Kaskus

Games

esportsnesiaAvatar border
TS
esportsnesia
Efek Playthrough dan Livestream Terhadap Penjualan Game
Efek Playthrough dan Livestream Terhadap Penjualan Game


Sekarang ini konsep Let’s Play atau Playthrough tentu bukanlah hal yang asing lagi di telinga kita. Akan tetapi, tahukah kamu kalau tidak semua developer memperbolehkan tayangan dari gim mereka untuk ditayangkan secara online dan mengapa mereka mengambil kebijakan demikian? Mari kita bahas.

Sebelumnya, tentu seperti yang sudah kita ketahui, video dari gim yang diunggah atau di-livestream oleh orang-orang akan memberikan bantuan eksposur dan promosi terhadap gim tersebut.

Hal tersebut akan membantu gim tersebut semakin terkenal dan kemungkinan meningkatkan penjualan dari gim tersebut.

Akan tetapi, apa saja faktor-faktor dalam sebuah tayangan streaming yang memberikan pengaruh terhadap konsumen sebuah video gim? Check this out!

Efek Playthrough & Livestream #1: Kesan Pertama/First Impression

Ketika kita mengalami segala sesuatu, tentu kita memiliki sesuatu yang namanya kesan pertama, terlepas dari apapun hal tersebut.

Pada kasus video gim, hal-hal yang pertama kali kita lihat dalam gim ini akan memberikan kesan tersendiri tergantung bagaimana kita pada saat menghadapinya.
Sewaktu kita menonton seorang streamer sedang memainkan gim, semua yang rasakan akan menjadi ingatan yang terjadi langsung dan tidak akan terasa sama ketika kita mengulanginya lagi sendiri.

Hal-hal yang besar dari bentuk first impression ini dapat berbentuk seperti jumpscare pada gim horror atau plot twist pada cerita suatu gim, dimana kita tidak akan merasakan sesuatu yang sama untuk kedua kalinya.

Dengan terjadinya fenomena ini, para calon pemainnya yang belum pernah mengalami permainannya secara langsung akan kehilangan feeling dari kejadian-kejadian yang ada pada gim tersebut dan mengurangi pengalaman bermain secara langsung.

Ini secara tidak langsung akan mempengaruhi penjualan bagi para penonton yang berniat untuk memainkan gim tersebut secara langsung karena mereka sudah mendapatkan “bocoran” mengenai gim tersebut.

Selain pengalaman bermain, ini bisa jadi mempengaruhi rating pemain tersebut terhadap gim yang dimainkannya.

Jadi, poin ini adalah alasan kenapa banyak orang yang berencana memainkan suatu gim menghindari internet karena banyaknya spoiler mengenai gim yang beredar dengan sangat cepat.

Efek Playthrough & Livestream #2: Sudut Pandang

Ketika kita menonton video dari suatu gim, kita akan melihat gim tersebut dari kacamata pemainnya.

Dengan menyadari hal ini, kita secara tidak sadar akan mengikuti apapun yang disampaikan oleh sang pemain terhadap gim yang sedang dimainkannya.

Hal ini bisa berarti baik dan buruk dikarenakan tidak semua pemain dapat memainkan gim yang sama sebagaimana dimaksud oleh para pembuat gimnya.

Ketika seorang streamer memberitahu sesuatu kepada fans/fanbase-nya, kemungkinan besar, mereka akan setuju dan percaya akan hal tersebut yang dapat mempengaruhi sudut pandang para penontonnya.

Penilaian tersebut dapat jadi ditujukan kepada gim maupun sang developer dari gim tersebut mulai dari penilaian terhadap mereka, hingga membandingkan kedua hal tersebut dengan hal lainnya.

Selain itu, seringkali para streamer ini mempunyai cara yang berbeda bagi mereka untuk menyampaikan suatu gim terhadap para penontonnya. baik mereka berusaha untuk memainkan secara serius atau bercanda dan memainkan gimnya tanpa mengerti bagaimana gim tersebut berjalan.

Berhubungan dengan poin sebelumnya, ini akan mempengaruhi kemampuan penilaian seorang pemain terhadap suatu gim dan dapat berakhir biased tergantung dari penyampaian sang streamer itu sendiri.

Efek Playthrough & Livestream #3: Interaksi / Reaksi

Ini merupakan salah satu hal yang banyak dikejar oleh para gim developer terhadap gim mereka. Mereka akan butuh data mengenai bagaimana gim mereka dimainkan secara bersama.

Hal ini semakin menarik ketika gim tersebut dimainkan oleh seorang persona online bersama dengan para penonton livestream-nya.

Ketika para persona ini mengajak para penontonnya untuk bermain, hal ini secara langsung meningkatkan penjualan dari gim tersebut karena para penontonnya harus membeli gim tersebut untuk mendapatkan kesempatan bermain bersama jikalau gimnya berbayar.

Meskipun gim tersebut tidak berbayar, gim tersebut tetap mendapat kesempatan untuk memiliki momentum dimana mereka mendapat peningkatan pemain dalam satu waktu yang dapat membantu perkembangan dari gim tersebut.

Para pemain yang memainkan gim tersebut mungkin tidak semua akan memainkan gim tersebut lagi setelah momen tersebut, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kalau ada pemain yang tetap memainkan gim tersebut di kemudian hari.

Siapa nih yang sering livestreaming ketika main game?
Ingin mengetahui alasan lainnya mengapa developer game membuat game yang tidak boleh ditayangkan online? Baca di Esportsnesia 


__________________________________________________________________________________
Ikuti perkembangan esports Indonesia melalui Esportsnesia


Subscribe Daily Esports - Konten Harian Esports Terbaru dari Esportsnesia ya. Klik link https://t.me/dailyesports
Baca konten esports lainnya di https://esportsnesia.com
Temukan event-event esports sekitarmu di https://esportsnesia.com/kalender

Follow:
Instagram Esportsnesia
Fanpage Esportsnesia.id 


Join Komunitas Esports:
https://chat.whatsapp.com/LLSeKgCuqpSKPK4MNr8BSZ
https://www.facebook.com/groups/Esportsnesia
https://www.facebook.com/groups/362915561776913




padangpunyaAvatar border
padangpunya memberi reputasi
1
373
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan