CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tuduh Tetangga Babi Ngepet, Ibu Wati adalah Sampel Masyarakat Kebanyakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608e3676014cb3161a0bc090/tuduh-tetangga-babi-ngepet-ibu-wati-adalah-sampel-masyarakat-kebanyakan

Tuduh Tetangga Babi Ngepet, Ibu Wati adalah Sampel Masyarakat Kebanyakan

Tuduh Tetangga Babi Ngepet, Ibu Wati adalah Sampel Masyarakat Kebanyakan

      
Beberapa waktu lalu kita dibuat ramai oleh pemberitaan yang berisi penangkapan Babi Ngepet di Depok, lebih tepatnya di Kelurahan Bedahan RT 2 RW 4, Sawangan, Jawa Barat. Kejadian yang berawal dari keresahan masyarakat yang mengalami kehilangan uang hingga akhirnya menyimpulkan bahwa hal tersebut merupakan perbuatan Babi Ngepet menjadi salah satu tranding topik, terlihat dari laporan situs trands24 yang memaparkan bahwa perbincangan mengenai “Babi” mencapai lebih dari 100 ribu kali.

Dari berbagai macam versi pemberitaan dan sudut pandang yang berbeda mengenai Babi Ngepet di Depok tersebut setidaknya ada dua hal yang menurut pribadi saya menarik yaitu, Kejadian yang telah ramai di media sosial dan tersebar hampir ke seluruh Indonesia tersebut merupakan sebuah rekayasa seorang ustaz atau tokoh setempat agar menjadi terpandang. Dan yang selanjutnya adalah tuduhan seorang wanita terhadap tetangganya, yang dalam penuturannya sudah lama menganggur tetapi kaya.

Mengenai rekayasa Babi Ngepet yang dilakukan oleh Adam Ibrahim yakni ustaz atau tokoh yang dimaksud sudah banyak dibahas dan cukup terperinci. Yang ingin saya tambahkan bahwa motif yang melatarbelakangi Adam Ibrahim sebenarnya tidaklah salah sebab hal tersebut merupakan suatu kebutuhan, seperti yang diterangkan dalam teori Hierarki Kebutuhan yang dicetuskan Moslow bahwa kebutuhan akan prestise atau penghargaan (esteem need)  adalah salah satu prioritas setelah kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman dan kebutuhan kasih sayang terpenuhi. Namun yang menjadikannya salah adalah cara mendapatkannya serta menempatkan kebutuhan tersebut sebagai prioritas utama yang menandakan bahwa masyarakat sudah mengalami pergeseran logika sebagaimana ciri masyarakat post-modern.
 

Quote:



Kutipan yang mengandung tuduhan di atas tentunya tidak asing bagi telinga kita baik yang menyimak dari awal hingga akhir atau sekedar melihat pemberitaan mengenai fenomena Babi Ngepet di Depok. Tuduhan yang dilontarkan oleh wanita bernama Wati yang juga dikenal sebagai paranormal di Kampung Baru ditujukan kepada tetangganya yang pengangguran tetapi kaya.

Menurut saya pribadi, apa yang dilakukan oleh Wati ataupun tuduhan yang dilontarkannya merupakan sesuatu yang biasa dimasyarakat umum atau dapat dikatakan bahwa Wati merupakan sampel dari kebanyakan ibu-ibu khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam kehidupan bermasyarakat (Meskipun tetap tidak dapat dibenarkan). Mengapa dapat saya katakan biasa, pertama, mengenai hal tersebut hampir setiap individu tentunya memiliki pengalaman pribadi baik secara langsung maupun tidak dengan tetangga yang memiliki watak seperti halnya Wati.  Selanjutnya dapat kita lihat melalui sebuah film pendek berjudul Tilik yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo. Film yang telah menyabet Piala Maya tahun 2018 serta masuk program Indonesia Women Short di Amsterdam tersebut menggambarkan kehidupan yang ada dimasyarakat, khususnya melalui salah satu tokoh yakni Bu Tejo yang memiliki kesamaan dengan Wati pada fenomena Babi Ngepet di Depok khususnya dan dimasyarakat pada umumnya dari segi watak. di antaranya kesamaan tersebut yaitu, karakter atau sifat nyinyir, suka menyebarkan berita tanpa kroscek, serta proaktif dan manipulatif seperti halnya dalam memprovokasi berita gosip.

            Singkatnya pesan yang ingin saya sampaikan dalam thread ini adalah, untuk bertabayyun atau mencari kejelasan dari suatu berita serta lebih baik diam (tidak menyebarkan) apabila berita tersebut tidak bermanfaat meskipun benar.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
anomadeni dan 53 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
ya, benar. Sampel masyarakat kebanyakan ibadahnya sehari berulang kali. emoticon-Ngakakemoticon-Angkat Beeremoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Angkat Beeremoticon-Ngakakemoticon-Toastemoticon-Ngakakemoticon-Angkat Beeremoticon-Ngakakemoticon-Toastemoticon-Ngakakemoticon-Angkat Beeremoticon-Ngakakemoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Sangat.. sangat.. benar sekali judulnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
misstumbler dan 5 lainnya memberi reputasi
Sampel masyarakat kebanyakan yg membuktikan masih goblok...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Masyarakat kadrun...

emoticon-Wkwkwk

Tuduh Tetangga Babi Ngepet, Ibu Wati adalah Sampel Masyarakat Kebanyakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Tobatlah wahai kalian emak2 ... Congormu harimaumu
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 3 lainnya memberi reputasi
akibat punya otak yang tidak digunakan untuk berfikir secara rasional emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ini contoh orang yang masih close minded.. Berpikiran kalo kerja itu harus diluar rumah.. Padahal zaman berubah seiring berjalan nya waktu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
yah lokasi juga pengaruh ke model tetangga sih.

Coba tinggal di cluster yang harganya diatas 1.5 M. Kemungkinan ketemu tetangga model bu wati gini biasanya keciiiiil banget. Atau tinggal di apartemen minimal menengah ke atas. Dijamin gak nemu, lha wong tetangga sebelah aja belom tentu kenal, wkwkwk...

Kalo di lingkungan kampung, kompleks lama, atau rss, dijamin nemu banyak tetangga model gini...

gue percaya segala sesuatu punya dua sisi, terang dan gelap. Masih menikmati gotong royong? ya kudu terima juga kemunculan tetangga model bu wati...
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yuniharto
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Negara ini masih sama dengan afrika yg masih ada menuduh tetangga kampungnya sebagai penyihir, hanya bergelut di sana sana saja disaat negara lain sudah merencanakan fasilitas pengolahan air bersih untuk masyarakat perkotaan, tragis memang negri berkembang ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kepala.hitam46 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tuduh Tetangga Babi Ngepet, Ibu Wati adalah Sampel Masyarakat Kebanyakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Orang Indo9 kebanyakna emang kek gitu.
Diubah oleh aquamaria
kalo boleh bawa agama sih gw bakal bilang ...
contoh orang yang kalo berdoa cuma sampe batang tenggorokan doang ga nyampe ke hatinya....
profile-picture
profile-picture
misstumbler dan areszzjay memberi reputasi
Julid Society... lidahnya tajam... perangainya buruk... tidak menghargai sesama...
biasanya yg begini kurang pendidikannya... sekolah boleh tinggi tapi sekolah tidak mencerminkan pendidikan. apalagi sekolahnya di sekolah formal Indonesyah

rese emang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
setidaknya berpikir jernih dahulu sebelum berKomentar apalagi komennya "BURUK" toh jika tau sebenarnya ngapain juga komentar / ber cuap cuap biarkan aja itu sich kalau ane.
profile-picture
d112za memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mulut seharusnya dijaga. seandainya pak pol tidak turun, dan terus berkembang isu tuduhan itu pasti akan ada yang dikeroyok gara2 dicurigai babpet.
profile-picture
profile-picture
misstumbler dan carplus memberi reputasi
Ini lah contoh individual yang ga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.....pendidikan rendah dikombinasikan dengan moral dan akhlak yang miskin pula.
profile-picture
kepala.hitam46 memberi reputasi
Inilah Indo walau agamanya rajin ibadah dan udah jelas julid itu dosa tapi tetap dilakukan. Mungkin dengan rajin ibadah tapi tetep lakuin hal dosa dan dosanya keseringan dilakuin maka akan dihapus dosanya.
Hahaha...
Mengibuli hukum Tuhan.

Makanya ane juga ga terlalu wahh banget sama orang yg rajin ibadah tapi kelakuan iblis. Mengerikan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terlampau senang hidup dengan romantisisme jaman tradisional yg primitif wkwk
Jadi gatau kalo sekarang kerja dari rumah aja bisa kaya
Emang rata2 msyarakat indo ya kek gini. Ga senang liat tetangga lebih sukses sama lebih kaya. Liat ada tetangganya kerja kantoran baju rapi tiap pagi gaji gede iri bilang ga mungkin bisa kerja di perusahaan tersebut. Liat tetangga jadi PNS ribut banyak omong dibilang masuknya nyogok ratusan juta. Liat tetangga diam dirumah doang mantengin hape sama laptop tp bisa beli barang mewah dibilang pesugihan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 6 lainnya memberi reputasi
Betul gan masih banyak populasi sub human netijing2 uang sedikit seperti si @digenjot.arab emoticon-Smilie
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di