti kursus online, Anda perlu mengetahui tujuan Anda dengan jelas dan spesifik. Apakah Anda mengikutinya untuk pengembangan diri? Atau ingin mengisi waktu luang dan menguasai skill tertentu?



Apabila sudah mengetahui tujuan mengikuti kursus dan sertifikasi online, maka sesuaikan juga jadwalnya dengan waktu luang Anda, sehingga memunculkan komitmen untuk mengikuti keseluruhan materi kursus.



Cari Kursus dengan Pemateri yang Profesional


Pemateri yang profesional biasanya akan memberi banyak informasi yang tidak biasa, sehingga Anda dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru. Sebelum memilih platform kursus online, Anda dapat meninjau profil pemateri dan mencari informasi apakah pemateri tersebut seorang ahli di bidangnya atau tidak.


Cari Alternatif Lain


Tidak perlu terburu-buru memutuskan untuk mengikuti kursus online di salah satu platform. Anda dapat melihat tempat kursus lainnya dan membandingkan mana yang lebih sesuai dengan Anda. 


Pengalaman Mengikuti Kursus Online Gratis
Kursus online memang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Ada banyak manfaat yang bisa Anda temukan dari mengikuti kursus online terlebih untuk meningkatkan kompetensi diri. Kompetensi diri adalah keterampilan yang dimiliki, sehingga Anda bisa bersaing dengan lebih kompetitif baik di keseharian Anda maupun di dunia kerja. 



Salah satu platform belajar online Indonesia yang menyediakan kursus online gratis maupun berbayar adalah QuBisa. Di QuBisa tersedia akses kelas keterampilan digital milenial (KDM), dan keterampilan sukses milenial (KSM) yang bisa membuat Anda belajar lebih mudah serta menyenangkan.



Sumber Artikel:
Pelatihan dan Kursus Online untuk Meningkatkan Kompetensi Diri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan 2 lainnya memberi reputasi
Pengen dehbikit kursus online.. mudah dan efisien sih mnrutku
Waktu coursera & edx masih gratis, gw sering ikut.

Gw ikut spy otak gw g beku aja

Pengalaman Pribadi

Ane juga pernah gan ikutan kursus online gratis, asik banget bisa dapet ilmu dari pakarnya langsung plus dapet sertifikat lagi. Zaman sekarang makin mudah ya cari ilmu emoticon-thumbsup

--

Yuk belajar parenting


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di