CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ustaz Abdul Rahman: Masjid Tidak Sama Dengan Pasar, Apakah Masker Budaya Pasar?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608f6ac3f9ac902d181e9968/ustaz-abdul-rahman-masjid-tidak-sama-dengan-pasar-apakah-masker-budaya-pasar

Ustaz Abdul Rahman: Masjid Tidak Sama Dengan Pasar, Apakah Masker Budaya Pasar?

Ustaz Abdul Rahman: Masjid Tidak Sama Dengan Pasar, Apakah Masker Budaya Pasar?
Foto: Screenshot dari Twitter.com/@Even1508

Baru-baru ini dimedia sosial kembali dihebohkan dengan pelarangan menggunakan masker saat berada di dalam masjid, video tersebut telah beredar sangat cepat sehingga mengundang pro dan kontra. Warganet turut memberikan komentar berbau protes atas video tersebut.

Dalam rekaman video tersebut dilaporkan jika peristiwa ini terjadi di dalam Masjid Al Amanah, yang berlokasi di perumahan Harapan Indah Bekasi.



Dalam video sangat jelas terdengar, jika terjadi perdebatan antara pengguna masker dan beberapa pengurus masjid. Dikabarkan jemaah pria yang sholat menggunakan masker tersebut bernama "Roni Oktavian" dan yang melarang dan mencoba mengusir Roni dari masjid adalah Ustaz Abdul Rahman.

Dalam video tersebut Ustaz Abdul Rahman menggenakan pakaian hitam dan jubah berwarna kuning dan didampingi juga oleh dua pemuda yang membantu untuk mengusir Roni keluar dari masjid karena menggunakan masker.

Spoiler for Melansir dari merdeka.com:


Dalam pernyataan Roni, ia mengaku merasa tersinggung karena diusir dari dalam masjid oleh Ustaz Abdul Rahman dan rekannya pria berbaju serba hitam (antara jemaah atau pengurus masjid belum saya ketahui) saat akan melakukan ibadah salat Zuhur.

Ustaz Abdul Rahman: Masjid Tidak Sama Dengan Pasar, Apakah Masker Budaya Pasar?
Foto: Screenshot dari Twitter.com/@Even1508

Tidak hanya Roni Oktavian saja, di dalam video terlihat juga seorang jemaah wanita yang juga menggunakan masker dan mencoba juga untuk memberikan penjelasan kepada Ustaz Abdul Rahman berserta rekannya, namun Ustaz Abdul Rahman justru memberikan statemen "Bahwa masjid tidaklah sama dengan pasar." Abdul Rahman juga mengutip ayat dalam Al Quran yang isinya "Allah pasti, akan melindungi hambanya yang berada didalam masjid, termasuk juga dari virus corona."

Spoiler for Dikutip dari news.detik.com:


Dari penjelasan di atas saya ingin memberikan pandangan singkat, agar kita lebih bijak dalam berpikir dan bertindak. Pengetahuan dan penalaran bisa terpengaruh lingkungan jika tidak ingin mencari faktanya.

• Apakah masker budaya pasar?

Ustaz Abdul Rahman: Masjid Tidak Sama Dengan Pasar, Apakah Masker Budaya Pasar?
Foto: Salat mengenakan masker di Masjidil Haram. ©2021 AFP | kompas.com

Jauh sebelum pandemi covid-19, penggunaan masker memang sangat langka ditemukan dirumah ibadah terutama di dalam masjid, jika pun ada yang menggunakan biasanya orang yang sedang dalam keadaan sakit, seperti batuk, flu dan alergi terhadap suatu bau atau debu.

Penggunaan masker didalam pasar, di lingkungan masyarakat dan jalanan tujuannya tidak jauh berbeda dengan para medis, yaitu untuk menghindari bau tidak sedap dan mencegah bakteri jahat maupun virus masuk langsung ketubuh melalui mulut dan hidung.

Jadi masker itu adalah salah satu alat pelindung diri berbentuk kain atau sejenisnya untuk melindungi diri dari segala penyakit yang masuk melalui mulut dan hidung. Masker tidak ada dalam budaya Yahudi ataupun salah satu suku di Indonesia.

Quote:


• Apakah dengan menggunakan masker di masjid merubah citra masjid menjadi budaya pasar?

Ustaz Abdul Rahman: Masjid Tidak Sama Dengan Pasar, Apakah Masker Budaya Pasar?
Foto: Aljazeera.com

Ya jelas, tidaklah Bambang. Kan sudah saya jelaskan jika masker bukanlah bagian dari budaya Yahudi dan juga tidak ada larangan di masjid manapun di dunia ini, jadi tidak ada larangan sejauh tujuannya memang positif.

Kita saling mengetahui jika saat ini dunia sedang dilanda pandemi corona, jadi menggunakan masker adalah aturan protokol kesehatan dari pemerintah, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Bagaimana pula dengan masjid-masjid di Arab Saudi yang dimana para jemaah-nya menggunakan masker, lantas apakah akan merubah citra masjid menjadi pasar? Tidak lah Bambang, pemahaman anda yang salah.


Referensi: Liputan 6.com - Viral Warga Kena Marah Saat Salat Pakai Masker di Masjid Bekasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Sambelterasi052
Halaman 1 dari 12
Ustaz Abdul Rahman: Masjid Tidak Sama Dengan Pasar, Apakah Masker Budaya Pasar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Dulu pasti pernah jd anggota fpi emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sebenarnya argumen ni orang gampang banget dipatahkan tapi mungkin ni ibu emang udah malas debat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seifer87 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 35 balasan
ustad planet bekasi emang beda, ada rasa tulul2nya gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuperABLU dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
hall of fame ngustad ter(sensor)
yahya waloni,somat,rahmat baequni,syam,felix entiau,roki garong,dan ngustad yg dibahas di trit ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuperABLU dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Berserah diri sih boleh aja, tapi kita nya juga harus ikhtiar "menjaga protokol kesehatan" Demi kebaikan bersama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ntar kalo ada yg kena Corona dari masjid ntuh siapa yg mau tanggung jawab gan gegara nga boleh make masker 🙄 ditempat ane aja masih pada make masker semua waktu di dalem masjid 🙏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
agamanya apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Aye oh aja dah yakin dah
profile-picture
Sambelterasi052 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
duh...
pak ustad, mbok ya kalo mau berdebat, menunjukkan emosi dan kebodohan mbok ya di halaman masjidnya. jangan ditempat yang seharusnya dijaga kesuciannya. giliran disalahin nanti nyambernya kemana2.

oh iya, sedia materai sebelum bedebatnya ya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Keknya surah Ali Imran ayat 96 ga kaya yg disebutin deh artinyaemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ustad ini jauh lebih arab dari pada orang arab saudi
#ARAPATIGENAH
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mavve512 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Jalur gaza membutuhkan para pemberani seperti beliau
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dan lagi ustad yang entah darimana dapat gelar itu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mavve512 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
apakah hanya di pasar saja orang memakai masker???

please, bego jangan kebangetan! Allah melindungi, tapi jangan ngetes perlindungan Allah dengan sengaja nggak pakai masker!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
yang sangat ane sayangkan adalah sikap pemudanya, terutama yang baju merah.. akhlakless sekali ya, di rumah Allah kok bentak-bentak orang.. apa tidak takut diazab maki-maki orang yang lebih tua?
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan bowoklenik memberi reputasi
Kalo gitu masjidil haram kenapa boleh pake masker? Karena sama dengan pasar apa gimana? 😁😁
Tempat tersuci uclim aja harus pake masker .
Yang jauh dari mekkah malah larang pakek 🤔
Fix ini ulama indon yg DONGOK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan 4 lainnya memberi reputasi
Di Jepang kebiasaan menggunakan masker dilakukan orang yg sakit dan alergi. Jadi etika ketika seseorang sakit. Budaya bersih dan sehat seperti itu gak mau di ikuti? Kan nabi ngajarin hidup bersih dan sehat? Harusnya budaya seperti itu dilakukan sejak lama. Gak perlu Covid datang dulu baru digalakan.
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan vegashin_ryu memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kyk masjid nenekny punya aja pake ngusir2 orang lagi ibadah.

org kyk gini kalo ga disamperin polkis makin gede kepalany.
profile-picture
profile-picture
mavve512 dan agus774 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
hmm...bisa rame nih klo gini, kira2 polisi barani tindak ga ya emoticon-Hammer2
profile-picture
Sambelterasi052 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di